Perbedaan Investasi & Asuransi

By | 2019-11-07T14:01:41+00:00 7 November, 2019|Categories: Asuransi Mobil|

Masih banyak orang yang mengira bahwa asuransi itu sama dengan investasi. Hal tersebut dikarenakan adanya produk asuransi yang mengandung produk investasi, walaupun sebenarnya, perbedaan asuransi dan investasi dapat jelas terlihat pada tujuan kedua produk keuangan tersebut.

Agar tidak salah kaprah, berikut adalah 4 perbedaan antara asuransi dan investasi:

  1. Tujuan

Perbedaan asuransi dan investasi bisa dilihat dari tujuannya. Investasi merupakan produk keuangan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dana atau aset Anda agar dapat meraih satu tujuan keuangan. Contoh dari tujuan keuangan seperti membeli rumah, membeli mobil, naik haji, dana pensiun, dan lain-lain.

Sementara untuk asuransi, merupakan produk keuangan yang bertujuan untuk melindungi Anda dari risiko. Sehingga jika risiko tersebut terjadi, Anda atau keluarga tetap dapat mencapai sebuah tujuan yang sebelumnya sudah direncanakan.

  1. Hasil

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari hasil. Hasil yang dapat Anda nikmati ketika membenamkan uang pada produk investasi adalah aset yang terlihat dan jumlahnya dapat menaik atau menurun sesuai dengan kondisi yang terjadi di pasar.

Melainkan untuk asuransi, yaitu berupa perlindungan. Seperti pada contohnya asuransi mobil Garda Oto yang dimana hasil yang Anda dapatkan ialah jika terjadi suatu kecelakaan yang melibatkan kendaraan Anda rusak di beberapa panel, Anda hanya perlu membayar harga own risk yang dimana harga tersebut lebih murah ketimbang jika kendaraan Anda tidak dilindungi asuransi yang dapat mencapai jutaan rupiah.

  1. Risiko

Selanjutnya, investasi mengandung risiko yang tidak pasti dari segi aset atau dana Anda yang dapat berkurang atau bertambah. Tidak ada yang bisa memastikan jika aset Anda akan naik atau turun jika ditempatkan di produk investasi.

Sementara risiko yang dilindungi oleh asuransi umumnya bersifat pasti, yakni sakit dan wafat. Asuransi adalah cara untuk mengalihkan risiko keuangan kepada perusahaan asuransi jika Anda mengalami sakit atau tutup usia.

  1. Fleksibilitas Dana

Dari segi fleksibilitas dana, besarnya dana yang Anda keluarkan untuk investasi bersifat fleksibel. Anda dapat menembah atau mengurangi jumlah dana yang Anda tempatkan pada produk investasi sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, biaya premi yang Anda keluarkan untuk produk asuransi bersifat tetap sesuai dengan polis yang Anda telah tandatangani terlebih dahulu.

Dengan penjelasan di atas, semoga kini Anda sudah semakin mengerti antara perbedaan asuransi dan investasi dan bagaimana keduanya dapat berbeda dari keempat faktor yakni dari segi tujuan, hasil, risiko dan fleksibilitas dana.

08:00 - 17:00