Hendak Membeli Mobil di Pameran Otomotif? Perhatikan Kiat-kiat Ini!

//Hendak Membeli Mobil di Pameran Otomotif? Perhatikan Kiat-kiat Ini!
By | 2018-06-29T11:44:22+00:00 Juni 29th, 2018|Blog|0 Comments
Doc. GIIAS 2017

Doc. GIIAS 2017

Apakah Anda berniat untuk memiliki mobil baru? Mendatangi pameran otomotif bisa jadi cara tepat untuk membeli mobil. Di sana, Anda bisa leluasa memilih kendaraan yang Anda inginkan dan sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda pun bisa mencoba langsung performa kendaraan idaman.

Meski demikian, saat membeli mobil di pameran otomotif, Anda harus punya banyak pertimbangan agar tidak salah pilih. Memang, pameran otomotif adalah kesempatan yang bagus. Namun, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi keputusan Anda. Maka dari itu, perhatikan kiat-kiat membeli mobil di pameran otomotif berikut ini.

1. Siapkan dari Jauh-jauh Hari

Seperti yang sudah dikatakan, pameran otomotif bisa jadi kesempatan tepat untuk Anda memilih mobil. Karena itulah, Anda harus memaksimalkan persiapan Anda sebelum mendatangi pameran mobil. Jika tidak, bukan tidak mungkin Anda akan tergiur dengan banyaknya promosi mobil yang ditawarkan dan Anda akan salah pilih.

Sebelum mengunjungi pameran, sebaiknya Anda menentukan anggaran pembelian terlebih dulu. Sesuaikan dengan isi kantong, baik pembelian tunai maupun kredit. Dengan begitu, Anda akan mempunyai pilihan yang lebih sesuai dengan bujet.

2. Bekali Diri dengan Informasi

Setelah menyesuaikan dengan bujet, Anda harus menentukan kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Gali informasi melalui internet untuk mencari tahu segala hal tentang mobil-mobil yang masuk dalam pilihan Anda. Informasi seperti spesifikasi, model atau jenis, harga baru, hingga kekurangan dan kelebihan mobil incaran adalah hal-hal minimal yang mesti Anda ketahui sebelum berangkat ke pameran otomotif.

Dengan pilihan yang lebih fokus, Anda tidak akan lagi kebingungan menentukan kendaraan yang akan dibeli begitu sampai di pameran. Apalagi, dalam pameran biasanya pihak produsen menawarkan berbagai macam promosi menggiurkan. Anda bisa saja terjerumus apabila asal pilih dan tidak memiliki informasi yang cukup.

3. Ajak Keluarga

Mungkin kiat ini terdengar remeh. Bukan tidak mungkin pula Anda merasa cemas jadi tidak fokus memilih mobil apabila mengajak keluarga ke pameran otomotif. Perlu Anda ingat, anggota keluarga juga akan merasakan manfaat dari mobil yang Anda pilih. Maka dari itu, masukan-masukan dari mereka, termasuk anak Anda, perlu jadi pertimbangan.

Anda juga bisa mengajak saudara atau kerabat guna menambah yakin tentang kendaraan yang akan dibeli. Lebih bagus apabila ada kerabat yang terlebih dulu sempat menggunakan kendaraan incaran Anda. Anda bisa bertanya kelebihan dan kekurangannya. Langkah ini akan membantu Anda dalam menentukan mobil mana yang sesungguhnya tepat untuk Anda.

4. Ketahui Layanan Purnajual

Memiliki mobil bukan hanya tentang bagaimana menggunakannya, tapi juga merawatnya. Maka dari itu, Anda harus yakin bahwa kendaraan yang Anda beli memiliki dukungan layanan purnajual yang luas. Jadi, nantinya Anda tidak kebingungan ketika hendak servis mobil, apalagi saat berkendara jarak jauh.

Anda tentu ingin membeli mobil yang punya garansi berkualitas serta servis mudah bukan? Oleh karena itu, carilah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang mampu mewujudkan keinginan Anda. Utamakan membeli mobil baru yang memiliki tempat servis terjangkau dan tersebar di banyak kota di seluruh Indonesia. Mungkin Anda bisa mencari informasi di internet. Namun, akan lebih baik Anda bertanya langsung di setiap booth agar informasi yang Anda dapat lebih jelas dan terarah.

 5. Ikuti Test Drive

Biasanya, saat pameran otomotif, pihak produsen akan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mencoba test drive. Jangan lewatkan kesempatan ini. Dengan test drive, Anda bisa merasakan performa dan mengetahui kondisi mobil secara nyata.

Tidak ada salahnya melakukan test drive terhadap lebih dari satu mobil. Anda bisa membandingkan performa setiap mobil dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Melakukan test drive juga bisa lebih menguatkan pilihan terhadap satu atau beberapa jenis mobil.

 6. Pahami Asuransi

Apakah Anda hendak membeli mobil secara kredit? Jika iya, asuransi pasti akan turut menyertai. Anda harus memahami alasan mobil harus diasuransikan. Selain melindungi mobil dari hal-hal yang tak terduga, asuransi juga bisa menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil.

Anda tidak bisa memastikan mobil Anda tidak memiliki potensi risiko di mana pun Anda berada. Tidak lucu, bukan, bila Anda masih harus mencicil mobil namun harus mengeluarkan dana tak terduga akibat tabrakan yang bukan disebabkan kelalaian Anda? Ketahui juga jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa, perhatikan ketentuan berlaku yang dicantumkan dalam polis.

7. Ajukan Banyak Pertanyaan

Informasi soal mobil yang Anda inginkan pasti tersedia lengkap di pameran otomotif. Bahkan, rujukan leasing juga disajikan oleh pihak produsen melalui booth yang tersedia. Namun, Anda tidak boleh puas begitu saja. Justru, Anda harus memanfaatkan momentum ini dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya.

Misalnya, apakah jenis mobil yang Anda pilih akan mengalami penyegaran (facelift) atau dibekali teknologi anyar. Jangan ragu juga untuk mengunjungi setiap booth yang tersedia untuk membandingkan kualitas masing-masing produk yang dipamerkan. Anda pun berkesempatan untuk mengantongi penawaran menarik.

***

Doc. GIIAS 2017

Doc. GIIAS 2017

Pameran otomotif adalah momentum penting bagi Anda yang hendak membeli mobil baru. Anda perlu menyiapkan diri agar tidak salah pilih. Dengan kiat-kiat di atas, Anda pasti tidak akan merasa menyesal telah membeli mobil dari ajang pameran.