Mau Mobil Tetap Awet dan Prima? Lakukan 8 Cara Berikut Ini

By | 2019-04-23T16:13:59+00:00 9 Desember, 2018|Blog|
Mau Mobil Tetap Awet dan Prima? Lakukan 8 Cara Berikut Ini

Mau Mobil Tetap Awet dan Prima? Lakukan 8 Cara Berikut Ini

Mobil sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Keberadaan mobil sangat membantu mobilitas manusia saat melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu jenis mobil paling banyak diminati ialah yang berbahan bakar bensin. Jenis mobil ini memang populer di masyarakat karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Selain harga mobil yang relatif terjangkau, jenis ini memiliki banyak varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Namun apapun variannya, tentu hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah perawatan mobil. Sama seperti tubuh kita, mobil juga perlu mendapatkan perawatan yang baik agar tetap awet dan bisa diandalkan kapan saja saat bepergian.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk, intip beberapa tips berikut ini yang dapat Anda lakukan sendiri atau melalui bantuan bengkel.

  1. Pilih Bensin yang Sesuai
    Sebagai bahan bakar, bensin menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Pastikan Anda menggunakan bensin yang sesuai dengan mesin. Agar tidak bingung, Anda bisa merujuk dari panduan buku manual mobil. Bila mesin mobil kelas atas, jangan sampai memilih bensin dengan kadar oktan yang rendah.
  2. Gunakan Oli yang Tepat
    Oli memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin serta penyekat. Produk ini mengandung lapisan halus yang dapat mencegah benturan antar logam dalam mesin untuk mencegah aus.Namun saat ini banyak jenis oli di pasaran. Masing-masing menawarkan kelebihan sendiri. Hal ini tak jarang membuat konsumen bingung untuk menentukan produk mana yang paling baik bagi mobilnya.Pilihlah oli mobil dengan kualitas sesuai standar nasional. Agar tidak bingung, Anda bisa merujuk kembali ke buku manual mobil atau bertanya kepada teknisi mobil yang lebih ahli.
  1. Parkir di Tempat Teduh
    Kondisi suhu mobil yang tinggi setelah digunakan, ditambah panasnya paparan sinar matahari dapat berdampak buruk terhadap mobil. Hal ini mempengaruhi ke eksterior dan interior mobil. Ada banyak komponen yang kusam, retak hingga getas jika terpapar suhu ekstrem.Karena itu, memilih area parkir yang teduh dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi metode yang baik untuk menjaga komponen mobil Anda dari kerusakan.
  1. Perhatikan Aki
    Pernahkah mengalami mogok di jalan? Nah, mungkin salah satu factor penyebabnya terdapat di aki. Salah satu yang kerap terlupakan pengendara atau pemilik mobil adalah memeriksa aki secara berkala.Perawatan aki sangat penting karena tujuannya untuk memperpanjang usia pemakaian mobil dan mencegah terjadinya hal tak terduga seperti mogok. Karena itu, sesekali kita perlu cek aki kendaraan dan bersihkan dari korosi sesuai kebutuhan.
  1. Rutin Periksa V-Belt
    V-Belt alias sabuk mesin menjadi aus setelah mencapai kilometer tertentu dan mempengaruhi performa mesin. Hindari V-Belt yang retak dan ketahui kapan sabuk perlu diganti. Hal ini bertujuan agar V-Belt tidak putus saat mobil berjalan yang dapat mengakibatkan mobil rusak parah.
  2. Kuras Tangki
    Bensin jenis premium dapat menyebabkan kotoran yang mengendap di dalam tangki bensin. Pengendapan ini dapat mempengaruhi penghisapan pompa mesin. Sebaiknya lakukan pengurasan tangki bensin tiap 3 atau 4 tahun sekali terlebih jika bensin yang digunakan adalah jenis yang mengandung timbal.
  3. Cek Filter Udara
    Fungsi dari filter udara adalah menyaring debu ataupun kotoran yang hendak masuk ke ruang pembakaran. Jangan sampai filter kotor sebab dapat mengganggu kinerja mesin mobil.
  4. Rawat di Bengkel Resmi
    Langkah ini juga penting. Sebaiknya lakukanlah perawatan rutin di bengkel resmi untuk menghindari kesalahan penanganan yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa tips perawatan mobil yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat ya.