Memahami Cara Kerja dan Fungsi Komponen AC Pada Mobil

By | 2020-02-10T10:49:55+00:00 10 Februari, 2020|Categories: Blog|

Bisakah Anda bayangkan bagiamana rasanya bila AC mobil Anda tidak berfungsi dengan baik? Ditambah lagi apabila cuaca sedang panas-panasnya dan Anda sedang terjebak di tengah kemacetan, tentu nya suasana di dalam mobil pun akan menjadi lebih runyam tanpa Anda sadari.

Mengingat pentingnya keberadaan komponen AC pada mobil, maka bagi pemilik mobil sebaiknya tidak lupa untuk melakukan pengecekan dan perawatan komponen AC secara berkala, akan lebih baik jika Anda sendiri sebagai pemilik mobil paham juga mengenai komponen apa saja yang terdapat pada AC dan cara cara kerja komponen AC tersebut. Kali ini Garda Oto Digital akan menjelekaskan beberapa komponen AC mobil & bagaimana cara kerjanya.

1. Kompresor

Kompresor menjadi salah satu komponen utama pada AC. Kompresor ini berfungsi sebagai pemompa freon dan disalurkan ke seluruh sistem AC. Terdapat dua bagian yaitu saluran hisap dan saluran buang. Nah, fungsinya adalah untuk memompa untuk menuju kondensor. Saluran hisap memiliki tekanan rendah yang dihubungkan ke evaporator. Kalau saluran buang ini memiliki tekanan tinggi dan dihubungkan ke kondensor.

2. Kondensor

Kondensor merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai pendingin dengan melepas panas dari freon. Proses ini dibantu dengan komponen mesin yang disebut cooling fan.

3. Receiver Dryer

Komponen ini berfungsi untuk menyaring kembali semua kotoran yang masuk pada sistem AC. Mengingat fungsinya sebagai penyaring kotoran maka receiver dryer ini perlu Anda perhatikan dan bersihkan secara rutin. Anda bisa melakukan pembersihan minimal satu tahun sekali.

4. Expansion Valve

Expansion valve merupakan sebuah katup ekspansi yang memiliki fungsi mengubah freon dari cair menjadi gas. Pada proses ini tekanan cairan yang tinggi akan diturunkan dari Expansion.

Kutub ekspansi ini memiliki tiga bentuk yaitu berbentuk L, kotak atau persegi, dan berbentuk seperti isi pulpen.

5. Evaporator

Komponen ini memiliki fungsi untuk menyerap udara panas kemudian diubah menjadi udara sejuk. Jadi rangkaian evaporator merupakan akhir dari proses kerja AC. Mulai dari kompresor kemudian diakhiri di evaporator.

Merawat AC Secara Rutin Agar Dapat Selalu Bekerja Secara Maksimal

Salah satu hal yang harus Anda ketahui perawatan komponen AC adalah perlunya perawatan AC mobil secara berkala. Hal ini sangat penting dilakukan agar suhu kabin mobil Anda tetap sejuk ketika cuaca sedang panas. Terdapat dua komponen AC yang perlu Anda ganti secara rutin.  Apa sajakah itu? Kedua komponen tersebut adalah dryer dan expansion valve.

Komponen dryer perlu diganti setiap setahun sekali. Untuk komponen expansion valve, Anda perlu melakukan pergantian setiap 2 tahun sekali. Untuk komponen lainnya Anda tidak perlu terlalu sering mengganti, namun tetap menjaga kebersihan. Yuk, mulai jaga dan rawat kendaraan dari sekarang dan lindungi mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto dari Asuransi Astra.

08:00 - 17:00