8 Kerusakan Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

By | 2019-12-13T16:58:50+00:00 22 Desember, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Mobil Anda mulai terasa tidak nyaman untuk digunakan? atau pernah mengalami mesin mobil yang tiba-tiba tidak dapat menyala? Berikut beberapa jenis kerusakan umum yang sering terjadi pada mobil, dengan mengenal beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada mobil diharapkan Anda tidak terlalu panik ketika menghadapi masalah pada mobil Anda.

  1. Mobil Tersendat-sendat

Mobil tersendat-sendat bisa jadi disebabkan karena pengiriman bahan bakar yang kurang lancar. Mobil tersendat-sendat pada mobil bermesin diesel kemungkinan masuk angin pada pipa Bosch pump hal ini terjadi jika tangki sampai kosong sehingga yang terhisap angin ke dalam pipa bahan bakar. Kendala lain yaitu filter yang sudah harus diganti. Pada mobil bensin yang tersendat-sendat disebabkan oleh busi yang setengah mati atau salah satunya sudah ada yang mati, juga bisa disebabkan karena kerusakan pada bagian ECU, dan jika pada mobil lawas yang menggunakan karburator,  bisa disebabkan oleh campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang atau bensin tercampur air.

  1. Mesin Mobil Sulit dihidupkan

Penyebab mobil sulit dihidupkan dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini, yaitu kondisi mesin berada di posisi suhu yang dingin, terminal aki mengalami karatan, kotor, ataupun kendor, injeksi bahan bakar terlalu renggang antara kepala busi dan sumbu busi, kompresi mesin terlalu rendah.

Jika mesin berada di kondisi yang terlalu panas akibat perjalanan panjang, penyebabnya dapat diketahui dari kompresi silinder, choke bermasalah, injector kotor atau saringan udara yang tersumbat.

  1. Mesin Mobil Berasap Putih dari Knalpot

Penyebabnya oli yang ikut terbakar, seher atau piston yang aus, dan blok silinder yang sudah waktunya diganti.

  1. Mesin Mobil tidak Bertenaga

Disebabkan oleh mesin injeksi bahan bakar yang mulai aus dan perlu direparasi.  Sedangkan pada mesin karburator menurunnya tekanan kompresi atau pencampuran bahan bakar yang kurang bagus.

  1. Lampu Indikator Selalu Menyala atau Tiba-tiba Sebentar Mati dan Hidup

Penyebabnya adanya ketidakcocokan antara oli yang digunakan dengan standar penggunaan bbm pada mobil Anda, disarankan agar menggunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi untuk menghindari masalah dikemudian hari.

  1. Aki Sering Tekor

Penyebabnya aki mulai aus, pengisian yang bermasalah pada dinamo isi dan regulator serta peralatan listrik hubungan pendek membuat peralatan listrik bekerja meskipun kontak mobil dalam kondisi dimatikan.

  1. Mesin Mobil Kepanasan atau Overheat

Penyebabnya adalah karena tarikan kurang kuat saat berada di jalanan yang menanjak dapat disebabkan sistem pendingin bermasalah, katup termostat rusak, dan tersumbatnya radiator pada mesin. Alasan lain disebabkan oleh oli yang salah atau tidak diganti pada waktunya yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran filter karena kotoran.

  1. Kondisi AC Mobil Kurang Dingin

Penyebab AC mobil kurang dingin bisa jadi dikarenakan oleh Freon AC yang mulai habis, filter AC kotor, motor extra fan mati, serta evaporator dan kondensor kotor.

Agar selalu tenang berkendara sertakan kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil. Dengan memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah dibandingkan dengan menanggung sendiri biaya keseluruhan. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda.

Jika menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi kenyamanan Anda selama 24 jam. Itulah beberapa jenis kerusakan umum yang sering terjadi pada mobil, semoga bermanfaat dan tetap safety riding ya selama perjalanan.

08:00 - 17:00