Begini Tips Menangkal Jamur Pada Mobil yang Jarang Keluar Garasi

By | 2019-07-29T08:45:02+00:00 27 Juli, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Semakin banyaknya jumlah mobil yang ada di jalan raya dan tingkat kemacetan yang tinggi menyebabkan kita berpikir dua kali untuk pergi berlibur atau sekedar berjalan-jalan dengan menggunakan mobil pribadi. Akhirnya, kita lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua ataupun sarana transportasi publik agar tidak terjebak kemacetan yang melelahkan dan menjaga mobil kita dari berbagai risiko.

Dengan kondisi tersebut, mobil akan lebih sering disimpan di garasi dan berdebu serta berjamur. Banyak dari para pengguna mobil yang menutupi mobilnya dengan sarung mobil untuk melindungi mobilnya dari debu dan jamur tersebut. Tetapi, apakah dengan memberikan sarung mobil maka mobil bisa terhindar dari debu dan jamur? Ternyata jawabannya justru sebaliknya.

Penggunaan sarung mobil dalam jangka waktu yang lama dapat membuat debu terus menempel, sehingga memperbesar kemungkinan munculnya jamur. Apabila jamur sampai muncul di bagian body mobil, maka hal tersebut secara perlahan akan membuat penampilan cat mobil menjadi kusam dan tidak mengkilap lagi. Sebaiknya Anda cukup biarkan mobil dalam kondisi tanpa menggunakan sarung mobil di garasi ketika Anda sedang tidak menggunakan mobil dalam kurun waktu yang lama.

Baca juga: Alasan Kenapa Tidak Boleh Memanaskan Mesin Kendaraan Terlalu Lama

Penggunaan sarung mobil dapat membuat udara terjebak dan tidak bisa keluar. Bila saat musim hujan tiba, maka suhu lembab akan menimbulkan bercak-bercak pada bagian body mobil. Bila sudah terlalu lama menempel akan sulit dibersihkan, bahkan bisa menumbuhkan jamur di berbagai sisi.

Hal ini berlaku juga bila mobil di ruangan terbuka. Bila kotor hanya karena banyaknya debu yang menempel, maka cukup dibersihkan saja. Kecuali bila turun hujan, maka Anda perlu mencucinya sebelum memasukkan mobil kembali ke garasi agar body mobil tidak rusak akibat noda dan kotoran yang melekat.

Jika Anda masih tetap memberikan sarung untuk perlindungan, itu merupakan hal yang sah-sah saja. Namun, ada catatan yang bisa Anda ingat bahwa Anda harus lebih rajin membersihkan mobil agar tidak ada debu dan jamur yang tumbuh. Memang mobil setidaknya harus digunakan beberapa kali dalam seminggu, guna untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan di bagian mesin dan menghilangkan kotoran debu yang menumpuk.

Untuk perlindungan yang lebih maksimal, disarankan untuk menambahkan program perlindungan Asuransi Mobil pada kendaraan Anda. Garda Oto Digital, produk Asuransi Astra akan memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam. Jadi, sudah tahu bukan bagaimana cara merawat mobil yang jarang digunakan? Sekarang semua pilihan kembali kepada Anda. Yuk, bagikan artikel ini di social media agar orang lain juga bisa tahu!