Cara Pasang Relay Klakson pada Mobil

By | 2019-12-13T17:07:16+00:00 24 Desember, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Banyak diantara kita yang memiliki keinginan untuk menggunakan klakson dengan suara kuat atau Anda masih kurang puas dengan suara klakson Anda yang kurang lantang saat dibunyikan. Saat ini, sudah banyak toko di kota Anda yang menjual aksesoris yang dapat meningkatkan intensitas suara klakson kendaraan Anda dengan cara memasang relay klakson.

Relay merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil. Berikut adalah kompenen yang diperlukan untuk memasang relay klakson pada mobil:

  • Tang
  • Selotip
  • Relay kaki 4
  • Soket relay
  • Kabel secukupnya (1,5 – 2 mm)

 

Setelah mengetahui komponen apa saja yg diperlukan untuk memasang relay klakson, berikut adalah langkah-langkah memasang relay klakson pada mobil:

  1. Kaki relay terminal no 30 disambung langsung menuju positif aki bisa kita tambahkan sekring untuk menjaga agar relay tidak mudah rusak jika terjadi arus pendek.
  2. Kaki terminal no 87 disambung menuju klakson, sedangkan arus negatif untuk klakson bisa langsung diambil ke ground di body mobil.
  3. Kaki terminal no 85 dan 86 salah satunya di hubungkan ke ground dan sisanya dihubungkan ke tombol klakson dan dilanjutkan ke kutup positif aki mobil. Jika kaki terminal 85 dan 86 terbalik tidak akan jadi masalah karena fungsinya hanya sebagai aktivasi kemagnetan dimana saat tombol klakson ditekan membuat lilitan yang teraliri listrik berubah menjadi magnet yang menghubungkan arus terminal no 30 menuju terminal no 87.

Tujuan menggunakan relay pada klakson adalah untuk menjaga kestabilan daya listrik dari klakson, jadi arus listrik yang ditarik tidak terlalu besar dan aki menjadi lebih awet.

Itulah panduan teknis singkat bagaimana cara memasang relay klakson pada kendaraan. Perlu diketahui, apabila Anda telah mendaftarkan Asuransi untuk mobil Anda lalu Anda menambahkan aksesoris atau melakukan modifikasi sebaiknya segera informasikan ke perusahaan Asuransi kendaraan yang Anda daftarkan. Hal ini bertujuan agar saat Anda ingin melakukan klaim Asuransi tidak ada masalah.

Garda Oto, produk Asuransi Astra akan memberikan perlindungan bagi mobil Anda. Jika menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi kenyamanan Anda selama 24 jam.

08:00 - 17:00