Penyebab Setir Mobil Sering Bergetar Sendiri

By | 2019-10-15T15:21:01+00:00 3 Oktober, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

penyebab setir mobil bergetar

Setelah menggunakan mobil untuk menempuh jarak yang jauh, pernahkah Anda merasakan setir mobil sering bergetar? Jika pernah, maka hal itu mengindikasikan bahwa terdapat kerusakan komponen mobil Anda. Pastinya kondisi seperti ini akan mengganggu perjalanan Anda dan mengganggu kenyamanan Anda selama menyetir.

Jika sudah seperti ini, Anda perlu melakukan perbaikan sehingga getaran mesin ini tidak berlanjut dan Anda dapat berkendara secara nyaman. Tetapi, sebelum melakukan perbaikan, hendaknya anda memeriksa bagian mesin mana yang mengalami kerusakaan, yang mengakibatkan bergetarnya setir mobil. Anda dapat memeriksa ketika mobil Anda dalam keadaan idle atau ketika sedang dikendarai. Apabila anda merasakan getaran pada setir saat mobil dibiarkan dalam kondisi menyala. Itu menandakan ada masalah pada bagian engine mounting, sehingga perlu pengecekan atau perbaikan untuk menghentikan getaran tersebut.

Engine mounting yang bermasalah biasanya akan menimbulkan getaran pada mesin dan getaran mesin tersebut akan tersalur hingga keseluruh mobil termasuk setir. Hal ini bisa juga disebabkan karena masuknya gear, sehingga ketika mesin mobil dalam keadaan diam mobil akan terasa bergetar. Hal ini sebagian besar dirasakan oleh mobil dengan masa pakai yang lama, selain itu mobil tua juga kerap mengalami hal seperti ini. Berbeda apabila getaran yang dirasakan terjadi pada saat berada di kecepatan tertentu, di mana hal ini terjadi bukan karena mounting melainkan penyebabnya dari kerusakan komponen lain.

Apabila mobil anda bergetar setiap 100 meter dan mobil Anda tidak melaju lurus saat setir dilepaskan, maka yang perlu Anda lakukan adalah lakukan balancing pada kaki-kaki mobil Anda di bengkel. Kerusakan pada kaki-kaki mobil cukup berbahaya bila tidak segera diperbaiki, karena hal ini akan membuat laju mobil menjadi tidak stabil dan sedikit sulit untuk dikontrol. Segeralah Anda melakukan balancing, untuk memperbaiki masalah getaran setir dan mobil menjadi stabil lagi saat dikendarai. Selain melakukan balancing Anda juga dapat melakukan spooring untuk menyelaraskan posisi kaki-kaki ban, sehingga lurus dan tidak berat di satu sisi yang akan membuat mobil Anda bergeser saat melepaskan setir. Umumnya, proses balancing ini dimulai dari ban dan dilanjutkan ke proses spooring. Proses spooring ini bertujuan untuk menyelaraskan bagian roda, sehingga posisi roda dan tinggi bodi dengan tanah bisa sesuai dan stabil. (Baca juga: Tips Perawatan Kaki-Kaki Mobil)

Itulah cara penanganan yang bisa Anda lakukan ketika merasakan setir mobil yang sering bergetar. Beda masalah tentu beda penanganannya, maka dari itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab getaran di setir mobil Anda. Serta jangan lupa lindungi mobil kesayangan Anda di Garda Oto Digital, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra.

08:00 - 17:00