Selain Aki, Ini Dia Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

By | 2019-11-04T14:52:33+00:00 31 Oktober, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Ketika mobil susah untuk dihidupkan, masyarakat cenderung berfikir bahwa masalah tersebut disebabkan oleh aki. Padahal saat Anda melakukan pemeriksaan ternyata Anda menemukan kalau aki dalam kondisi baik dan prima. Nah, kalau bukan karena aki yang rusak terus apa ya yang menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan?

Kalau kita bisa memeriksa keadaan mobil yang sebenarnya, maka Anda bisa mengetahui berbagai penyebab yang membuat mobil susah untuk dihidupkan. Apabila suatu saat Anda mengalami hal seperti ini, maka tidak perlu panik. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Susah Distarter Karena Masalah Busi

Komponen yang ada pada sistem starter mobil adalah busi. Jadi apabila pada komponen busi Anda mengalami masalah maka proses starter mobil akan lebih susah. Pada umumnya, masalah yang sering muncul pada busi adalah busi dalam keadaan kotor dan memang sudah rusak. Busi yang kotor akan menghambat percikan api yang digunakan untuk starter.

Ketika Anda mengalami kendala mobil susah dinyalakan maka silahkan melakukan pengecekan pada busi. Ketika kotor, maka silahkan bersihkan dengan digosok menggunakan pembersih.

Penyebab kedua, yaitu busi sudah dalam keadaan usang. kondisi ini menyebabkan mobil susah dinyalakan ketika mesin panas. Kalau mesin sudah dingin maka Anda baru bisa starter. Kalau sudah usang lebih baik Anda mengganti dengan busi yang baru.

2. Dinamo Ampere Rusak

Penyebab kedua mobil susah dinyalakan adalah adanya kerusakan pada alternator. Komponen ini keberadaannya sangat penting karena memiliki peranan untuk mengalirkan listrik ke aki. Apabila komponen ini rusak maka dapat dipastikan mobil Anda susah dinyalakan walau aki dalam kondisi prima.

Sebenarnya komponen ini jarang sekali mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan ini sering terjadi pada mobil-mobil yang sudah berusia 8 tahun ke atas. Kalau sudah mengalami permasalahan seperti ini maka solusinya dibawa ke bengkel mobil.

3. Koil Terlampau Panas

Selain busi dan aki, koil ternyata juga ada kaitannya dalam menyalakan mobil. Koil sendiri memiliki fungsi untuk menggandakan tegangan listrik lebih besar ke aki. Kemudian arus listrik tersebut akan mengalir ke busi sehingga menimbulkan percikan api. Jadi ketika Anda mengalami mobil susah dinyalakan maka Anda bisa cek kondisi koil.

Ciri-ciri koil rusak yaitu ketika suhunya sudah terlalu panas. Solusinya yaitu, silahkan mengganti komponen baru agar mobil bisa normal lagi.

4. Kerusakan Pada Water Temperature Sensor

Water temperature sensor atau lebih dikenal WTS ini merupakan sensor yang ada pada sistem starter.

Ketika WTS ini mengalami kerusakan maka sistem injeksi akan terganggu. Hal ini mengakibatkan mobil Anda akan susah menyala. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan lakukan pengecekan ke bengkel mobil.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa penyebab yang mengakibatkan mobil susah dinyalakan. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa bermanfaat untuk mengetahui berbagai masalah yang sering muncul pada kendaraan pribadi Anda.

08:00 - 17:00