Tips Jitu Merawat Mobil Dengan Benar Agar Tetap Awet

By | 2019-10-24T11:20:18+00:00 25 Oktober, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang memerlukan perhatian khusus. Perawatan rutin diperlukan agar mobil selalu dalam kondisi yang prima. Tidak jarang, perawatan mobil secara intensif memakan biaya yang tidak sedikit. Hal tersebut terkadang memberatkan si pemilik mobil. Namun, sesungguhnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan persoalan perawatan mobil. Di bawah ini merupakan tips bagaimana merawat mobil agar tetap awet yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Rutin Ganti Oli

Agar mobil bisa bertahan lama, oli perlu diganti secara rutin. Pergantian oli mobil dilakukan setiap mobil mencapai jarak 5000 hingga 10.000 kilometer. Untuk mengetahui apakah oli mobil Anda harus diganti atau belum, Anda bisa meneteskan oli mobil di telapak tangan Anda. Jika Anda merasakan serpihan-serpihan halus dari oli Anda, berarti sudah saatnya mobil berganti oli.

2. Cek Radiator Secara Rutin

Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin ketika terlalu panas. Kelalaian dalam pengecekan radiator dapat berakibat pada umur mesin yang pendek. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, Anda membantu umur mobil Anda agar  bertambah panjang. Anda dapat mengisi radiator mobil Anda dengan radiator coolant, yaitu cairan khusus radiator.

3. Isi Bahan Bakar yang Sesuai

Setiap kendaraan memiliki jenis bahan bakar yang berbeda. Untuk menjaga mesin tetap awet, salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengisi bahan bakar yang seusai. Dengan mengisi bahan bakar yang sesuai, mesin akan bekerja secara efektif dan efisien sehingga mesin mobil dapat bertahan lebih lama.

4. Cek Timing, Belt, Busi, Lampu dan Signal

Yang tidak kalah penting dalam merawat mobil adalah melakukan pengecekan terhadap timing, belt, busi, lampu dan signal. Semua komponen tersebut merupakan bagian yang penting dari sebuah mobil agar dapat berfungsi secara normal. Biasanya apabila terjadi gagal fungsi pada salah satu dari komponen tersebut, akan ada tanda dari mobil Anda. Jika Anda merasa bingung mencari tanda gagal fungsi dari komponen tersebut, serahkan pada montir profesional ketika mobil masuk ke bengkel.

5. Selalu Panaskan Mobil

Cek Kondisi Ban dan Kelengkapannya. Salah satu cara supaya mobil Anda tetap awet adalah dengan memanaskan mesinnya setiap pagi.

Ketika Anda memanaskan mobil, lakukan sampai suhu mesin benar-benar panas atau ketika indikator di dashboard menunjukan panas. Selagi mobil dipanaskan, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap ban mobil dan kelengkapan mobil lainnya.

6. Bersihkan Mobil Secara Teratur untuk Mencegah Karat

Menjaga komponen dalam mobil memang penting agar mobil tetap awet. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan bagian luar mobil. Komponen luar mobil sama pentingnya dengan komponen dalam mobil. Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala agar tidak ada karat yang merusak penampilan mobil Anda.

08:00 - 17:00