Tips Menentukan Titik Tumpu Dongkrak yang Tepat

By | 2019-10-02T11:14:53+00:00 2 Oktober, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Dongkrak merupakan salah satu alat yang wajib ada di setiap mobil yang memiliki fungsi yang sangat penting terutama dalam situasi darurat, terutama saat ban mobil Anda mengalami kebocoran sehingga perlu diganti atau hanya sekedar untuk mengecek kondisi bagian bawah mobil. Namun, menggunakan dongkrak bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan, apalagi jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara penggunaannya yang tepat. Sebelum itu, hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dongkrak dan kegunaannya.

Jenis dongkrak sendiri dibedakan menjadi tiga jenis, di mana perbedaan ini terlihat dari bentuknya. Dongkrak jenis pertama adalah dongkrak berbentuk ketupat, kemudian dongkrak hidrolik, dan yang terakhir adalah dongkrak buaya. Dongkrak yang umumnya didapatkan dari dealer adalah dongkrak ketupat karena dongkrak jenis ketupat mudah untuk digunakan.

Banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui titik tumpu dongkrak yang benar. Jika Anda sudah mengetahui hal ini maka Anda bisa mengurangi risiko kerusakan bodi atau sasis mobil Anda. Untuk mobil sedan, ada 4 titik lifting point-nya. Di bagian depan, lifting point ini berada di belakang roda. Sedangkan untuk bagian belakang, lifting point berada di bagian sasis depan roda. Sedangkan untuk tipe mobil ladder frame, Anda bisa menemukan tumpuan dengan melihat rangka mobil yang paling keras. Dongkrak bisa Anda tumpukkan di bagian sasis yang berada di kolong pintu samping kiri atau kanan.

Hal yang perlu Anda ingat ketika menggunakan dongkrak adalah gunakan satu dongkrak untuk mengangkat satu sisi mobil dan jangan meletakkan dongkrak di tengah mobil dengan tujuan ingin mengangkat dua roda sekaligus. Anda juga dapat menemukan langkah-langkah penggunaan dongkrak dan penggantian ban di buku panduan mobil anda.

Jika khawatir akan kebocoran ban terjadi saat Anda berkendara di jalan raya, sebaiknya Anda menggunakan asuransi sebagai salah satu tindakan protektif, seperti dengan menggunakan asuransi mobil Garda Oto dari Asuransi Astra. Kemudian, Asuransi Astra menawarkan layanan Garda Siaga yang siap melayani kebutuhan darurat Anda 24 jam di manapun Anda membutuhkan bantuan.

08:00 - 17:00