Tips Merawat Ban Cadangan agar Selalu Siap Digunakan

By | 2019-09-25T14:35:36+00:00 1 Oktober, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Mobil yang diproduksi dan didapatkan langsung dari dealer umumnya akan diberikan ban cadangan atau yang umum disebut dengan ban serep. Ban serep berguna sebagai ban cadangan apabila ban utama yang anda gunakan mengalami kebocoran. Mobil yang digunakan untuk menempuh jarak jauh atau mobilitas harian yang tinggi memerlukan perhatian yang khusus. Risiko terjadinya ban yang bocor, ban kekurangan angin, hingga kampas rem yang habis sangat tinggi dan hal ini membuat ban serep menjadi sangat penting dan selalu siap untuk digunakan.

Namun, tidak banyak pengemudi yang memperhatikan kondisi ban serep mobilnya, sehingga saat mereka membutuhkan ban serep, kondisi ban serep tidak memungkinkan untuk digunakan. Padahal merawat ban serep tidaklah sulit. Perawatan ban serep ini hampir sama seperti cara merawat ban utama yang Anda gunakan.

Hal yang paling utama dalam menjaga kualitas ban serep adalah menjaga tekanan udara pada ban serep agar selalu stabil, setelah itu mengecek apakah karet ban masih layak digunakan atau justru sebaliknya. Anda dapat membawa ban serep ke bengkel untuk mengecek kualitas dari ban tersebut.

Baca juga: Tips memilih ban mobil yang tepat

Ban yang diletakkan di dalam bagasi akan lebih cepat rusak karena ban mobil jarang terkena udara dari luar. Bila Anda enggan untuk membawa ban ke bengkel, Anda bisa mengoleskan semir ban agar ban serep tidak mudah rusak. Dengan dua hal tersebut, maka ban bisa dipastikan siap untuk digunakan saat dibutuhkan. Bila Anda memang menginginkan ban serep dalam kondisi terbaik, Anda bisa merotasi ban untuk menjaga kualitas dari karet ban. Merotasi ban juga membuat tingkat keausan ban tetap merata, sehingga ban cadangan bisa berfungsi maksimal saat digunakan.

Lakukan pengecekan ban utama dan ban serep secara berkala agar anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Selain memperhatikan ban hendaknya Anda mulai melindungi mobil kesayangan Anda dengan asuransi mobil Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik kapanpun dan di manapun dengan cara menghubungi contact center Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam atau melalui fitur Emergency pada Garda Mobile Otocare.

08:00 - 17:00