Tips Mudah Membersihkan Ruang Mesin Mobil dengan Tepat

By | 2019-09-03T17:30:52+00:00 3 September, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Ketika Anda memiliki mobil, Anda akan sering membersihkannya untuk menjaga kualitas mesin dan kebersihan mesin. Salah satu tempat yang paling jarang disentuh adalah bagian ruang mesin, yang berpengaruh dengan kondisi komponen mesin layaknya ruang mesin bagian atas atau yang mudah dijangkau tangan.

Setelah Anda mengetahui bahwa membersihkan ruang mesin itu penting, Anda tidak bisa begitu saja mencuci ruang mesin dengan air layaknya mencuci body mobil karena pasti akan menimbulkan masalah pada mobil Anda. Ada beberapa komponen mobil yang tidak boleh terkena air, karena komponen tersebut berpotensi mengakibatkan korsleting atau kerusakan komponen listrik yang ada di dalamnya. Ada alat tersendiri yang digunakan untuk membersihkan mesin-mesin yang terdapat dalam kap mobil, namanya adalah degreaser.

Sebelum membersihkan bagian mesin, baiknya Anda mencari tahu dahulu di mana letak komponen listrik yang ada pada mobil agar Anda tidak salah langkah saat membersihkannya. Jika sudah selesai, baru mobil bisa disemprot dengan air hingga ruang mesin benar-benar bersih dan hindari menyemprotkan mesin di bagian komponen yang terlindungi oleh material plastik. Barulah Anda bisa menggunakan degreaser untuk membersihkannya dan agar lebih maksimal Anda bisa menyikatnya hingga bersih.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian yang kotor dengan degreaser, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyemprotnya kembali menggunakan air bersih.  Apabila Anda memiliki kompresor angin, semprotkan angin ke bagian mesin untuk memastikan air bisa langsung turun dan tidak mengendap di bagian elektrik atau Anda juga bisa menggunakan kanebo untuk membersihkannya, hanya saja untuk bagian yang dalam akan sedikit sulit bila menggunakan kanebo ini.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi menghemat agar tidak terjadi pembengkakan pada biaya perawatan mobil roda empat kesayangan Anda. Sudah sewajarnya bila Anda harus bertanggung jawab penuh terhadap kondisi mobil Anda, bila Anda tetap rutin merawatnya, usia mobil Anda akan lebih awet dibandingkan dengan mobil yang tidak dilakukan perawatan secara berkala. Sebaiknya Anda juga mengasuransikan mobil Anda dari sekarang. Biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan saat mobil roda empat mengalami masalah serius akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

Garda Oto sebagai produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap membantu setiap orang dalam memberikan proteksi terbaik untuk mobil mobil Anda. Demikian artikel mengenai cara membersihkan mobil, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk menemukan cara membersihkan ruangan mesin mobil secara tepat dan aman.

Baca juga: Perawatan Mobil Saat Musim Hujan yang Harus Anda Lakukan