Wajib Periksa 8 Komponen Ini Setelah Perjalanan Jauh

By | 2019-09-25T14:31:06+00:00 30 September, 2019|Categories: Perawatan Mobil|

Bagi para pemilik mobil, sangat penting untuk memeriksakan  ke bengkel atau memeriksa sendiri mobilnya setelah digunakan untuk perjalanan jauh yang membawa beban cukup banyak. Mobil yang telah digunakan untuk perjalanan seperti itu biasanya akan membuat kondisi mesin mobil mengalami penurunan performa dan butuh perbaikan untuk mengembalikan performanya kembali menjadi sempurna. Berikut ini komponen-komponen yang seringkali mengalami penurunan performa setelah perjalanan jauh.

1. Oli Transmisi

Komponen yang pertama yang harus dicek adalah bagian oli transmisi mobil. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat kondisinya apakah masih layak atau tidak untuk digunakan. Apabila oli transmisi sudah tidak layak untuk digunakan, maka Anda perlu mengganti oli anda menjadi oli baru dan hendaknya Anda mengganti oli baru saat mobil Anda telah menempuh jarak 20.000km.

2. Air Radiator

Selalu perhatikan kondisi air radiator mobil Anda, baik ketika Anda melakukan perjalanan jauh maupun tidak. Apabila mobil Anda sudah berumur, ada baiknya untuk menguras air radiatornya dan menggantinya dengan air radiator baru untuk menjaga agar kondisi mesin mobil tidak cepat panas.

3. Aki Mobil

Komponen selanjutnya yang wajib diperiksa setelah menempuh perjalanan jarak jauh adalah bagian aki mobil, di mana Anda bisa menggunakan alat voltmeter ataupun mengeceknya dari suara klakson mobil. Apabila terdengar suara yang tidak biasa, ada kemungkinan terjadi masalah pada sistem kelistrikan yang berasal dari aki mobil. Sebagai informasi tambahan, kondisi aki mobil yang stabil umumnya memiliki tegangan sekitar 12 – 13 volt dalam kondisi mesin mati.

4. Rem

Ini merupakan komponen yang juga penting untuk dicek. Caranya cukup mudah, Anda bisa melihat sekilas dari ketebalan kampas rem, apakah sudah tipis atau masih layak digunakan. Bila memang sudah menipis, ada baiknya untuk segera diganti agar tidak terjadi kendala teknis saat Anda berkendara nantinya. Jangan lupa juga untuk mengecek minyak rem mobil Anda. Apabila Anda melihat kebocoran pada minyak rem, maka Anda harus segera mengganti komponen tersebut.

5. Lampu Mobil

Lampu mobil berfungsi sebagai penerang jalan sekaligus memberikan pertanda ke kendaraan di sekitar Anda. Periksa kondisi lampu mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein mobil Anda, agar Anda bisa melakukan perjalanan di malam hari dengan aman dan nyaman serta tidak membahayakan pengguna jalan raya yang lain.

6. Ban

Perjalanan jauh seringkali dapat menyebabkan berkurangnya angin pada ban mobil Anda kekurangan angin hingga mengalami keausan. Perlu Anda ingat, bahwa ban mobil yang baik akan memberikan banyak keuntungan kepada pengendaranya. Salah satunya adalah kemudahan dalam kendali, di mana ban dengan tekanan yang tepat akan memberikan pengendalian mobil secara maksimal.

Setelah mengetahui apa saja komponen-komponen mobil yang wajib anda periksa setelah melakukan perjalanan jauh, hendaknya Anda juga melakukan perlindungan untuk mobil kesayangan Anda. Garda Oto Digital, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, dapat menjadi pilihan asuransi mobil Anda, agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

08:00 - 17:00