4 Pelanggaran yang akan Tertangkap oleh Kamera Tilang CCTV (e-TLE)

By | 2019-11-05T14:48:44+00:00 5 November, 2019|Categories: Tips Berkendara|

Berlakunya sistem penilangan elektronik atau Electronic-Traffic Law Enforcement (e-TLE) membuat masyarakat terutama para pengemudi kendaraan bermotor menjadi semakin berhati-hati. Tilang elektronik yang menggunakan kamera-kamera CCTV ini, sudah diberlakukan sejak November 2018 lalu, yang pada awalnya diberlakukan hanya di kawasan Jalan M.H Thamrin dan Jalan Merdeka Barat.

Namun, pada saat ini Polda Metro Jaya menambah 10 kawasan baru yang telah diberlakukan e-TLE, seperti yang terdapat pada:

  1. JPO MRT Bundaran Senayan – satu CCTV
  2. JPO MRT Polda Semanggi – satu CCTV
  3. JPO depan Kementerian Pariwisata – satu CCTV
  4. Jembatan penyeberangan MRT dekat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia – satu CCTV
  5. Flyover Jalan Layang Non Tol Sudirman ke Thamrin – satu CCTV
  6. Flyover Jalan Layang Non Tol Thamrin ke Sudirman – satu CCTV
  7. Simpang bundaran Patung Kuda – tiga CCTV
  8. Simpang TL Sarinah Bawaslu – empat CCTV
  9. Simpang TL Sarinah Starbucks – dua CCTV
  10. JPO Plaza Gajah Mada – satu CCTV

Polda Metro Jaya juga menginfokan bahwa per Oktober 2019 akan ada penambahan sejumlah 45 kamera CCTV, berikut lokasinya:

  1. 18 titik dari kawasan Kota Tua hingga Blok M
  2. 8 titik dari kawasan Grogol hingga Pancoran
  3. 8 titik dari kawasan Halim Perdana Kusuma hingga Cempaka Putih
  4. 11 titik dari Jalan HR Rasuna Said hingga Jalam Prof Dr Satrio

Kamera-kamera CCTV ini dipasang untuk memonitor serta menangkap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para pengguna jalan raya di Jakarta, contohnya adalah mobil yang menerobos lampu merah, pengemudi yang bermain ponsel, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan mobil yang melanggar peraturan ganjil genap. Adapun Polda Metro Jaya juga menghimbau bahwa 3 dari 10 area tersebut mampu menangkap kendaraan yang melanggar batas kecepatan.

Setelah mengetahui jalur dan pelanggaran yang tertangkap oleh e-TLE penting bagi anda untuk mematuhi peraturan lalu lintas agar anda dapat mengemudi dengan aman dan nyaman. Untuk menambah kenyamanan anda saat berkendara lindungilah mobil kesayangan anda dengan asuransi mobil Garda Oto, yang sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah lewat layanan virtual assistant kami yaitu Garxia yang terdapat pada Garda Mobile Otocare.

08:00 - 17:00