Fungsi Persneling Mobil Matic yang Wajib diingat

By | 2019-12-13T17:21:20+00:00 26 Desember, 2019|Categories: Tips Berkendara|

Perbedaan yang paling mendasar pada mobil matic dan mobil manual bisa diketahui dari jenis sistem transmisi yang digunakan. Ketika mengendarai mobil matic, Anda tidak direpotkan dengan pedal gas, rem dan kopling serta perpindahan gigi. Cukup dengan menginjak pedal rem dan gas serta tuas perseneling, Anda sudah bisa mengendarai mobil matic.

Meski terlihat mudah, nyatanya masih banyak orang yang dipusingkan dengan sistem transmisi mobil matic. Berbeda dengan mobil manual, tuas perseneling pada mobil matic biasanya terdiri dari kombinasi P-R-N-D-L-2. Berikut fungsi masing-masing simbol pada persneling mobil matic:

P: Huruf P pada tuas transmisi mobil matic melambangkan parking. Anda memposisikan tuas pada huruf ini ketika mobil yang Anda kendarai dalam keadaan berhenti atau parkir. Ketika berada pada posisi ini, mobil akan terkunci dan tidak bergerak. Ketika akan menghidupkan mesin mobil atau melepas kunci kontak, Anda juga wajib memastikan tuas berada di huruf P terlebih dahulu.

R: Simbol R pada tuas mobil matic memiliki arti reverse yang artinya mundur. Sesuai dengan arti simbol tersebut, Anda mengganti tuas ke posisi R saat Anda akan memundurkan mobil Anda.

N:Pada mobil matic simbol N berarti netral. Artinya saat tuas perseneling diposisikan pada simbol ini, maka roda mobil terbebas dan tidak lagi digerakan oleh gir. Tuas persneling diposisikan di simbol N ketika mobil tengah dipanaskan atau ketika Anda tengah berkendara di jalan yang macet.

D: Anda memposisikan tuas transmisi pada huruf D yang artinya drive atau jalan ketika berada di jalanan yang normal atau tidak macet. Saat tuas berada di D, mobil matic akan berjalan maju dalam keadaan yang cukup kencang. Simbol D pada mobil matic sama artinya dengan gigi 3 ke atas pada mobil manual. Untuk memindah gigi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginjak pedal gas dan rem.

2: Simbol ini kerap kali tidak dipahami oleh pengemudi mobil matic. Jika Anda tengah mengemudikan mobil matic dan berada di jalan yang menurun atau naik, di sinilah fungsi simbol ini. Segera posisikan tuas transmisi pada simbol 2, saat Anda menemui jalanan turunan atau naikan yang sedikit tajam atau curam. Simbol 2 memiliki arti yakni mobil berada di gigi 2.

L: Seperti lambangnya L memiliki makna Low yang artinya mobil tengah berada di gigi terendah. Anda menggunakan simbol L ketika berada di jalan dengan tanjakan atau turunan yang sangat curam.

Mobil matic memang di desain agar mudah dikendarai. Meski begitu, Anda tetap harus mengingat dan memahami posisi dan fungsi masing-masing simbol padaman kendaraan. Apapun pilihan mobilnya, sangat penting untuk tetap mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi menggunakan Asuransi mobil.

Untuk mengecek harga premi untuk kendaraan, Anda bisa melihat penawarannya di www.gardaoto.com. Garda Oto Digital hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti kantor, rumah, atau pusat perbelanjaan. Anda juga dapat melakukan survei mobil di lokasi pilihan Anda.

Setelah proses perbaikan mobil selesai, Garda Oto Digital juga melayani pengantar-jemputan mobil Anda sebelum dan sesusdah dari bengkel, dari lokasi survei Anda. Dengan demikian Anda dapat lebih banyak menghemat waktu untuk urusan yang lebih penting. Tak hanya itu, Garda Oto Digital juga menawarkan berbagai macam keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari berbagai bank rekanan kami.

08:00 - 17:00