Infografis: Bagaimana Menghadapi Kondisi Darurat Saat Mobil Mogok di Jalan Tol?

By | 2019-07-19T17:06:02+00:00 19 Juli, 2019|Categories: Tips Berkendara|Tags: , , , |

Tips jika mogok di jalan tol

Mesin mobil yang mati secara tiba-tiba tentu akan membuat pengemudi merasa panik, apalagi bila sedang berkendara di jalan tol. Dalam kondisi seperti ini, pengemudi harus bertindak cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini tips yang sebaiknya dilakukan sebelum memperbaikinya.

1. TEPIKAN MOBIL KE BAHU JALAN

Untuk menghindari kecelakaan ataupun tabrakan karena masalah mobil yang mogok di jalan tol, segera tepikan mobil ke tempat yang aman di jalur kiri.

2. NYALAKAN LAMPU HAZARD

Lampu hazard bisa digunakan kapan saja dalam keadaan darurat, baik siang ataupun malam hari. Tujuannya adalah untuk memberitahu pengemudi lain yang ada di belakang bahwa mobil di depannya sedang mengalami masalah.

3. GUNAKAN SEGITIGA PENGAMAN

Letakkan tanda peringatan berupa segitiga pengaman kurang lebih 10 meter di belakang mobil agar para pengendara lainnya bisa menjaga jarak dan menggunakan sisi jalur yang aman.

4. TEMUKAN MASALAHNYA & SEGERA PERBAIKI

Segera cek kondisi mesin mobil, apakah mengalami overheat? Bensin mobil habis? Atau kendala teknis lainnya? Bila Anda bisa memperbaiki sendiri, maka Anda tidak perlu menggunakan mobil derek untuk membawa mobil ke bengkel.

5. MINTA BANTUAN KEPADA PENGELOLA TOL

Bila permasalahannya cukup rumit dan memang tidak bisa diperbaiki, segera hubungi pihak pengelola jalan tol untuk mendapatkan bantuan mobil derek.

Itulah beberapa panduan yang bisa dilakukan saat mengalami mobil mogok. Usahakan agar dapat keluar secepatnya dari tol untuk mendapatkan perbaikan kendaraan segera.

08:00 - 17:00