Infografis: Larangan yang Harus Diketahui Saat Menyetir Mobil

By | 2019-08-16T16:41:11+00:00 16 Agustus, 2019|Categories: Tips Berkendara|Tags: |

Infografis Larangan yang Harus Diketahui Saat Menyetir Mobil

 

1. Menggunakan Smartphone

Penggunaan smartphone dilarang karena bisa menyebabkan pengemudi kehilangan fokus berkendara. Bila diabaikan, seseorang bisa terkena sanksi sesuai aturan yang berlaku.

 

2. Makan/Minum Selama Berkendara

Saat sedang menyetir mobil, pengemudi tidak boleh melepaskan fokus sedikitpun karena bisa membahayakan kondisi diri sendiri dan pengendara lainnya.

 

3. Merokok

Selain berbahaya untuk kesehatan, merokok saat mengemudikan mobil juga berbahaya dan dilarang oleh UU Nomor 22 Tahun 2009.

 

4. Bercanda

Komunikasi yang dilakukan saat menyetir mobil ada baiknya dilakukan sewajarnya saja dan tidak menimbulkan konflik ataupun membuat candaan yang bisa membuat pengemudi menjadi tidak fokus.

 

5. Tetap Menyetir Mobil Saat Mengantuk

Saat Mengantuk, jangan memaksakan diri untuk menyetir. Cari tempat yang aman untuk istirahat sejenak atau minta ganti dengan teman lainnya untuk menyetir mobil.

 

6. Tidak menggunakan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman adalah hal yang wajib digunakan saat berpergian. Fungsinya untuk menjaga dan menahan tubuh agar tidak terpental saat terjadi rem mendadak atau tabrakan.

 

7. Menggunakan Make-up 

Khusus untuk pengemudi wanita, menggunakan make-up selama berkendara juga merupakan hal yang dilarang karena membuatnya tidak fokus dengan kendaraan di depannya.