Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pengemudi Mobil

By | 2019-07-22T15:14:14+00:00 22 Juli, 2019|Categories: Tips Berkendara|Tags: , |

Hal yang tidak boleh dilakukan oleh pengemudi mobil

Sebagai pengemudi mobil demi berkendara yang aman tentu Anda harus memperhatikan peraturan atau rambu lalu lintas. Tapi, ada hal lain yang harus Anda perhatikan, antara lain adalah:

1. Makan Saat Mengemudi

Mengemudi sambil makan itu sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan, karena pada saat makan biasanya para pengemudi bisa jadi lebih fokus dengan makanannya dibandingkan dengan mengemudikan mobil. Oleh karena itu, disarankan menepi sebentar untuk menghabiskan makanannya baru setelah itu bisa melanjutkan perjalanan.

2. Bermain Smartphone

Saat ini, penggunaan smartphone sambil berkendara adalah hal yang dilarang dan bisa terjerat UU No. 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi, dan jika dilanggar akan dijerat denda maksimal Rp 750.000,- dan kurungan 3 bulan seperti yang diatur pada pasal 283 UU yang sama. Maka dari itu, berkendaralah dengan fokus dan hindari penggunaan smartphone demi keselamatan bersama. Jika ada hal yang darurat, cobalah untuk berhenti di tempat yang aman dan baru menggunakan smartphone.

3. Mengemudi di Saat Mengantuk

Bila rasa mengantuk sudah mulai muncul, jangan paksakan diri untuk terus berkendara karena dapat berbahaya bagi Anda dan bagi para pengguna jalan yang lain. Kondisi ngantuk saat menyetir dapat membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dan bereaksi terhadap apapun yang terjadi di jalan raya. Berhentilah sebentar di pinggir jalan atau rest area, regangkan badan, cuci muka, atau bila perlu tidur sebentar untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda agar bisa siap untuk melanjutkan perjalanan.

4. Bercanda berlebihan

Baik pengemudi yang masih pemula atau pengemudi yang sudah berpengalaman tidak boleh bercanda secara berlebihan selama mengendarai mobil, apalagi jika sampai tertawa terbahak-bahak, karena akan mempengaruhi respon seseorang dalam menyetir mobil.

5. Memakai Make-up

Menggunakan make-up saat di perjalanan ataupun saat menunggu lampu merah adalah salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh para pengemudi wanita. Tetapi, sebenarnya tidak disarankan untuk melakukan itu selama Anda berada di jalan raya, karena akan membuat Anda kehilangan konsentrasi saat berkendara sehingga bisa membahayakan Anda dan pengendara lain.

Dengan mengetahui 5 hal yang harus dihindari ini, semoga para pengendara baik kalangan anak muda atau kalangan dewasa bisa lebih sadar lagi akan pentingnya keamanan dalam berkendara demi keselamatan bersama. Selain itu, Anda dapat mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto Digital untuk memberikan perasaan aman dan nyaman selama Anda berkendara. Garda Oto Digital hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti kantor, rumah, atau pusat perbelanjaan. Anda juga dapat melakukan survei mobil di lokasi pilihan Anda. Setelah proses perbaikan mobil selesai, Garda Oto Digital melayani antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel, sehingga akan menghemat waktu Anda saat bepergian atau urusan pekerjaan.Tak hanya itu, Garda Oto Digital pun menawarkan berbagai keuntungan untuk pelanggan. Dengan memasukan Kode Promo: GODigital, pelanggan akan mendapatkan berbagi hadiah menarik. Serta jika Anda membeli Garda Oto Digital Anda mendapatkan cicilan 0% dari beberapa bank yang bekerja sama. Anda dapat mengecek harga premi untuk kendaraan Anda disini.

08:00 - 17:00