Resiko Terlalu Lama Menggunakan Rem Tangan

By | 2019-10-02T13:09:41+00:00 4 Oktober, 2019|Categories: Tips Berkendara|

Rem tangan berfungsi ketika Anda ingin memarkir mobil Anda dengan sempurna, karena jika Anda tidak menggunakan rem tangan saat parkir, masih ada kemungkinan mobil akan mundur atau maju secara tiba-tiba. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata menggunakan rem tangan dalam waktu yang terlalu lama mampu menimbulkan risiko yang cukup mengerikan?

Risiko yang bisa terjadi jika terlalu lama menggunakan rem tangan adalah lepasnya kampas rem dari yang berada di plat besi penyangganya. Masalah kampas rem ini sangat rentan dialami oleh ban belakang, khususnya yang menggunakan sistem pengereman tromol. Hal ini disebabkan karena rem belakang berjenis tromol mempunyai bidang kontak yang panjang, yang berbeda dengan rem cakram yang memiliki bidang kontak yang lebih pendek. Penyebab kampas rem lepas dari besi penyangga ini bisa disebabkan ketika rem tangan aktif, maka kampas rem tersebut akan terus menempel pada tromol maupun piringan cakram. Apabila hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka kampas rem akan menempel pada tromol atau cakram tersebut dan jika Anda paksakan maka kampas rem akan lepas dan akan berbahaya ketika mobil berjalan. Hal ini juga akan semakin berbahaya apabila menggunakan rem tangan di saat kondisinya masih basah.

Jadi, solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganjal ban menggunakan balok atau tire stopper saat Anda ingin memarkirkan mobil Anda dalam waktu yang cukup lama. Memang kampas rem tidak akan langsung menempel pada tromol atau cakram dalam waktu yang singkat, namun akan lebih baik bila Anda mencegahnya sehingga Anda bisa menjaga kondisi kampas rem pada mobil Anda.

Banyak sekali kasus yang terjadi dimana mobil sudah di rem tangan namun masih bergerak, hal ini diakibatkan karena terlalu lama membiarkan rem tangan aktif dan pemilik sendiri kurang begitu memperhatikan kondisi mobilnya. Memang masih banyak orang yang acuh akan kondisi ini, mengingat para pemilik terburu-buru, sehingga tidak sempat untuk mengganjal mobil menggunakan balok ataupun tire stopper. Selain itu, orang-orang juga gengsi untuk menggunakan hal itu, terlebih mereka yang memarkirkan mobil di tempat perbelanjaan.

Setelah mengetahui resiko dari penggunaan rem tangan dengan jangka waktu yang terlalu lama, maka hendaknya anda menerapkan langkah yang lebih aman ketika Anda hendak memparkir mobil dengan jangka waktu lama. Selain itu segeralah Anda melindungi mobil kesayangan Anda dengan Garda Oto Digital, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra . Garda Oto Digital telah membantu banyak pemilik mobil dalam memberikan perlindungan untuk mobil mereka. Lindungi mobil Anda dari sekarang dengan cara yang tepat.

08:00 - 17:00