Tips Cara Mudah Mengemudi Mobil Manual

By | 2019-12-13T17:32:44+00:00 30 Desember, 2019|Categories: Tips Berkendara|

Mengendarai mobil di jalanan membutuhkan kemampuan yang baik. Jangan sampai karena cara menyetir Anda yang salah pada akhirnya justru malah membahayakan pengguna jalan yang lain. Mengendarai mobil memang bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi orang yang baru belajar mengendarai kendaraan roda empat. Terlebih, bila yang digunakannya adalah mobil dengan jenis transmisi manual. Di mana setiap perpindahan gigi, harus menggunakan tuas transmisi secara manual.  Berikut penjelasan cara mengemudi mobil secara manual untuk pemula.

  1. Langkah pertama, gunakan sabuk pengaman demi keamanan Anda. Gunakan kaca spion untuk membantu melihat keadaan di belakang Anda.
  2. Ambil posisi duduk senyaman mungkin, dengan posisi duduk yang nyaman akan memberikan kemudahan untuk Anda menginjak rem, gas dan kopling.
  3. Mengenali terlebih dahulu letak posisi kopling. Pedal yang terletak di sebelah kiri kaki adalah pedal untuk kopling, pedal yang terletak di tengah untuk rem, sedangkan pedal yang terletak di kanan kaki adalah pedal untuk gas.
  4. Menguasai kopling. Kopling merupakan salah satu alat yang berfungsi memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih berhubungan dan menambah atau mengurangi gigi yang digunakan tanpa merusak roda gigi yang berada di masing-masing transmisi. Kopling dan roda akan berhubungan jika perseneling berada di 1,2,3,4,5 dan R. Jika perseneling berada di posisi normal maka putaran mesin kopling dan roda tidak akan terhubung.
  5. Mengoperasikan pedal dengan baik harus memiliki konsentrasi yang penuh agar dapat mengingat jarak ayunan pedal, pedal rem dan pedal gas.  Ketika mengemudi mobil manual pastikan Anda melepas pedal secara perlahan.
  6. Tuas transmisi berfungsi untuk mengurangi atau menambah, saat ingin menambah gigi dan sebelum menyalakan mobil pastikan tuas dalam posisi netral.
  7. Saat ingin menjalankan mobil, menginjak kopling harus dalam keadaan penuh, kemudian angkat kaki yang semula berada di atas kopling secara perlahan sampai putaran menurun, lalu seimbangkan gas dengan kopling. Saat kaki menginjak penuh kopling, posisi tangan memindahkan gigi yang semula netral menjadi ke gigi 1.
  8. Jalankan mobil dengan pelan dan pindahkan kaki yang di posisi pedal kopling ke pedal gas dengan menginjak secara perlahan

Untuk keamanan dan kenyamanan selama berkendara, tak ada salahnya untuk menggunakan Asuransi mobil. Saat ini sudah banyak jenis Asuransi mobil yang dapat dipilih. Garda Oto bisa menjadi solusi tepat sebagai asuransi kendaraan Anda. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda kapanpun dan dimanapun.

Jika menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi kenyamanan Anda selama 24 jam.

Sekarang mendaftar Asuransi mobil Garda Oto semakin mudah, anda tidak perlu beranjak dari tempat Anda, cukup dengan mengunjungi www.gardaoto.com melalui smartphone atau komputer pribadi (PC) Anda, Anda sudah dapat merasakan mudahnya berasuransi di Garda Oto dengan berbagai macam fitur layanan yang semakin mempermudah Anda.

08:00 - 17:00