10 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

10 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

Jogja merupakan salah satu daerah yang sangat dikenal. Hal ini dikarenakan Jogja merupakan daerah istimewa. Selain memiliki budaya dan tradisi yang baik, di Jogja juga sangat terkenal dengan objek pariwisatanya. Di sini kami akan membahas 10 tempat wisata Jogja yang paling terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dan mancanegara. Yuk simak artikel berikut ini!

10 Daftar Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal

Jogja selain dikenal dengan sebutan kota pelajar, juga dikenal dengan kota wisata. Hal ini dikarenakan di Jogja sangat banyak dan beragam lokasi wisata. Wisata di Jogja menawarkan objek wisata berbagai genre, mulai dari wisata sosial, wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam sampai dengan wisata belanja semuanya ada di Jogja.

*Baca Juga: Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Liburan

Banyaknya objek wisata di Jogja membuat para pengunjung bingung memilih objek wisata yang paling mengesankan. Adapun berikut ini ialah 10 daftar wisata Jogja yang paling terkenal dan paling banyak peminatnya, di antaranya ialah:

1.     Malioboro

Malioboro merupakan destinasi wisata Jogja yang paling terkenal sebagai pusat belanja. Tak afdol rasanya jika mengunjungi Jogja tetapi tidak mengunjungi dan berbelanja di Malioboro. Di sini kita bisa berbelanja santai sambil menikmati pemandangan kota Jogja yang istimewa.

Selain itu, di sini pengunjung juga bisa hanya sekedar berjalan-jalan saja karena semua kendaraan di Malioboro di stop sehingga kita bisa bebas berjalan-jalan di sekitar Malioboro.

2.     Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi di Jogja yang sangat terkenal. Candi ini merupakan salah satu bukti dari peninggalan agama Hindu yang sangat indah dan megah. Kelebihan dari Candi ini ialah memiliki jalur yang mudah untuk dilewati karena berada di jalur utama Jogja Solo.

3.     Tebing breksi

Objek wisata lainnya yang ada Jogja yaitu Tebing Breksi. Tebing Breksi ini meskipun hanya sebuah bebatuan besar saja, akan tetapi tebing ini banyak diminati oleh wisatawan untuk berfoto ria. Tiket masuk yang perlu kita bayarkan juga sangat murah yaitu hanya Rp. 10.000 saja.

4.     Jurang Tembelan

Jurang Tembelan merupakan tempat wisata di Jogja yang memiliki keindahan luar biasa untuk berfoto. Wisata ini memiliki ciri khas, yaitu deck view atau yang dikenal dengan gardu pandangan yang mirip dengan bentuk kapal. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati kopi atau makanan yang ada pada warung makan di sekitar area wisata.

5.     Gumuk pasir

Objek wisata lainnya yang ada di Jogja ialah Gumuk Pasir. Gumuk Pasir merupakan destinasi wisata anti mainstream, hal ini dikarenakan Anda bisa melakukan surfing di atas pasir. Selain surfing, kita juga bisa memanfaatkan momen dengan berfoto ala padang pasir serta menikmati sandboarding.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini bisa menggunakan transportasi umum dengan menggunakan bus jurusan Jogja ke Parangtritis. Untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini kita hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000.

Lokasi dari Gumuk Sari sendiri berada di Yogya, Kabupaten Bantul, Kecamatan Kretek, lebih tepatnya berada di jalan Pantai Parangkusumo RT 1, Grogol nomor 10.

6.     Bunker Kaliadem

Objek wisata yang terletak di kota Sleman ini menyajikan keindahan alam yang sangat sejuk. Di wisata ini kita bisa dengan mudah melihat secara langsung view dari gunung Merapi. Untuk masuk ke Bunker Kaliadem pengunjung biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Selain untuk menikmati view gunung Merapi, di sini juga bisa berjelajah dengan menggunakan Jeep.

7.     Pinus Pengger

Objek wisata lain di Jogja ialah Pinus Pengger. Pinus Pengger ini menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Selain itu, di sini juga tersedia spot berfoto yang kekinian dan Instagramable. Banyak spot foto yang dapat menarik perhatian pengunjung, seperti jempol, telapak tangan, dan jembatan setengah lingkaran serta banyak lagi lainnya.

8.     Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan bukit yang berlokasi di tepian jalan yang menghubungkan antara Jogja dengan Wonosari. Adapun asli nama dari bukit bintang ini ialah bukit Hargo Dumilah. Di sini kita akan menikmati keindahan langit di saat senja dilengkapi dengan pemandangan dari kota Jogja yang sangat indah di malam hari.

9.     Pantai Parangtritis

Salah satu pantai di Jogja yang sangat terkenal yaitu Pantai Parangtritis. Pantai ini memiliki keunikan berupa ombak yang besar serta adanya gunung pasir di sekitar pantai. Untuk bisa memasuki wisata ini kita dikenakan biaya sebesar Rp 10.000, dengan uang Rp 10.000 kita akan bisa berenang dan bermain di pantai dengan bahagia.

10.  Blue Lagoon

Blue Lagoon atau yang bisa dikenal juga dengan sebutan Tirta Budi merupakan suatu wisata pemandian. Disebut sebagai Blue Lagoon karena memiliki air yang biru dan bening. Dulunya pemandian Tirta Budi ini digunakan oleh para warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi karena keindahan yang dimiliki oleh objek wisata ini sehingga banyak yang berminat untuk mengunjunginya dan dijadikan sebagai objek wisata yang dikenal banyak orang.

*Baca Juga: Tips Memilih Travel Agent untuk Liburan Bersama Keluarga

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan 10 tempat wisata Jogja yang paling terkenal dan paling banyak peminatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi kalian yang hendak berlibur ke Jogja.

Saat ingin berlibur ke Jogja, pastikan Anda sudah memiliki asuransi perjalanan. Hal ini penting, karena untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan saat travelling. Anda bisa membeli produk asuransi perjalanan dari Garda Trip untuk melindungi Anda dari risiko terkait gangguan perjalanan.