4 Benda Kecil yang Punya Dampak Besar Kala Berkendara Saat Mudik

//4 Benda Kecil yang Punya Dampak Besar Kala Berkendara Saat Mudik
By | 2018-07-02T11:18:44+00:00 Juli 2nd, 2018|Blog|0 Comments
4 Benda Kecil yang Punya Dampak Besar Kala Berkendara Saat Mudik

4 Benda Kecil yang Punya Dampak Besar Kala Berkendara Saat Mudik

Mudik dengan anggota keluarga menggunakan mobil pribadi memang nyaman. Anda bisa melakukan apa pun dengan anggota keluarga dan bisa dengan leluasa berhenti di berbagai tempat untuk membeli oleh-oleh. Namun, kekurangan dari membawa mobil pribadi saat mudik adalah kelelahan.

Tidak jarang kecelakaan saat mudik dan arus balik terjadi akibat faktor kelelahan. Menyetir dalam kurun waktu yang lama bisa membuat aliran darah tidak lancar dan fokus terhadap jalanan menjadi menurun. Kalau memang ada orang yang bisa menggantikan Anda menyetir, tidak masalah. Namun, bagaimana kalau Anda satu-satunya orang yang bisa menyetir di dalam perjalanan tersebut?

Ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal penting, baik dari diri Anda dan juga mobil yang Anda kendaraan. Bukan hanya itu, siapkan juga sejumlah benda kecil yang punya impact cukup besar dalam perjalanan Anda, khususnya saat sedang dilanda kelelahan. Berikut benda-benda penting yang bisa menyelamatkan Anda dalam perjalanan jauh.

 

GPS

Selalu ada jalan alternatif di setiap kota dan daerah yang dilalui. Namun, biasanya Anda selalu ragu untuk mengambilnya karena jalan tersebut biasanya asing untuk Anda. Untuk itu, keberadaan perangkat GPS saat Anda menyetir memang sangat dibutuhkan. Kalau memang harus memutar jauh untuk menghindari kemacetan atau memotong jalan dan keluar di pintu tol terdekat, Anda tidak perlu panik akan tersasar.

Bukan hanya untuk memberi tahu jalan saja, GPS juga bisa membantu Anda menemukan tempat-tempat terbaik untuk menepikan kendaraan. Saat tubuh sudah sangat lelah, satu-satunya cara terbaik untuk mengembalikannya adalah beristirahat. GPS juga dapat membantu Anda menemukan rest area, tempat penginapan, atau restoran untuk mengisi kembali tenaga Anda.

 

Permen atau Camilan

Arus balik biasanya paling krusial untuk tubuh Anda. Setelah berjam-jam menyetir saat pergi mudik, Anda harus melakukan banyak hal pula di kampung halaman. Belum selesai sampai di situ, Anda pun harus menyetir kembali dan mengarungi arus balik mudik yang juga diisi oleh banyak kendaraan di jalanan. Pastinya rasa lelah dan kantuk akan muncul di waktu-waktu yang tidak tepat.

Trik untuk mengakali rasa kantuk tersebut adalah membuat anggota tubuh Anda bekerja. Mengunyah permen atau camilan saat berkendara juga jadi salah satu cara untuk sejenak melupakan rasa kantuk. Selalu sediakan permen dan camilan di dalam mobil Anda.

Akan tetapi, permen dan camilan hanya bersifat sementara ya. Kalau memang Anda sudah menemukan tempat untuk beristirahat, jangan sia-siakan waktu yang ada untuk mengistirahatkan tubuh Anda.

Bantal Leher

Banyak orang yang merasa bantal leher adalah benda yang merepotkan untuk dibawa-bawa. Padahal, benda kecil ini bisa juga memberikan impact yang sangat besar. Bayangkan, Anda harus duduk pada posisi yang sama selama beberapa saat, pasti dari ujung kepala sampai ujung kaki rasanya pegal.

Setidaknya, bantal leher bisa membuat leher Anda lebih rileks saat menyetir. Kalau memang sudah menemukan tempat untuk menepi, percayalah bantal leher jadi tempat yang paling nyaman untuk menyandarkan kelapa Anda.

Layanan Musik Streaming atau CD Musik

Hiburan kala perjalan jauh penting hukumnya. Pemandangan bagus akan terasa kurang kalau Anda hanya duduk diam dan menyetir. Musik bisa menyelamatkan Anda dari rasa bosan dan kantuk selama perjalanan mudik.

Sebelum berangkat, sebaiknya buat dulu playlist terbaik Anda dalam layanan musik streaming. Tips: siapkan lagu-lagu yang meriah dan memungkinkan semua anggota keluarga yang ada di dalam mobil ikut bernyanyi. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan kebosanan dalam perjalanan.

Akan tetapi, kekurangan dari layanan musik akan membuat baterai smartphone Anda cepat habis. Ada baiknya pula, Anda menyiapkan beberapa CD musik yang berisi lagu-lagu penghilang bosan dan kantuk pula.

Ada baiknya Anda menyiapkan semua benda-benda penting di atas dalam mobil Anda. Kalau pun memang salah satunya sudah tidak bisa membantu Anda, ada benda lainnya yang bisa digunakan.