5 Tips Supaya Ular Tidak Masuk Rumah

Perkembangan pembangunan hunian menyebabkan semakin berkurangnya habitat alam, termasuk ular. Hal ini menyebabkan binatang reptil seperti ular memasuki area tempat tinggal. Untuk mencegahnya, Anda perlu mencari solusi agar reptil ini tidak masuk ke dalam rumah. Yuk simak berbagai cara yang paling efektif untuk diterapkan berikut ini!

1. Menyemprotkan Pengharum

Banyak orang yang masih meyakini bahwa garam merupakan penangkal ular yang paling ampuh. Namun kenyataannya tidak seperti itu karena ular tidak takut dengan kandungan yang ada di dalam garam.

Garam hanya ampuh untuk mengusir hewan berlendir seperti lintah atau bekicot. Maka dari itu, hindari penggunaan garam untuk usir ular.

Daripada menggunakan garam, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan wewangian. Pengharum yang Anda letakkan di beberapa spot dalam rumah bisa menjadi solusi terampuh mengusir ular.

Pasalnya, ular tidak menyukai aroma wangi yang menyengat. Dengan menyemprotkan wewangian, kemungkinan hewan reptil ini pergi setelah menghirupnya.

Selain meletakkan pengharum ruangan, cara lain yang bisa diterapkan yaitu menggunakan kapur barus supaya ular tidak masuk rumah. Aroma wangi kapur barus tidak disukai ular karena bau menyengat.

Hal inilah yang membuat kapur barus menjadi wewangian yang sangat efektif dijadikan penangkal ular. Cukup haluskan beberapa kapur barus, lalu taburkan di beberapa sudut.

Baca Juga: Empat Tips Membuat Suasana Rumah Menjadi Nyaman

2. Memangkas Rumput Sesering Mungkin

Bagi Anda yang memiliki kebun atau halam rumah, jangan biarkan rumput tumbuh tinggi. Sebab, tingginya tanaman tersebut akan berpotensi besar sebagai sarang ular.

Penting bagi Anda untuk memotong rumput maupun tanaman sesering mungkin agar ular tidak tinggal di rerumputan tersebut. Sebagai tips tambahan, Anda bisa menanam tumbuhan yang tidak disukai ular seperti serai.

3. Menutup Lubang

Seperti yang sudah diketahui jika ular menyukai tempat tempat yang tersembunyi dan sempit. Maka dari itu, jangan biarkan ada celah sedikitpun di sekitar rumah atau di dalamnya.

Misalnya, Anda bisa menutup saluran pembuangan air di kamar mandi dengan rapat atau menambal celah loteng rumah supaya ular tidak masuk rumah.

Selain itu, ular juga menyukai sarang yang gelap dan lembab seperti talang, pipa, dan selokan. Jadi, Anda perlu membersihkan dan memeriksa tempat tersebut secara berkala apakah dijadikan tempat persembunyian ular.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu membersihkan tumpukan kayu dan daun kering di lingkungan rumah karena hal tersebut sangat disukai oleh ular.

4. Menjaga Kebersihan Rumah

Lingkungan yang kotor bisa menarik hewan reptil ini untuk datang ke tempat tersebut. Maka dari itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari hewan berbisa ini.

Mulailah membersihkan tempat yang lembab dan gelap di dalam rumah. Jangan lupa mengurangi barang barang yang sudah tak terpakai, sebab bisa menjadi tempat persembunyian ular.

Baca Juga: Sudah Tahu Ciri Ciri Rumah Sehat? Yuk Simak Ulasannya Disini

5. Memasang Pagar di Sekitar Rumah

Memasang pagar juga menjadi tips ampuh supaya ular tidak masuk rumah. Anda bisa menggunakan pagar jenis beton yang tidak bisa dilewati ular.

Namun jika Anda sudah memasang pagar tersebut, maka jangan biarkan terbuka terlalu lama. Sebab, bisa saja ular masuk ketika pagar rumah Anda sedang terbuka.

Menjaga rumah agar terhindar dari hewan reptil seperti ular sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Mulailah dengan cara membersihkan tempat tinggal Anda agar ular tidak menarik perhatian ular. Setelah itu, berikan wewangian di rumah Anda menggunakan kapur barus atau parfum ruangan. Sebab, ular tidak menyukai aroma wangi yang menyengat.

Berbagai tips di atas bisa anda terapkan di hunian anda agar terhindar dari ular yang masuk ke dalam rumah, karena rumah adalah  tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Maka itu, jagalah rumah agar tetap bersih dan nyaman. Selain memperhatikan risiko yang dapat terjadi di rumah seperti rumah kemasukan ular. Pastikan rumah kamu mendapatkan perlindungan dari Asuransi Kebakarana Rumah Garda Home. Dengan asuransi tersebut, rumah Anda mendapatkan proteksi penuh atas perbaikan akibat kebakaran. #PeaceofMind