9 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Oleh Pemula

9 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Oleh Pemula

Menjadi pengendara yang baik di jalan raya merupakan keharusan, untuk menghindarkan diri dan orang lain dari terjadinya kecelakaan. Memang benar semua orang berkeinginan untuk berkendara dengan nyaman, cepat dan juga mudah. Untuk menerapkan hal tersebut memang tidak mudah, dan berikut ini tips berkendara nyaman yang bisa Anda terapkan demi keselamatan Anda.

  1. Periksalah Kendaraan Anda
    Anda wajib memeriksa kondisi mesin kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan, selain itu Anda juga perlu memerhatikan perlengkapan yang akan Anda bawa. Meliputi pengecekan mesin, pemeriksaan tekanan angin ban, dan juga pengecekan alat-alat wajib yang harus ada dalam mobil.
  1. Atur Posisi Saat Mengemudi
    Sebagai pengemudi, Anda harus mengetahui posisi kursi yang Anda rasa sesuai dan nyaman bagi diri Anda saat berkendara. Aturlah posisi kursi senyaman mungkin, agar saat melakukan perjalanan, Anda tidak mudah mengalami kram atau pegal, apalagi jika perjalanan yang Anda lakukan memerlukan jarak tempuh yang cukup lama.
  1. Gunakan Sabuk Pengaman
    Sabuk pengaman berfungsi sebagai pelindung diri ketika mobil mengalami benturan dan menahan tubuh Anda agar tidak terlempar. Bila hal ini tidak dilakukan, saat terjadi kecelakaan ringan ataupun berat, bisa dipastikan seseorang yang tidak menggunakan sabuk pengaman memiliki tingkat risiko cedera yang tinggi.
  1. Tetap Mengikuti Aturan Lalu Lintas
    Sebagai pengendara yang baik tentu Anda harus mengikuti aturan lalu lintas. Selain itu, jangan pernah Anda melanggar rambu-rambu ataupun menerobos lampu lalu lintas, karena Anda bisa ditilang dan membahayakan orang lain. Demi keselamatan orang lain dan diri Anda sendiri, maka ada baiknya Anda tetap mengikuti peraturan yang ada.
  1. Mengatur Kecepatan Berkendara
    Berkendara dengan kecepatan tinggi memang diperbolehkan, hanya saja Anda perlu memperhatikan kondisi jalan dan mengutamakan keselamatan orang lain. (Ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan) karena bukan Anda saja yang berada di jalan tersebut, sehingga Anda perlu menyesuaikan kecepatan Anda agar tidak mencelakai orang lain.
  1. Perhatikan Kaca Spion
    Sesekali melihat kaca spion saat berkendara menjadi salah satu tips berkendara yang paling penting. Anda perlu memerhatikan kendaraan di belakang Anda, sehingga Anda bisa memastikan Anda sudah berada di tempat yang nyaman saat akan berbelok ataupun saat di persimpangan.
  1. Menggunakan Jalur Kanan saat Menyalip
    ni merupakan sebuah peraturan yang sudah ditetapkan, sehingga pengendara yang hendak menyalip diharuskan untuk menggunakan jalur kanan. Tujuan utamanya adalah untuk mengatur arus kendaraan di jalan raya agar terhindar dari kecelakaan dan juga untuk menghindari kemacetan.
  2. Hindari Penggunaan Smartphone
    Menggunakan smartphone saat berkendara merupakan hal yang sangat berbahaya, karena fokus Anda akan terpecah dan Anda menjadi tidak fokus di jalan. Bila memang dalam keadaan penting, sebaiknya menepi terlebih dahulu barulah Anda bisa menggunakan smartphone.
  1. Istirahat Ketika Lelah
    Untuk memastikan pengemudi tetap dalam kondisi bugar selama berkendara, pemerintah sudah membuat peraturan yang tertuang dalam undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 90 ayat 2,3 dan 4 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Peraturan itu mengatur batas waktu mengemudi, yaitu aktivitas mengemudi paling lama delapan jam dalam satu hari. Dan kedua, pengemudi wajib beristirahat minimal 30 menit sekali setelah menempuh perjalanan selama empat jam.

Sebagai pengendara mobil pemula, ada baiknya untuk melengkapi mobil Anda dengan layanan asuransi kendaraan untuk melindungi mobil Anda dari berbagai risiko yang bisa terjadi. Nah, Garda Oto bisa menjadi solusi tepat untuk asuransi kendaraan Anda. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan Anda. Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, jangan ragu untuk menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses selama 24 jam.