Alarm Mobil Anda Berbunyi Sendiri? Begini Cara Reset Alarm Mobil

Alarm Mobil Anda Berbunyi Sendiri? Begini Cara Reset Alarm Mobil

Agar lebih mudah dalam mengoperasikan sebuah alat yang diproduksi, biasanya produsen akan menyediakan sebuah controller khusus. Dengan adanya benda ini, kita bisa mengoperasikan semua alat hanya dengan menekan tombol pada remote sesuai keinginan.

Bahkan, mobil modern saat ini pun disertai dengan remote control untuk bisa melakukan berbagai kendali sekaligus. Jika remote mobil mengalami masalah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mereset-nya. Masalah yang paling sering ditemui adalah bunyi alarm yang selalu menyala sendiri tanpa ada sebab, sehingga menimbulkan kebisingan. Berikut akan diberikan tips untuk melakukan reset remote mobil agar alarm bisa berfungsi normal.

  1. Coba buka pintu mobil secara manual untuk menghilangkan suara alarm yang terus menyala, dan pastikan Anda telah menutupnya dengan benar.
  2. Biarkan pintu mobil bagian kanan depan dan biarkan pintu lainnya tertutup.
  3. Periksa apakah sistem alarm masih berbunyi dan indikator alarm menyala. Biasanya, sistem alarm akan berbunyi dan indikatornya menyala apabila masih pintu yang belum tertutup rapat.
  4. Masukkan kunci mobil atau kunci kontak ke dalam lubang kunci untuk menyalakan mesin.
  5. Putar kunci mobil ke posisi ON, kemudian tekan dan tahan tombol lock pada remote mobil selama kurang lebih lima sampai sepuluh detik.
  6. Putar kunci mobil ke posisi OFF, lalu putar kembali kunci mobil anda ke posisi ON.
  7. Tekan dan tahan tombol lock selama kurang lebih lima hingga sepuluh detik, sama seperti sebelumnya. Lakukan metode ini berulang–ulang hingga lampu indikator mati.
  8. Setelah lampu indikator benar–benar mati, cabutlah kunci mobil anda dan tes kembali remote mobil anda.
  9. Tutup semua pintu dan kunci pintu mobil dengan menggunakan tombol lock pada remote untuk memastikan apakah remote sudah berfungsi. Setelah itu, lakukan tes untuk menguji apakah tombol unlock pada remote mobil berfungsi dengan baik.

Selain mengetahui cara mengatasi remote mobil yang bermasalah, tentu anda harus tahu juga mengenai penyebab rusaknya remote mobil anda. Tujuannya jelas, untuk menghindari hal–hal seperti terulang kembali. Berikut beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan alarm mobil rusak ataupun terus berbunyi.

●        Terlalu Sering Menyimpan Remote di Dalam Saku Celana

Jika anda menyimpan remote di saku celana, remote akan rentan terkena tekanan, jika sering mengalami tekanan, maka tombol pada remote akan lebih cepat rusak. Untuk itu, simpanlah remote di tempat yang aman.

●        Remote Mengalami Korsleting

Ini merupakan kecerobohan yang harus dihindari. Sama seperti barang elektronik lainnya, remote bisa mengalami korsleting jika terkena air.

●        Remote Error Karena Sering Terjatuh

Jika remote sering jatuh, ada kemungkinan remote mobil akan lebih mudah rusak karena membuat komponen controller di dalam remote dapat terlepas.

●        Sensor Alarm dengan Kepekaan yang Baik

Kemungkinan lainnya memang sensor yang terpasang di mobil Anda sangat tinggi kepekaannya terhadap sesuatu hal yang dapat mengancam keberadaan mobil. Sehingga, bila terjadi hujan deras disertai petir ataupun hewan yang tidak sengaja menyenggol ban mobil, alarm pasti akan berbunyi. Tentunya ini adalah hal yang bagus, terutama untuk mengatasi human error yang bisa saja terjadi karena kelalaian menutup pintu tidak rapat.

Pada dasarnya, masalah pada alarm yang terus berbunyi harus dapat dilihat dari indikatornya. Apakah memang ada kesalahan yang dibuat, sehingga alarm menyala? Atau memang kesalahan tersebut berasal dari faktor lain, seperti lingkungan, remote yang rusak, dsb? Karena itu, pentingnya untuk menjaga dan merawat komponen mobil agar Anda bisa terus memantau bila memang terjadi kerusakan atau tidaknya.

Serta jangan lupa untuk lindungi mobil Anda dengan Asuransi mobil. Jika Anda memiliki Asuransi mobil, Anda tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil Anda. Asuransi mobil dari Garda Oto dapat dibeli melalui situs gardaoto.com dan via aplikasi Garda Mobile Otocare. Garda Oto menjamin garansi hasil kerja bengkel dan jaminan suku cadang asli. Cek preminya di gardaoto.com. #PeaceofMind bersama Garda Oto.