Bagaimana Cara Kerja Rem ABS pada Mobil? Berikut Penjelasannya

Bagaimana Cara Kerja Rem ABS pada Mobil? Berikut Penjelasannya

Apa itu Rem ABS

Banyak perusahaan mobil ternama dunia yang hingga kini terus melakukan inovasi dalam setiap kegiatan produksi terhadap mobil baru yang akan dihasilkan. Faktor perkembangan zaman dan teknologi yang semakin modern juga turut andil dalam menciptakan kelebihan yang dihadirkan sehingga membuat mobil keluaran baru memiliki keunggulan yang berbeda dengan jenis mobil lainnya.
Salah satunya adalah dengan hadirnya Rem ABS (Anti-lock braking System). Sistem Sistem ini merupakan fitur keselamatan pada kendaraan untuk mempertahankan traksi ban terhadap jalan saat pengemudi melakukan pengereman, mencegah roda kendaraan agar tidak terkunci, dan menghindari laju kendaraan yang tak terkendali.
Rem ABS sangat membantu saat melakukan pengereman mendadak, di kecepatan tinggi atau saat hujan yang membuat jalan licin. Tentunya akan kesulitan dalam melakukan pengereman mendadak dalam kondisi tersebut sehingga membuat roda menjadi terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. Sistem anti-lock braking inilah yang akan membantu dalam melakukan pengereman mendadak, dan membantu dalam mengendalikan mobil jika anda mengerem mendadak.

Begini Cara Kerja Rem ABS

  1. Sensor Kecepatan
    Sensor kecepatan pada pengereman ABS berguna  untuk membaca kecepatan putaran roda mobil selama berkendara.
  2. Katup Pengereman
    Pada jalur minyak rem terdapat sebuah katup pengereman, dan katup ini dikendalikan oleh kontroler ABS. Setidaknya ada 3 katup Rem di ABS. Katup pertama: Katup yang tidak tertutup, atau dalam kondisi terbuka penuh dapat meneruskan minyak rem tanpa hambatan ke rem secara langsung.Katup kedua: Bisa dikatakan bahwa katup kedua merupakan kebalikan dari katup yang pertama tadi. Di sini, katup akan menghalangi proses perpindahan minyak rem. Sehingga, walaupun pengemudi menekan rem mobil, tekanan tidak akan diteruskan menuju rem oleh sistem ABS.Katup ketiga: Hampir mirip dengan katup kedua, katup ketiga akan menghalangi sebagian minyak rem saat dialirkan menuju rem, sehingga tekanan yang diberikan berkurang menjadi setengahnya saja walaupun pengemudi menekan rem penuh.
  3. Pompa Rem ABS
    Pada Rem ini juga memiliki sebuah pompa yang berfungsi mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem.
  4. Controller
    Pada bagian ini, controller memainkan peranan penting sebagai pengendali katup dan juga untuk mengolah data dari sensor kecepatan  yang ada disemua bagian roda kendaraan.

Cara ini akan mencegah terjadinya penguncian pada ban roda saat melakukan rem secara mendadak karena sebelum roda terkunci, controller akan mengirimkan data yang didapatkan dan memerintahkan katup untuk menghalangi tekanan. Setelah itu, saat roda berputar kembali, maka sensor kecepatan akan memerintahkan katup pertama melakukan tugasnya sehingga tekanan minyak rem akan berpindah ke rem.
Itulah cara kerja rem ABS (Anti-lock braking System). Untuk membuat perjalanan lebih nyaman selama berkendara, selain harus menguasai teknik menyetir yang tepat, mengetahui komponen-komponen dasar mesin, ada baiknya juga turut mengasuransikan mobil anda agar dapat meminimalisir risiko yang mungkin bisa terjadi. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.