Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Baik & Benar?

Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Baik & Benar?

Bagi sebagian orang, terutama para pengemudi pemula, mengendarai mobil bertransmisi manual pastilah terasa sulit. Banyaknya pedal yang harus diingat dan diinjak dengan urutan tertentu biasanya akan membuat pengemudi pemula bingung dan gugup saat mengendarai mobilnya.
Alhasil, mobil bertransmisi automatic atau otomatis menjadi pilihan alternatif dan diminati oleh banyak pengemudi mobil. Pada umumnya, prinsip mengendarai mobil matic hampir sama seperti mengendarai motor matic. Hanya terdapat dua pedal yaitu gas dan rem, yang tentunya memudahkan bagi para pengemudi terutama pengemudi pemula yang baru saja belajar mengendarai mobil.
Dengan menggunakan mobil transmisi matic, saat macet Anda tidak perlu untuk terus-menerus menginjak pedal kopling dan rem, cukup dengan memindahkan gigi ke posisi N atau netral, dan Anda dapat mengistirahatkan kaki Anda. Meski terdengar lebih mudah, nyatanya untuk mengemudikan mobil matic tetap saja membutuhkan latihan.

Cara Berkendara Mobil Matic yang Benar:

1. Fokus

Salah satu hal utama yang harus Anda perhatikan ketika mengemudi mobil matic adalah Anda harus selalu fokus. Ingatlah, bahwa Anda tidak mengemudi sendirian di jalan. Selalu perhatikan sekeliling Anda dan waspada terhadap pengguna jalan yang lain. Jauhkanlah diri Anda dengan handphone atau barang-barang yang sekiranya akan mengalihkan perhatian Anda selama berkendara. Gunakanlah spion mobil untuk melihat keadaan sekeliling saat mengemudi.

2. Memahami Posisi dan Urutan Tuas Transmisi

Mobil matic sangat bergantung pada transmisi. Untuk dapat mengemudikan mobil matic dengan lancar, wajib bagi Anda untuk memahami urutan dan fungsi tuas transmisi.  Umumnya mobil matic memiliki kombinasi transmisi yaitu, P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M(+/-). Setiap simbol dari kombinasi tersebut memiliki arti yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda pula.

3. Memahami Cara Kerja Masing-Masing Tuas Transmisi

Seperti yang telah diketahui, masing-masing kombinasi transmisi memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Misalnya saja ketika Anda akan sedang memanaskan mobil, pastikan tuas transmisi berada di huruf P (Park) agar mobil Anda tidak bergerak kemana-mana. Sedangkan, apabila Anda tengah mengemudi di tengah kota dengan jalan yang lengang, posisikan tuas transmisi di huruf D atau Drive. Lalu, saat yang tepat untuk memindahkan tuas transmisi ke huruf N atau Neutral adalah di saat mobil yang Anda kemudikan berada di jalanan macet atau berhenti di lampu merah untuk waktu yang sebentar. Yang terakhir adalah Anda dapat memposisikan tuas di L atau 2 jika medan jalanan yang ditemui berupa tanjakan.
Terdapat beberapa hal yang perlu diingat dalam mengemudikan mobil bertransmisi matic, dan salah satunya yakni membiasakan menginjak pedal rem sebelum Anda memindahkan tuas transmisi ke D. Hal tersebut dilakukan agar mobil Anda tidak melaju dengan sendirinya dan ingat untuk tidak menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan, karena dapat merusak transmisi mobil matic.

4. Terus Berlatih

Jika Anda adalah pengemudi pemula yang baru saja mempelajari cara mengemudikan mobil matic, jangan pernah merasa puas dengan kemampuan yang sudah Anda miliki. Teruslah berlatih di berbagai medan jalanan seperti tanjakan, tikungan, dan turunan untuk semakin menguasai mobil matic Anda dan lebih memahami sistem kerja transmisi mobil matic.

5. Jangan Mudah Panik

Ketika mengemudikan mobil matic, ada kalanya Anda melakukan kesalahan seperti, menginjak rem dan gas secara bersamaan. Dengan begitu, langkah yang perlu Anda lakukan ketika melakukan kesalahan tersebut adalah untuk tidak merasa panik dan tetap tenang, karena panik hanya akan membuat Anda melakukan kesalahan yang sama terus menerus. Cobalah untuk tarik nafas dalam-dalam dan mulailah mengemudikan mobil Anda kembali secara teratur.
Mengemudikan mobil matic memang lebih mudah dibandingkan mobil bertransmisi manual. Meskipun begitu, latihan tetap diperlukan apalagi ketika Anda tidak terbiasa mengemudikan mobil matic. Semua itu dilakukan agar perjalanan Anda terasa lebih aman dan menyenangkan.