Begini Caranya Menghemat Biaya Perawatan Mobil

//Begini Caranya Menghemat Biaya Perawatan Mobil
By | 2018-11-21T15:29:28+00:00 November 18th, 2018|Blog|0 Comments
Begini Caranya Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Begini Caranya Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Merawat mobil memang tidak semudah merawat kendaraan roda dua. Terlebih bila Anda selalu rutin menggunakan mobil untuk berkendara jarak jauh ataupun jarak dekat. Pastinya harus selalu diperhatikan performa dan kondisi mesin mobil. Dalam hal ini, biaya yang harus dikeluarkan memang tidak sedikit.

Kali ini, akan dibagikan beberapa tips yang bisa membantu bagaimana caranya supaya bisa menghemat biaya perawatan mobil dengan efektif.

1. Jangan Pernah Menggunakan Suku Cadang Tidak Resmi

Bila Anda sebelumnya berpikir untuk menggunakan suku cadang tiruan/palsu sebagai solusi menghemat anggaran merawat kendaraan Anda, sebaiknya coba pikir ulang sekali lagi. Tidak bisa dipungkiri, memang harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Namun, ingat suku cadang yang tidak direkomendasikan dapat berpotensi merusak komponen yang ada di dalam mobil.

Bukannya mendapatkan untung, malah berujung rugi. Sebaiknya tetap gunakan suku cadang resmi atau yang direkomendasikan dan sesuai dengan mobil Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki masalah baru yang ditimbulkan saat menggunakan suku cadang abal-abal.

2. Tetap Lakukan Service Secara Berkala

Melakukan service mobil secara rutin justru akan sangat menguntungkan, karena mobil Anda tetap dalam performa yang baik dan kondisi mesin mobil tetap terawat. Apabila mobil jarang di service, besar kemungkinan akan muncul masalah-masalah lain. Bahkan, kemungkinan kondisi turun mesin bisa saja terjadi. Biaya perbaikan bila kendaraan sudah turun mesin akan sangat mahal.

Ikuti pedoman sesuai standar mengenai pemilihan oli, penggunaan bahan bakar yang tepat, pemeriksaan komponen listrik mobil, AC, serta bagian-bagian penting mulai dari filter, karburator, dll.

3. Ikut Asuransi Kendaraan

Kurangnya kesadaran dan pengetahuan akan pentingnya asuransi kendaraan membuat hampir sebagian orang tidak berminat untuk ikut program perlindungan ini. Padahal, bila terjadi sesuatu pada kendaraan Anda, pasti Anda sendiri yang merasa kerepotan dan harus beralih menggunakan sarana transportasi lain. Sudah pasti, biaya perjalanan yang dikeluarkan bisa saja lebih besar dari uang bahan bakar kendaraan. Semua tergantung jarak dari tempat Anda ke tempat tujuan.

Sebaiknya Anda juga mengasuransikan kendaraan Anda dari sekarang. Biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan saat kendaraan roda empat mengalami masalah serius akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi menghemat agar tidak terjadi pembengkakan pada biaya perawatan kendaraan roda empat kesayangan Anda. Sudah sewajarnya bila Anda harus bertanggung jawab penuh terhadap kondisi mobil Anda, bila Anda tetap rutin merawatnya, usia mobil Anda akan lebih awet dibandingkan dengan mobil yang tidak dilakukan perawatan secara berkala.