Beberapa profesi mengharuskan masyarakat untuk bekerja shift malam yang tentunya berkebalikan dengan jam kerja pada umumnya. Kerja shift malam tentunya tidak mudah, karena sistem metabolisme tubuh menjadi kacau hingga memunculkan stress. Berikut cara menjaga stamina saat kerja malam agar tetap sehat dan bugar.

1. Menjaga Pola Makan

Tubuh manusia dirancang untuk tidur di malam hari dan beraktivitas di siang hari. Namun karena tuntutan profesi, mau tidak mau Anda harus tetap terjaga di malam hari dan memanfaatkan siang hari untuk tertidur pulas. Sayangnya kondisi ini tidak hanya berdampak pada jadwal tidur saja, namun juga mempengaruhi pola makan.

Menjaga pola makan adalah tips jitu agar stamina tubuh tetap terjaga dengan mulai memastikan asupan gizi tercukupi dan tidak lupa mengkonsumsi vitamin tambahan agar kebutuhan harian terpenuhi sempurna. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan mineral harian agar tetap bugar meski harus beraktivitas di malam hari.

2. Mengatur Pola Tidur

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa begadang bukanlah kebiasaan yang baik dilakukan. Namun karena tuntutan profesi, seringkali Anda harus mengorbankan waktu tidur dan berharap akan menggantinya di lain hari. Sebaiknya ubah pemikiran tersebut, sebab tubuh akan merasakan lelah berlebih apabila tidak mendapatkan tidur berkualitas.

Oleh sebab itu, mengatur pola tidur termasuk cara menjaga stamina saat kerja malam hari. Apabila merasakan kantuk, sebaiknya jangan tunda untuk tidur dengan durasi 7 hingga 9 jam. Sebelum kantuk menyerang, sebaiknya beri jarak waktu sekitar 2 jam untuk makan dan minum agar tidur terasa nyenyak. Beri tahu kerabat atau keluarga agar tidak berisik di jam tidur Anda.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan di Tengah Pandemic COVID-19

3. Tidur Siang

Jika harus beraktivitas di malam hari, otomatis Anda harus meluangkan waktu tidur di siang harinya. Tidur siang dapat mencegah terjadinya kelelahan berlebih sekaligus meningkatkan mood. Tidur siang juga bisa menjadi cara menjaga stamina saat kerja malam. Oleh sebab itu, silahkan atur pola tidur Anda dengan maksimal demi menjaga kesehatan di masa mendatang.

Tidur siang berkualitas umumnya terjadi selama 20 menit saja . Meski durasi tidur siang cukup singkat, namun cara ini terbukti membangkitkan semangat dan mengurangi rasa lelah sebelum memulai beraktivitas kembali. Namun pastikan durasi tidur siang tidak melebihi 20 menit agar tidak merasa pusing ketika terbangun nantinya.

4. Olahraga Teratur

Jadwal pekerjaan yang padat bukanlah alasan untuk menunda berolahraga. Sebab olahraga membantu stamina tubuh tetap terjaga sekaligus menguatkan otot dan tulang Anda. Gerakan olahraga juga membantu Anda terhindar dari sakit punggung karena terlalu banyak duduk. Inilah sebabnya olahraga memegang peranan penting agar tubuh tetap sehat.

5. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan Kerja

Bekerja di malam hari membuat metabolisme tubuh menurun drastis. Kondisi ini memudahkan berbagai sumber penyakit untuk bersarang di dalam tubuh, terutama jika Anda tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kerja dengan baik. Selain menjaga tubuh tetap sehat, menjaga kebersihan lingkungan kerja membantu meningkatkan mood.

Kondisi mood secara tidak langsung berdampak pada kinerja dan pikiran Anda. Oleh sebab itu, mandilah terlebih dahulu sebelum berangkat kerja dan rapikan meja kerja Anda sebelum memulai mengerjakan semua tugas yang menumpuk. Inilah alasan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kerja termasuk cara menjaga stamina saat kerja malam.

Baca Juga: Tetap Fit Seharian, Begini Cara Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

Bekerja shift malam ternyata tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Sebab sistem metabolisme tubuh menjadi kacau, karena malam hari dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang seharusnya menjadi waktu beristirahat total. Silahkan terapkan tips di atas demi menjaga tubuh tetap sehat dan stamina terjaga setiap harinya. Serta jangan lupa menjaga diri dengan asuransi kecelakaan diri Garda Me.