Cara Dempul Mobil yang Benar dan Jenis-Jenisnya

Cara Dempul Mobil yang Benar dan Jenis-Jenisnya

Dempul mobil merupakan teknik body repair yang digunakan untuk mengembalikan kondisi body mobil yang penyok karena benturan, goresan atau baret, pengelupasan body mobil. Selain itu bisa juga untuk memperbaiki body mobil yang memiliki tekstur tidak rata akibat berbagai faktor.

Cara melakukan dempul bisa dikatakan cukup mudah, yaitu dengan cara memoles ulang pada lapisan kerangka body mobil yang mengalami penyok. Teknik ini juga dapat digunakan untuk melakukan pemolesan cat mobil yang ada di permukaan melengkung ataupun hilang.

Cara Dempul Mobil yang Benar

Secara umum, pendempulan dilakukan per panel atau full body. Meskipun terkadang body mobil yang mengalami baret hanya sebagian kecil tetapi body mobil tetap harus dilakukan pengecatan ulang full body. Hal ini dilakukan untuk menyamakan warna pada body mobil.

  1. Alat dan Bahan

Sebelum melakukan proses pendempulan, alat yang harus dipersiapkan adalah dempul yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Lalu untuk bahannya, cat dasar atau meni menggunakan dua tipe yaitu abu-abu dan basic merah. Kemudian thinner untuk mengencerkan zat perekat dan zat pewarna.

Lap atau kain microfiber, lalu tatakan rata yang digunakan untuk mencampurkan pengeras dan dempul. Kertas amplas besi serta sarung tangan dan masker.

  1. Langkah-Langkah Memulai

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan dempul mobil adalah mempersiapkan body part fiber serta kertas amplas. Pastikan bahwa permukaan body sudah bersih dari berbagai kotoran dan debu. Lalu, persiapkan tatakan rata untuk melanjutkan ke proses pencampuran.

Setelah melakukan pencampuran, dempul akan berubah warna tergantung mereknya. Biasanya berwarna kuning atau hijau dan dempul ini harus digunakan sekitar 25 menit. Tidak lupa juga untuk persiapkan alat pelindung agar debu dari fiber yang di asah tidak berantakan kemana-mana.

  1. Cara Pengolesan Dempul Pada Body Mobil

Jika langkah-langkah di atas sudah dipersiapkan, selanjutnya cara pengolesan dempul mobil pada area yang sudah benar-benar bersih. Jika masih ada area yang berkarat langsung dibersihkan menggunakan amplas atau pembersih karat.

Cek kembali bagian-bagian body yang akan didempul, apabila terdapat lekukan maka ratakan menggunakan palu khusus, misalnya hammer atau doly. Bersihkan kembali bagian yang sudah diratakan, lalu siapkan cat basic atau meni yang dicampur dengan thinner.

Kemudian cat bagian yang akan didempul menggunakan meni. Persiapkan dempul sesuai kebutuhan Anda, jangan lupa siapkan sekrap atau alat untuk meratakan. Oleskan dempul menggunakan sekrap cat tipis-tipis atau bertahap hingga merata. Tunggu beberapa saat hingga kering.

*Baca Juga: Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Terkelupas

Jika sudah kering lanjutkan dengan meratakan bagian yang sudah didempul dengan amplas sampai rata dan halus, disesuaikan dengan bentuk. Ulangi kembali pendempulan di bagian yang masih belum sesuai atau belum rata. Lanjutkan dengan membiarkannya kering, amplas lagi sampai halus dan rata. Barulah membersihkan sisa-sisa kotoran dan keringkan. Lanjutkan dengan cat mobil.

Perhatikan bahwa cara melakukan pendempulan tidak hanya memperhatikan teknik pendempulan yang benar. Tetapi pencampuran antara pengeras dan dempul juga harus dilakukan sesuai standar pabrik pembuatan dempulnya. Untuk lekukan yang rumit, Anda bisa mencampurkan sedikit pengeras sebab di bagian tersebut membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Sehingga butuh pendempulan dengan waktu pengerasan yang sedikit lebih lama pada bagian body lainnya.

Jenis-Jenis Dempul Mobil

Sebagai referensi untuk Anda agar bisa memilih jenis dempul yang tepat sebelum melakukan proses dempul mobil, yuk simak berikut penjelasannya.

  • Plamir

Dempul plamir atau epoxy putty adalah dempul yang memiliki bahan dasar epoxy resin dan amine. Untuk menggunakan dempul ini harus mencampurkannya dengan thinner. Keunggulan dari dempul ini adalah daya rekatnya yang baik dan anti karat. Kelebihan tersebut merupakan alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih dempul dengan bahan dasar air. Tetapi dempul ini juga memiliki kekurangan yaitu prosesnya yang lebih lama daripada jenis dempul lainnya.

  • Plastik

Dempul ini terbuat dari bahan dasar plastik, biasa disebut polyester putty. Penggunaan dempul ini harus di campurkan bahan plastik dan pasta agar tekstur permukaannya lebih keras. Pengaplikasian dempul plastik ini terbilang cepat daripada dempul jenis plamir. Sebab proses pengeringannya tidak membutuhkan waktu lama. Tetapi pengukuran untuk campuran antara bahan plastik dan pasta harus benar-benar ditakar dengan baik, agar menghasilkan dempulan yang mudah kering.

  • Buatan

Dempul buatan atau lacquer putty adalah dempul dengan bahan dasar campuran antara lapisan dasar dengan bubuk talc. Lapisan dasar ini terdiri dari nitrocellulose dan acrylic resin. Biasanya dempul jenis ini digunakan pada body mobil yang terdapat goresan.

*Baca Juga: Mengenal Body Repair dan Manfaatnya untuk Mobil

Sebaiknya Anda memilih jenis dempul untuk mobil dengan mempertimbangkan tipe kerusakan pada body mobil. Misalnya kerusakan karena goresan atau baret, penyok atau hanya perlu mengganti cat mobilnya saja. Tipe kerusakan tersebut memiliki karakteristik serta jenis dempul yang berbeda-beda.

Jangan lupa untuk memilih produk dempul mobil dengan daya rekat yang kuat. Kemudian pilihlah warna serupa dengan warna dasar dari body mobil atau paling tidak hampir sama. Sebagai upaya perlindungan terhadap kendaraan Anda dari kerusakan yang tidak diinginkan, gunakanlah asuransi mobil Garda Oto, sebab klaimnya mudah dan banyak benefit yang bisa didapatkan.