Cara Menghilangkan Lumut di Tembok Rumah

Indonesia yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi, terlebih saat musim hujan. Hal ini membuat pertumbuhan lumut di dinding rumah menjadi sulit dihindari.

Dimana lumut yang tetap dibiarkan tumbuh tidak hanya bisa merusak keindahan hunian, namun bisa merusak dinding rumah. Oleh karena itu, berikut cara menghilangkan lumut di tembok yang wajib anda ketahui.

1. Gunakan Air Garam

Semua orang tentunya mempunyai garam di rumah mereka, sebab bahan satu ini hampir selalu digunakan sebagai penyedap masakan. Ternyata selain dapat diandalkan untuk memberi rasa lezat, garam juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami menghilangkan lumut yang menempel pada dinding.

Caranya cukup mudah, yaitu tambahkan 3 sdm garam dapur kasar ke 2 liter air yang sudah mendidih. Lalu siram larutan garam tersebut ke arah permukaan dinding yang berlumut, selanjutnya sikat hingga lumut hilang.

Meski harus dilakukan beberapa kali, cara ini terbilang sangat mudah karena bahannya saja bisa anda temukan di dapur rumah.

2. Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan lumut di tembok selanjutnya juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring yang ada di rumah. Bahkan bahan satu ini jauh lebih efektif dibandingkan cara pada poin sebelumnya.

Penggunaan sabun cuci piring juga tidak akan membuat dinding rumah anda rusak, melainkan menjadi lebih bersih baik dari lumut maupun berbagai kotoran lain yang menempel.

Pemanfaatan sabun cuci piring ini caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu menggosokkan sabun pada permukaan tembok yang berlumut.

Kemudian bilas menggunakan air sembari terus menggosok dinding, hingga lumut yang ada berjatuhan. Setelah semua lumut tidak bersisa, pastikan tembok dibilas hingga tidak licin lagi.

Baca Juga: Empat Tips Membuat Suasana Rumah Menjadi Nyaman

3. Larutan Baking Soda

Baking soda terkenal dapat membersihkan berbagai hal, karena kandungan asam yang dimilikinya terbilang cukup tinggi. Maka dari itu, anda bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan lumut di tembok yang cukup efektif.

Anda hanya perlu menyiapkan larutan baking soda kemudian siram ke arah dinding yang berlumut sambil terus digosok.

Meski begitu, cara ini terbilang cukup riskan. Karena tidak semua dinding bisa tahan terhadap asam, bahkan dapat membuatnya terkelupas. Jika ingin menggunakan cara ini, maka anda harus melakukannya secepat mungkin.

Karena jika didiamkan terlebih dahulu, maka kandungan asam di dalam baking soda bisa merusak dinding yang ada.

4. Pemutih Baju

Pemutih baju tidak hanya dapat memutihkan baju, namun juga bisa membuat dinding rumah anda yang berwarna coklat dan dipenuhi lumut menjadi putih kembali.

Sebab pemutih baju ini memiliki kandungan yang mampu mematikan serta membuat lumut mengelupas dari dinding. Caranya cukup menggunakan perbandingan 1 : 4 antara larutan pembersih dan air bersih.

5. Cuka Putih

Selain garam, bahan dapur lainnya yang bisa anda gunakan yaitu cuka putih. Bahkan bahan satu ini sangat cocok digunakan sebagai cara menghilangkan lumut di tembok luar rumah, tembok kamar mandi, hingga bagian lantainya.

Anda hanya perlu menyiramkan cuka putih yang ada ke bagian dinding berlumut, lalu sikat dan bilas hingga bersih.

Meski begitu, cuka putih ini juga sama seperti larutan baking soda. Dimana jika anda membiarkan zat tersebut menempel terlalu lama, maka justru dapat membuang dinding keropos dan rusak.

Maka dari itu saat memilih menggunakan cara ini, anda harus melakukannya dengan cepat agar cuka tidak terlalu lama menempel di tembok.

Baca Juga: Jenis Tanaman Obat yang Bisa ditanam di Rumah

 

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan lumut di dinding rumah. Beberapa cara yang telah disebutkan tersebut memang sangat efektif, namun harus dilakukan dengan cepat karena bisa merusak dinding. Sementara beberapa lainnya sangat aman diterapkan, namun harus dilakukan beberapa kali. Sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Dengan semua penjelasan diatas pastinya membuat Anda lebih paham bagaimana menghilangkan lumut di tembok rumah. Jika rumah Anda sudah bersih dan nyaman,  jangan lupa untuk lindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home karena musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Seperti kebakaran, Anda tidak akan pernah tahu kapan itu akan terjadi. Bayangkan jika Anda sedang tidak ada dirumah dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap rumah, seperti terjadi musibah kebakaran. Si jago merah tidak akan hanya membakar harta benda, tetapi juga akan melahap struktur bangunan rumah Anda. Jika Anda melindungi rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran Rumah, pihak asuransi akan membayar ganti rugi yang timpul akibat terjadinya kebakaran.

Asuransi kebakaran rumah dibutuhkan oleh semua kalangan yang memiliki rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di tempat padat penduduk, dimana api bisa menyambar bangunan dengan lebih cepat di bangunan yang rapat. Untuk Anda yang memiliki rumah untuk disewakan Asuransi Garda Home juga menjamin rumah yang dipergunakan untuk disewakan. Premi yang ditawarkan Garda Home pun cukup terjangkau, premi mulai 98 ribu per tahun. Cukup terjangkau dibandingkan asuransi kebakaran rumah lainnya bukan? Anda bisa mendaftarnya melalui gardaoto.com. Dapatkan Diskon 15% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan untuk rumah Anda dengan Garda Home. Agar financial Anda tidak terganggu saat terjadi musibah yang tidak diinginkan #PeaceofMind