Faktor-Faktor yang Bisa Menyebabkan Kebakaran pada Mobil

By | 2020-02-13T17:26:43+00:00 13 Februari, 2020|Categories: Blog|
Faktor-Faktor yang Bisa Menyebabkan Kebakaran pada Mobil

Faktor-Faktor yang Bisa Menyebabkan Kebakaran pada Mobil

Berbagai permasalahan pada mobil seringkali membuat para pemiliknya harus mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Namun, hal ini sebanding dengan fungsionalitas mobil dibandingkan kendaraan bermotor. Dari segi keamanan dan kenyamanan pun membuat mobil lebih unggul daripada kendaraan roda dua. Meskipun aman, bukan berarti bukan tidak akan terkena masalah.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana menghindari terjadinya kebakaran pada mobil. Penyebab mobil terbakar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Terkadang, bagi sebagian orang kesalahan tersebut dipandang sebelah mata alias tidak terlalu ditanggapi dengan serius. Padahal, jika lengah sedikit saja, ada kemungkinan hal tersebut dapat membahayakan keselamatan Anda dan para penumpang. Nah, untuk mengetahui penyebab mobil terbakar tidaklah sulit. Ada 3 penyebab utama atau internal terjadinya kebakaran pada mobil. Kenali dan pelajari hal tersebut untuk menghindari jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya. Berikut hal-hal yang menyebabkan mobil bisa terbakar.

1. Kebocoran Bahan Bakar dan Oli

Di setiap kendaraan pasti memiliki bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan tersebut. Bahan bakar tersebut seperti oli, bensin, solar bahkan cairan pendingin. Semua cairan atau bahan bakar tersebut akan mudah terbakar jika saluran selang dan tangki mengalami kebocoran.

Kebocoran pada saluran bahan bakar menjadi penyebab banyaknya insiden kebakaran pada mobil. Dalam suhu sekitar 7.2° c atau percikan kecil saja yang berasal dari mesin akan menyebabkan mobil mudah terbawa ketika saluran bahan bakar mengalami kebocoran.  Sebelum hal buruk tersebut terjadi, maka Anda harus mengenali dan mencegahnya.

Cara terbaik untuk mencegah hal tersebut adalah dengan merawat saluran sistem sirkulasi pada bahan bakar dan oli. Selain itu jika Anda mencium bau bahan bakar di sekitar mesin segara cari tau penyebabnya dan segera perbaiki kerusakan tersebut.

2. Kerusakan Listrik

Penyebab mobil terbakar pada urutan kedua adalah terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan. Aki mobil yang bermasalah dapat menyebabkan timbunan gas hidrogen pada ruang mesin yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

Gas tersebut akan bocor jika terdapat kerusakan pada kabel aki. Percikan api pada gas akan dengan mudah menyebabkan kebakaran.

Kebakaran pada sistem kelistrikan tentu akan membawa dampak yang fatal. Pasalnya sistem kelistrikan tidak hanya berada di kap mobil saja. Hampir semua komponen dan bagian di mobil menggunakan sistem kelistrikan.

3. Mesin Mengalami Over Heat

Mesin yang kepanasan akibat pemakaian yang berlebihan juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil. Panasnya mesin mobil akan menyebabkan kebocoran pada saluran oli. Jika saluran oli bocor dan menetes ke bagian yang bisa memetik api tentu ini akan memicu kebakaran pada mesin mobil. Nah, saat terjadi kondisi over heat biasanya disebabkan oleh kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna.

Itulah beberapa faktor internal penyebab mobil terbakar. Sementara untuk faktor eksternal seperti kecelakaan atau perbuatan manusia itu sendiri yang menjadi penyebab mobil terbakar. dasarnya mobil terbakar bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. Hal itu tertuang dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia pasal 1 mengenai Jaminan terhadap Kendaraan Bermotor. Namun, pihak asuransi tidak serta-merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebabnya. Mengacu kepada aturan tersebut, kebakaran bisa ditanggung asuransi karena beberapa sebab berikut. Pertama akibat benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan kendaraan bermotor. Juga kebakaran yang diakibatkan oleh sambaran petir. Termasuk yang akan diganti adalah pemusnahan seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran itu.

Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor pasal 3 no 2 disebutkan, pertanggungan (asuransi) tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan kendaraan bermotor atau biaya yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari ditimbulkannya hal berikut ini:

  • barang dan atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut oleh Kendaraan Bermotor.
  • zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam Kendaraan Bermotor kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin Polis.

Untuk itu jika kendaraan Anda terbakar dan Anda ingin mengklaimnya, Anda dapat menghubungi Garda Akses 1 500 112 yang dapat membantu 24 jam ataupun mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat.

 

 

08:00 - 17:00