Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Anda Ketahui

By | 2018-12-31T11:13:16+00:00 31 Desember, 2018|Categories: Blog|
Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Faktor keselamatan merupakan hal yang sangat penting diperhatikan baik oleh produsen mobil maupun konsumen sebagai pengguna. Sebuah mobil akan selalu dilengkapi oleh berbagai fitur keselamatan oleh produsen. Sementara konsumen wajib mengenali dan merawat fitur-fitur tersebut agar mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

Seiring perkembanganya, produsen mobil makin meningkatkan fitur keselamatan pada setiap produk mereka. Namun, apakah Anda sebagai pemilik kendaraan juga sudah memperbarui pengetahuan tentang fitur ini dengan baik? Berikut fitur-fitur penunjang keselamatan berkendara yang perlu diketahui;

  1. Sabuk Pengaman (Safety Belt)
    Sabuk pengaman menjadi fitur keselamatan mendasar pada sebuah mobil dengan tujuan agar pengemudi tidak membentur dashboard dan kemudi saat terjadi tabrakan. Saat ini, Safety Belt yang juga sudah bisa diatur kenyamananna ini tak hanya diberikan di bangku depan saja, penumpang baris kedua dan ketiga kini juga diberikan fitur serupa.
  1. Airbag
    Airbag alias kantung udara juga menjadi fitur keselamatan yang semakin umum ditemukan dalam sebuah mobil. Kini airbag yang bekerja terhadap kecepatan dan kondisi tabrakan tertentu ini sudah memiliki lebih banyak varian antara lain SRS (Supplemental Restraint System) Airbag  dan Curtain (Sideways) Airbag demi melindungi penumpang terhadap benturan dari berbagai arah.
  1. Anti-Lock Braking System (ABS)
    Pengereman mendadak seringkali menyebabkan roda terkunci dan laju mobil jadi tak terkendali. Menghindari hal ini, mobil banyak yang sudah menerapkan fitur ABS  yang membantu pengemudi saat pengereman mendadak terjadi.
  1. Electronic Brake force Distribution (EBD)
    Sistem EBD ini umumnya terpaket bersama ABS yang memiliki fungsi menyalurkan daya pengereman yang setara pada tiap ban dalam kondisi tertentu. Ketika Anda perlu mengerem mendadak dengan jarak pengereman yang pendek, EBD dapat menyalurkan tekanan rem pada seluruh roda agar pengereman menjadi optimal.
  1. Electronic Stability Control (ESC)
    Fitur keselamatan ini dapat membantu pengemudi ketika kendaraan menjadi hilang kendali. Sensor eletronik yang ada pada mobil memungkinkan sistem ini untuk mengontrol mobil agar kembali melaju pada jalurnya. Istilah yang digunakan produsen untuk sistem ini berbeda-beda misalnya
  • Active Stability Control
  • Dynamic Stability Control
  • Electronic Stability Program
  1. Autonomous Emergency Braking (AEB)
    Fitur ini memungkinkan mobil mendeteksi kecepatan kendaraan lain yang ada di depannya. Ketika kendaraan itu dinilai terlalu dekat ataupun terlalu pelan, otomatis mobil Anda akan akan menurunkan kecepatannya hingga jarak aman tercapai. Fitur keselamatan in sangat berguna di jalan tol.
  1. Blind Spot Monitoring (BSM)
    Fungsi dari sistem ini adalah untuk memastikan tak ada kendaraan lain yang muncul dari blind spot ketika Anda ingin pindah jalur. Sistem yang bekerja berdasarkan sensor ini dapat memberikan peringatan ketika ada kendaraan melaju dari titik blind spot mobil Anda, utamanya saat di jalan tol.
  1. Crumple Zone
    Bagian kendar aan yang sengaja didesain agar lebih lemah dibanding bagian lainnya agar gaya yang muncul dari benturan maupun tabrakan dapat diserap oleh bagian itu. Ketika gaya benturan terserap, maka penumpang yang ada di dalam kabin menjadi lebih aman karena benturan telah terserap.

Demikianlah beberapa fitur keselamatan mobil yang umum diterapkan dalam produk mobil masa kini. Perlu diketahui bahwa tidak semua kendaraan di Indonesia punya fitur keselamatan lengkap. Sayangnya, fitur keselamatan kendaraan di Indonesia masih bersifat opsional sehingga tidak semua kendaraan dilengkapi oleh fitur tersebut.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan keamanan dalam berkendara adalah dengan mengikuti program asuransi. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.