Fungsi Bumper Mobil Depan & Belakang yang Sesungguhnya

Fungsi Bumper Mobil Depan & Belakang yang Sesungguhnya

Mobil memiliki cukup banyak komponen yang bersinergi untuk membuat mobil tersebut memiliki performa yang bagus. Salah satu komponen yang sangat penting adalah bumper mobil yang mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa fungsinya.

Mungkin bagian ini cukup sering terlihat, tetapi tidak tahu apa namanya dan fungsinya. Berikut akan dijelaskan mengenai apa itu bumper mobil dan fungsinya.

Apa itu Bumper Mobil?

Bumper merupakan salah satu komponen mobil yang dipasang di bagian belakang dan depan mobil. Pada sistem kerja mobil, bumper memiliki peran yang sangat penting apalagi dalam hal faktor keselamatan.

Secara umum, bumper mobil dipasang di bagian depan dan belakang mobil sebagai peredam ketika terjadi benturan. Dengan begitu maka pengendara akan merasa aman selama berkendara di mobil.

Komponen ini juga memiliki desain yang cukup beragam. Bahkan bumper juga dapat di desain dan dimodifikasi menjadi lebih sporty. Jadi selain faktor keamanan, bumper juga sangat dipertimbangkan secara visual karena dapat membuat penampilan mobil secara keseluruhan menjadi lebih elegan dan stylish.

Fungsi Bumper Mobil

Setelah mengetahui apa itu bumper mobil, selanjutnya yaitu mengetahui fungsi dari komponen ini. Apa sajakah fungsinya? Berikut penjelasannya.

1.     Peredam Benturan

Saat terjadi tabrakan pada mobil di sisi depan maupun belakang, bumper di sini berperan sebagai peredam benturan dengan cara menyerap energi. Energi yang ditimbulkan kemudian diteruskan ke crumple zone sehingga dapat diminimalisir.

Kejadian semacam ini bisa terjadi kapan saja. Apalagi jika mobil menabrak pejalan kaki yang risikonya lebih berbahaya bagi yang ditabrak. Saat ini bumper mobil sudah dilengkapi dengan bantalan karet sehingga ketika terjadi menabrak pejalan kaki, dapat meminimalisir cedera serius.

2.     Mengurangi Kerusakan Karena Tabrakan Kecil

Meskipun terjadi tabrakan kecil sekalipun, tetap bisa menyebabkan kerusakan pada mobil. Apalagi jika bahan bumper yang digunakan tidak terbuat dari karet.

Untuk meminimalisir kerusakan karena tabrakan kecil pada mobil, dipasanglah bumper mobil. Namun saat ini bumper mobil banyak yang dibuat dari karet dengan teknologi yang lebih modern. Dengan begitu maka risiko kerusakan akibat tabrakan kecil juga bisa dikurangi.

3.     Melindungi Mesin dan Tangki Mobil

Baik bumper mobil bagian depan maupun belakang, keduanya sama-sama memiliki fungsi yang penting. Komponen ini dapat melindungi mesin dan tangki mobil.

*Baca Juga: Cara Mendiagnosa Kerusakan Pada Mesin Mobil

Jadi dengan adanya bumper mobil maka benturan yang terjadi pada mobil tidak langsung menghancurkan kan bagian tangki dan mesin. Meskipun demikian, Hal ini juga tergantung dengan seberapa kerasnya benturan yang terjadi.

4.     Untuk Melindungi Penumpang

Tidak hanya pengendara saja yang merasa aman selama berkendara, penumpang juga akan lebih aman karena keberadaan bumper mobil. Bagian ini dapat melindungi penumpang dengan cara mengurangi dampak akibat tabrakan atau benturan keras ketika kecelakaan.

Namun penumpang tetap diimbau untuk menggunakan seat belt. Karena ini merupakan sistem keamanan yang wajib digunakan saat naik mobil.

5.     Memberi Dukungan Aerodinamis

Pemasangan bumper mobil di sisi depan dan belakang mobil bisa membuat desain mobil menjadi lebih bagus. Sementara itu, desain mobil yang bagus juga dapat memberikan dukungan aerodinamis sehingga lebih optimal.

Perlu diketahui bahwa bagian sisi bumper mobil yang terlihat dilipat pada bagian belakang bisa menjaga downforce menjadi lebih baik. Hal ini ternyata memberikan keuntungan Yaitu dapat membuat mobil menjadi lebih stabil.

6.     Rumah Sensor Parkir

Saat ini perkembangan teknologi khususnya dalam dunia otomotif semakin dapat dirasakan. Salah satunya yaitu adanya sensor parkir. Sensor parkir berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi mengenai Seberapa jauh jarak mobil dengan benda di sekitarnya saat sedang parkir.

Biasanya, sensor parkir ini dipasang di bagian bumper mobil bagian belakang. Ini menjadi salah satu fungsi dari bumper mobil.

7.     Rumah Lampu Kabut

Ternyata bumper mobil juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk memasang lampu kabut. Lampu kabut ini memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk memberikan pencahayaan yang baik ketika kondisi jalan sedang berkabut atau hujan.

Dengan adanya lampu kabut, maka pengemudi akan lebih aman saat berkendara. Lampu kabut ini dipasang di bagian bumper mobil, sehingga dapat dikatakan bahwa gambar mobil merupakan rumah lampu kabut.

8.     Sebagai Standar Keamanan

Ada saatnya kemungkinan terjadi insiden kecelakaan saat di tempat parkir atau jalan raya. Dalam hal ini, bumper mobil menjadi salah satu standar keamanan atau indikator keamanan mobil.

Bumper mobil umumnya dibuat dari aluminium karet atau baja sehingga kerusakan parah pun dapat dicegah. Jadi dalam hal ini, bumper mobil memang menjadi salah satu standar keamanan pada mobil.

9.     Mobil Lebih Stylish

Perlu diketahui bahwa bumper mobil tidak hanya berfungsi untuk sisi keamanan saja. Saat ini banyak sekali modifikasi dari bumper. Ternyata bumper juga dapat meningkatkan tampilan body mobil menjadi tampak stylish dan elegan.

Kenyataannya, banyak orang yang melakukan modifikasi bumper mobil sesuai dengan karakteristik mobilnya. Karena komponen ini merupakan salah satu bagian yang terlihat dari luar, tidak ada salahnya untuk membuat bumper mobil tampak lebih bagus.

*Baca Juga: Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak

Itulah beberapa fungsi bumper mobil depan dan belakang yang sesungguhnya. Kerusakan bumper bisa diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya dengan kecelakaan yang tentu tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu lindungi mobil Anda dengan asuransi Garda Oto. Dengan Garda Oto Anda dapat memilih paket asuransi Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive yang memberikan jaminan kerugian pada mobil.