Ganti Oli Mobil Berapa KM? Berapa Bulan Sekali Sebaiknya?

Ganti Oli Mobil Berapa KM? Berapa Bulan Sekali Sebaiknya?

Untuk Anda yang baru memiliki sebuah kendaraan mobil, sangat penting untuk mengetahui kapan sebaiknya ganti oli mobil. Oli mobil merupakan bagian mobil yang harus diperhatikan dengan baik agar supaya kinerja setiap komponen mobil bisa menjadi ringan dan bekerja secara optimal.

Biasanya ada patokan khusus untuk mengganti oli mobil seperti ketika sudah mencapai jarak beberapa kilometer atau saat sudah tak diganti jangka waktu beberapa bulan lamanya.

Ketahui Aturan Untuk Ganti Oli Mobil Sesuai Kilometer yang Dicapai

Ganti oli memang menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Setidaknya ada 2 indikator yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil. Yaitu dengan memakai hitungan kilometer atau bulan yang sudah dilalui oleh kendaraan mobil tersebut.

Oli mobil wajib diganti secara rutin, karena kualitas oli akan berkurang seiring dengan penggunaannya. Oli mesin mobil memiliki peranan penting dalam mencegah korosi pada komponen mesin mobil sekaligus membersihkan sisa pembakaran yang ada pada mesin. Lalu, membantu meredakan panas, menyerap getaran serta membantu meredam gaya gesek yang terjadi antara komponen mesin mobil.

*Baca Juga: Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan Agar Tidak Keliru

Oli mobil sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu oli mesin, oli transmisi pada persneling dan oli gardan mobil. Ketiga jenis oli tersebut wajib kamu ganti secara rutin agar kinerja mesin menjadi optimal. Namun, untuk oli mesin harus sering diganti, karena memiliki peranan penting sebagai pelumas mesin.

Berikut adalah ketentuan ganti oli mobil sesuai dengan kilometer yang dilalui.

  1. Sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada buku manual, kendaraan mobil yang sudah mencapai jarak 10.000 km harus dilakukan penggantian oli untuk pertama kalinya. Adapun untuk jarak tempuh sekian, umumnya dicapai oleh kendaraan setidaknya setiap 6 bulan sekali.
  2. Atau bisa juga dengan mengamati jenis oli yang digunakan, angka kilometer 10.000 km harus dilakukan penggantian oli jika mobil menggunakan oli full sintetik. Sedangkan jika kendaraan mobil menggunakan campuran mineral maka harus dilakukan setiap sudah mencapai jarak setiap 5000 km.
  3. Dengan memperhatikan angka running engine hours, yaitu angka km yang disebutkan pada buku manual kendaraan mobil jika kendaraan dikendarai secara wajar. Berbeda halnya jika kendaraan memiliki kondisi jarang atau sering melewati medan jalan offroad, tanjakan atau melintasi jalur macet tentunya kapan waktunya harus mengganti oli menjadi berbeda.
  4. Mengganti oli juga memiliki cara yang berbeda khusus untuk kendaraan mobil yang sering digunakan dengan yang tak sering digunakan. Pada kendaraan mobil yang tak sering digunakan, penggantian oli bisa dilakukan ketika sudah mencapai angka 10 ribu kilometer. Sedangkan untuk kendaraan yang termasuk sering dikendarai maka penggantian oli harus dilakukan setiap mencapai jarak 5 ribu kilometer.

Kenali Tanda Khusus yang Menunjukkan Kendaraan Mobil Butuh Penggantian Oli Mesin

Memang ada beberapa masalah yang bisa muncul jika penggantian oli dilakukan tak sesuai dengan jadwal yang seharusnya. Seperti, misalnya munculnya bunyi dari arah mesin yang terjadi karena adanya gesekan antar komponen mesin dan pelumasan oli sudah menurun kemampuannya, sehingga pengemudi merasa kinerja mesin lebih berat. Dibawah ini ada beberapa tanda khusus yang bisa dikenali dari sebuah kendaraan yang membutuhkan penggantian oli secepatnya, yaitu :

  1. Suara mesin kendaraan terdengar lebih bising dan berisik

Jika pelumasan oli terjadi tidak dengan maksimal karena oli yang digunakan sudah tak berkualitas, maka hal itu bisa menyebabkan terjadinya gesekan antar komponen mesin sehingga muncul bunyi yang berisik dari mesin mobil. Jika Anda membiarkannya, maka resiko berikutnya adalah terjadi kerusakan komponen mobil yang mengalami aus atau korosi.

  1. Kondisi mobil yang bergetar meski dalam keadaan diam

Tanda berikutnya adalah ketika mobil dalam kondisi diam, kendaraan justru bergetar. Padahal dalam kondisi normal, dalam keadaan mobil diam seharusnya kendaraan juga diam tak bergetar. Terjadinya gesekan yang meningkat tajam pada mesin menjadi tanda harus segera dilakukan penggantian oli mobil.

  1. Keluarnya asap kendaraan yang berlebihan

Tanda yang selanjutnya adalah dimana asap kendaraan keluar secara berlebihan. Pada kondisi ini umumnya asap knalpot yang keluar secara berlebihan memberikan tanda bahwa oli yang dipakai sudah tak berkualitas untuk memberikan pelumasan maksimal pada komponen mesin mobil. Atau bisa juga menjadi tanda adanya masalah pada mesin terutama pada bagian gasket yang mengalami keretakan.

  1. Warna cairan oli hitam pekat

Anda juga bisa mengecek kondisi fisik dari cairan oli mobil untuk mengetahui kualitasnya secara langsung. Warna cairan oli yang sudah berubah menjadi warna hitam pekat, menjadi tanda oli sudah tak berkualitas dan harus segera diganti dengan yang baru. Oli mobil yang masih bagus biasanya memiliki warna kuning bening dengan fungsi yang sangat bagus untuk menjadi pelumas mesin kendaraan mobil.

  1. Cek lampu indikator mobil

Ciri yang berikutnya adalah ketika lampu indikator oli pada dashboard mobil menyala. Lampu tersebut memang didesain untuk menyala sebagai indikator dari kualitas oli yang harus dilakukan penggantian, karena sudah berkurang kualitasnya. Lampu indicator ini jarang orang lihat, karena belum banyak tahu.

Itulah beberapa hal penting seputar ganti oli mobil sesuai ketentuan yang berlaku. Sangat disarankan merawat mobil secara rutin, agar kendaraan menjadi lebih awet untuk digunakan saat diperjalanan. Oleh karena itu, menggunakan asuransi mobil adalah hal yang wajib dilakukan agar mobil lebih terjamin.

*Baca Juga: Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

Anda bisa menggunakan asuransi mobil Garda Oto. Asuransi ini menawarkan proteksi berupa Total Loss Only untuk menjamin kerugian/kerusakan dengan biaya perbaikan ≥ 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan mobil akibat pencurian. Atau Comprehensive yang menjamin /kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis, termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.

Apabila Anda membutuhkan pertanyaan seputar asuransi mobil, bisa menghubungi 1 500 112. Kami senantiasa membantu Anda untuk mendapatkan asuransi terbaik pada mobil kesayangan Anda.