Jangan Sembarang! Yuk Ketahui Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal Disini

Jangan Sembarang! Yuk Ketahui Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal Disini

Mungkin terdapat sebagian orang yang tak terlalu memperdulikan tekanan angin ban pada kendaraan kesayangannya. Padahal bila tekanan angin pada ban tidak sesuai baik itu berlebihan atau kurang, akan mengganggu performa dan akselerasinya. Bahkan permasalahan tekanan angin ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Lantas apa ukuran angin ban mobil yang ideal?

Tekanan Angin yang Disarankan

Sejatinya, satuan yang paling umum digunakan tiap kali mengukur tekanan angin pada ban mobil yakni Psi. Sementara di Indonesia sendiri, tekanan angin yang paling ideal berkisar antara 28 hingga 33 Psi. Bila dilihat dari tekanan ideal tersebut memang tak terlalu jauh rentangnya, sehingga bisa disimpulkan bisa setiap kendaraan roda empat akan memiliki tekanan angin yang hampir sama.

Akan tetapi, anda tetap perlu mengetahui tekanan angin berapakah yang sesuai dengan tipe mobil serta ban yang digunakan. Lazimnya, tekanan anginĀ  ban pada kendaraan roda empat jenis biasa sekitar antara 28 hingga 30 Psi. Sementara mobil jenis MPV, hendaknya menggunakan tekanan angin yang sesuai standarnya yakni berkisar 30 hingga 32 Psi.

Tak hanya berdasarkan jenisnya saja, terkadang ukuran angin ban mobil disesuaikan dengan faktor medan atau perjalanan yang akan dilalui, dan berat muatan yang dibawa. Misalnya saja, kendaraan roda empat jenis Toyota Avanza yang biasanya cukup gunakan tekanan standar berkisar 30 Psi. Dimana tekanan tersebut biasanya digunakan untuk mengangkut muatan sedang dan perjalanan sedang.

Bila anda kebingungan standar angin pada ban kendaraan kesayangan, tak perlu khawatir karena lazimnya keterangan mengenai hal ini akan tertera pada bagian dinding ban. Adanya keterangan pada dinding ban ini nantinya akan membantu anda, tatkala mengisi tekanan angin yang sesuai standarnya dan tidak melebihi tekanan maksimal ataupun kekurangan.

Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil yang Benar

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bila tekanan angin pada setiap mobil tidak bisa disamakan satu sama lain. Agar bisa mengetahui secara pasti berapakah ukuran angin ban mobil yang sesuai, cobalah untuk mencermati informasi tekanan ban atau Tire Loading Information yang lazimnya berada di frame pilar pintu depan kanan mobil (pintu pengemudi).

Caranya yakni bukalah pintu kanan depan bagian pengemudi, lalu cari informasi tersebut yang terdapat pada sebelah kanan bawah jok pengemudi. Pada area tersebut, nantinya anda akan menjumpai stiker kotak bertuliskan informasi mengenai tekanan ban. Bila anda tak bisa menemukan informasi tersebut, cobalah membawa kendaraan kesayangan ke bengkel terdekat.

Cara mengukur tekanan ban pada kendaraan kesayangan ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, bila angin pada ban terlalu banyak maka akan berpengaruh pada performa ketika pengereman dikala melalui jalan yang basah ataupun licin. Bahkan ukuran angin ban mobil yang terlalu berlebihan ini pun dapat menyebabkan ban mobil selip sehingga terjadi kecelakaan.

Kondisi dimana tekanan angin ban lebih ataupun kurang sangatlah perlu diperhatikan. Lantaran demi kenyamanan dan performa kendaraan kesayangan. Maka dari itu, alangkah baiknya bila anda selalu memeriksanya setiap kali akan melakukan perjalanan baik itu dekat maupun jauh. Perhatikan pula standar pengisian angin yang sesuai dengan pabrikan kendaraan.

Nah, itulah cara mengukur tekanan ban pada kendaraan, dengan Anda memperhatikan tekanan ban membantu Anda berkendara dengan nyaman dan aman. Selain itu jangan lupa mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda. #PeaceofMind