Kenali Ciri-Ciri Shockbreaker Mobil yang Harus Segera Diganti

//Kenali Ciri-Ciri Shockbreaker Mobil yang Harus Segera Diganti
By | 2019-04-12T11:45:23+00:00 April 12th, 2019|Blog|0 Comments

 

Ban Shockbreaker Asuransi Astra

Kenali Ciri-Ciri Shockbreaker Mobil yang Harus Segera Diganti

Salah satu komponen terpenting pada mobil adalah bagian suspensi yang terdiri dari dua komponen utama yaitu shockbreaker atau shock absorber. Shockbreaker mobil perlu Anda perhatikan secara teliti dan perlu dilakukan pergantian bila sudah mengalami masalah yang serius.

 

Shockbreaker ini berfungsi sebagai peredam guncangan, sehingga kerja maksimal dari shockbreaker ini akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Meskipun jalan yang dilalui memiliki tekstur yang tidak rata, pengendara tidak akan merasakan guncangan tersebut bila shockbreaker pada mobilnya mampu bekerja dengan maksimal. Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus segera melakukan pergantian pada shockbreaker mobil Anda.

 

  1. Ayunan yang Berlebihan

Ketika Anda merasakan mobil Anda berayun lebih lembut dari biasanya, khususnya ketika melakukan belokan di sebuah tikungan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke posisi stabil, maka bisa dipastikan performa shockbreaker Anda sedang tidak maksimal dan butuh diganti.

Bila Anda membiarkan hal ini terjadi, maka Anda akan membahayakan diri Anda sendiri. Pasalnya Anda tidak akan bisa mengontrol gerak mobil Anda secara maksimal dan kemungkinan terparahnya adalah kecelakaan.

  1. Suara Berisik

Suara berisik pada shockbreaker menandakan bahwa kondisi shockbreaker Anda sudah tidak berfungsi maksimal lagi, sehingga Anda perlu untuk mengganti dengan yang baru.

  1. Mobil Tidak Seimbang

Anda bisa mengecek hal ini dengan meletakkan mobil Anda di tempat yang rata, kemudian perhatikan jarak antara ban dan sepatbor roda mobil. Bila Anda melihat setiap roda memiliki jarak yang berbeda dengan sepatbor, maka kemungkinan salah satu shockbreaker Anda tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu segera melakukan pergantian pada komponen suspensi ini, karena akan berbahaya bila Anda membiarkan hal ini terus terjadi dalam waktu yang lama.

  1. Bocornya Oli Shockbreaker

Alasan perlunya mengganti shockbreaker pada mobil adalah adanya kebocoran, di mana kebocoran pada shockbreaker ini akan membuatnya bekerja tidak maksimal. Dengan adanya kebocoran ini, Anda perlu melakukan penyetelan ulang dan tentu menghabiskan biaya yang cukup besar dan akan lebih efisien bila Anda segera mengganti shockbreaker lama Anda dengan yang baru.

  1. Ban Aus yang Tidak Merata

Bila Anda melihat ban Anda aus di salah satu bagian saja, di mana hal ini menandakan bahwa kondisi shockbreaker Anda tidak bekerja lagi dan juga menandakan bahwa shockbreaker tersebut telah mengalami kerusakan untuk waktu yang lama.

 

Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa Anda kenali jika shockbreaker mobil Anda rusak. Selalu perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada mobil, agar Anda selalu berkendara dengan nyaman dan aman.