Kenali Jenis-Jenis Kode Plat Nomor Kendaraan Beserta Asalnya

Kenali Jenis-Jenis Kode Plat Nomor Kendaraan Beserta Asalnya

Setiap kendaraan yang berlalu lalang di jalanan di Indonesia pasti memiliki suatu nomor seri unik yang disebut plat nomor. Sebuah kendaraan yang telah memiliki plat nomor atau nomor polisi berarti telah terdaftar secara resmi.

Deretan nomor tersebut menyimpan informasi tersendiri mengenai sebuah kendaraan dan pemiliknya. Uniknya, masing-masing daerah memiliki kode plat nomor tersendiri. Nah, kira-kira bagaimana kah maksud dari masing-masing kode tersebut?

Kode Plat Nomor

Jika Anda memperhatikan setiap kendaraan memiliki kode plat yang berbeda-beda, terutama bagian awal dan akhir. Tahukah Anda jika masing-masing kode memiliki arti tersendiri? Untuk lebih jelasnya, simak terus ulasan berikut:

1.       Abjad Pertama

Pada plat nomor, huruf pertama yang tertera melambangkan daerah asal kendaraan tersebut. Setiap daerah memiliki huruf yang berbeda. Hal tersebut dilakukan agar mudah mengidentifikasi asal suatu kendaraan.

2.      Abjad Kedua

Setelah Nomor Nomor polisi pada sebuah kendaraan biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Urutan yang biasanya ditemui yakni huruf, angka dan huruf. Kode huruf ke dua, setelah angka umumnya melambangkan jenis kendaraan berdasarkan golongan.

Misalnya huruf A berarti kendaraan tersebut berjenis sedan atau pick up. Namun, kode ini hanya berlaku pada kendaraan roda empat atau lebih, sedangkan untuk sepeda motor yang bisa diketahui hanyalah asal sepeda motor tersebut.

3.      Angka

Rentetan angka pada plat nomor menandakan nomor urut suatu kendaraan. Biasanya rentetan empat angka ini diletakan setelah kode asal kendaraan tersebut. Terdapat beberapa arti dari rentetan angka tersebut misalnya angka 1-2999 artinya kendaraan tersebut memiliki penumpang.

Sementara 8000-8999 diperuntukan kendaraan penumpang atau barang. Sepeda motor sendiri memiliki kode angka 3000-6999, sedangkan bus yakni 7000-7999. Untuk kendaraan truk atau pengangkut barang kode angka yang tersedia adalah 9000-9999.

Daftar Plat Nomor Beserta Asalnya

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, masing-masing plat nomor memiliki kode yang merupakan informasi tentang kendaraan tersebut. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis kode plat nomor sesuai dengan daerah asal kendaraan. Beberapa daftar plat nomor tersebut yakni:

  1. BL         : Nanggroe Aceh Darussalam
  2. BB        : Sumatera Utara Bagian Barat
  3. BK        : Sumatera Utara Bagian Timur
  4. BA        : Sumatera Barat
  5. BM       : Riau
  6. BH        : Jambi
  7. BD        : Bengkulu
  8. BP        : Kepulauan Riau
  9. BG        : Sumatera Selatan
  10. BN        : Kepulauan Bangka Belitung
  11. BE        : Lampung
  12. B          : DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi
  13. D          : Bandung dan Cimahi
  14. H          : Kabupaten dan Kota Semarang
  15. AB        : Yogyakarta
  16. AD        : Surakarta, Klaten, Wonogiri
  17. L           : Surabaya
  18. N          : Malang dan Probolinggo
  19. DK        : Bali
  20. DR        : NTB 1
  21. EA        : NTB 2
  22. DH       : NTT 1
  23. NT        : NTT 2
  24. NB        : NTT 3
  25. A          : Banten
  26. F           : Bogor

Contohnya bisa diambil dari penjelasan berikut:

Bagi mereka yang tinggal di Jakarta pasti sudah tidak asing bila melihat kendaraan dengan plat B. Kode tersebut diperuntukkan untuk plat kendaraan mobil, motor, truk, bis, ataupun transportasi kendaraan umum lainnya yang ada di JaDeTaBek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Untuk Bogor menggunakan kode F.

Plat nomor kendaraan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Hal tersebut dikarenakan plat nomor berfungsi sebagai legalitas suatu kendaraan. Tanpa plat nomor, suatu kendaraan bisa dikatakan tidak legal atau resmi secara hukum.

Itulah penjelasan terkait plat nomor kendaraan. Selain mengetahui plat nomor kendaraan dari berbagai daerah, perhatikan juga kemanan dan kenyaman selama berkendara. Untuk keamanan dan kenyamanan selama berkendara, tak ada salahnya untuk menggunakan Asuransi mobil. Saat ini sudah banyak jenis Asuransi mobil yang dapat dipilih. Garda Oto bisa menjadi solusi tepat sebagai asuransi kendaraan Anda. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda kapanpun dan dimanapun.

Jika menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi kenyamanan Anda selama 24 jam.

Sekarang mendaftar Asuransi mobil Garda Oto semakin mudah, anda tidak perlu beranjak dari tempat Anda, cukup dengan mengunjungi www.gardaoto.com melalui smartphone atau komputer pribadi (PC) Anda, Anda sudah dapat merasakan mudahnya berasuransi di Garda Oto dengan berbagai macam fitur layanan yang semakin mempermudah Anda. #PeaceofMind