Lampu LED Mobil: Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya

Lampu LED Mobil: Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya

Lampu LED Mobil merupakan salah satu komponen penting untuk membantu penerangan mobil terutama ketika malam hari. Lampu LED atau Light Emitting Diodes merupakan lampu yang digunakan di beberapa bagian mobil seperti pada bagian headlamp, rem dan plat nomor mobil.

LED memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan lampu jenis lain yaitu memiliki ketahanan lebih baik dan cahaya yang lebih terang sehingga banyak orang yang lebih memilih jenis ini. Selain itu dari segi daya yang digunakan juga jauh lebih irit dan juga lebih ramah lingkungan.

Lampu jenis LED dibuat dari bahan semikonduktor yang memiliki berbagai jenis warna tergantung bahan yang digunakan. Selain itu, lampu ini juga bisa memunculkan cahaya yang tidak terlihat seperti inframerah yang banyak digunakan pada remote control TV.

*Baca Juga: Awas Salah, Ini Perbedaan Lampu HID dan LED Pada Mobil

Selain itu lampu jenis ini juga mudah dipasang di berbagai perangkat elektronik dan tidak memerlukan filamen seperti pada jenis lampu pijar yang bisa menimbulkan hawa panas. Maka dari itu lampu banyak digunakan untuk produk elektronik seperti TV, smartphone dan lain sebagainya.

Di bidang otomotif lampu LED juga banyak digunakan seperti contoh pada mobil. Lampu LED mobil menjadi sumber penerangan ketika malam hari dan juga hujan lebat yang bisa mengganggu pandangan pengemudi mobil.

Jenis-Jenis Lampu LED Mobil

Semakin maju perkembangan teknologi membuat lampu LED juga berkembang dan banyak digunakan di berbagai perangkat elektronik terbaru. Lampu yang dibuat dengan bahan semikonduktor ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan lampu pijar.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis lampu LED, berikut tujuh jenis LED yang diantaranya meliputi:

1. LED T10

Jenis lampu ini banyak digunakan di berbagai jenis mobil yang biasanya dijadikan lampu senja, lampu indikator panel dashboard, lampu sein dan lampu plat nomor. Jenis lampu ini juga memiliki beberapa mata lampu pilihan yang dimulai dari 1 mata lampu hingga 21 mata lampu.

2. LED T20

Jenis lampu ini biasanya dipakai untuk lampu mundur, sein dan rem. Untuk jenis lampu ini hampir sama dengan LED T10 hanya saja lebih sering digunakan untuk pada mobil keluaran Eropa.

3. Floodlight

Untuk jenis lampu ini biasanya dipasang di bagian eksterior mobil. Lampu memiliki pencahayaan lebih besar dan bisa menghasilkan sinar lampu sorot yang lebih terang. Jenis lampu ini bisa digunakan untuk lampu depan mobil karena memiliki cahaya yang terang.

4. LED Lumiled

Jenis lampu LED mobil Lumiled merupakan salah satu yang terpopuler karena bisa dipakai untuk lampu utama atau headlamp mobil. Lampu ini memiliki daya yang lebih tinggi dan bisa menghasilkan cahaya yang terang.

Dengan menggunakan lampu jenis ini pencahayaan lampu akan lebih terang dan lebih hemat daya. Hampir semua mobil menggunakan model ini yang akan mencukupi kebutuhan pencahayaan di malam hari.

5. LED Dome Light

Jenis lampu ini biasa digunakan untuk kabin mobil yang memiliki cahaya yang cukup terang. Lampu ini bisa menerangi dalam mobil baik digunakan untuk membaca buku atau mencari barang yang jatuh. Dome Light lampu yang digunakan dalam mobil ini akan memberikan penerangan yang cukup di dalam mobil.

6. LED SMD

SMD atau Surface Mount Device merupakan lampu LED yang memiliki ukuran kecil. Bentuknya seperti mur yang memiliki beberapa titik cahaya pada bagiannya.

Jenis lampu ini digunakan sebagai pengganti LED Dome Light karena memiliki cahaya yang lebih terang dan juga teknologi yang lebih unggul. Maka dari itu saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan jenis SMD.

7. LED COB

COB singkatan dari Chip On Board yang merupakan gabungan beberapa chip LED yang dipasang secara bersamaan. Lampu ini bisa digunakan di kabin mobil seperti SMD dan Dome Light.

Fungsi Lampu LED Mobil

Lampu yang banyak digunakan karena memiliki keunggulan dalam hal hemat daya serta cahaya lebih terang memiliki dua fungsi yaitu iluminasi dan indikasi. Fungsi iluminasi memiliki makna menyinari sesuatu atau seperti lampu senter. Seperti halnya Floodlight yang memiliki cahaya terang sebagai headlamp mobil.

Kemudian fungsi yang kedua indikasi yang bermakna menunjukkan sesuatu seperti yang digunakan pada lampu rem dan sein mobil. Jadi kesimpulannya lampu LED berfungsi untuk menerangi sebuah objek dan juga tempat.

*Baca Juga: Apa Fungsi Lampu Sein? Kenapa Lampu Sein Berkedip Cepat

LED juga digunakan sebagai lampu latar TV karena memiliki daya yang rendah. Selain itu penggunaan lampu pada bagian belakang layar juga akan memperjelas kontras TV. LED juga digunakan sebagai backlight smartphone karena memerlukan daya yang kecil.

Kegunaan Lampu LED

Keunggulan utama lampu LED adalah menciptakan cahaya yang terang dan penggunaan daya yang kecil daripada lampu jenis lainnya. Oleh karena itu jenis lampu ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari dunia otomotif untuk pencahayaan mobil dan perangkat elektronik lainnya.

Demikian pembahasan tentang lampu LED mobil dilihat dari jenis, fungsi dan juga kegunaannya. Lampu LED yang memiliki pencahayaan terang akan sangat membantu sistem pencahayaan pada mobil. Sehingga lampu ini digunakan pada setiap bagian yang membutuhkan pencahayaan.

Menggunakan lampu LED pada mobil akan memudahkan Anda dalam berkendara. Namun untuk segi keamanan, perlu juga asuransi kendaraan agar lebih aman saat berkendara, sehingga dapat meminimalisir resiko kecelakaan yang mungkin saja bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kehilangan, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi.