Mana Lebih Baik? Beli Kendaraan di Dealer Mobil atau Perorangan

Mana Lebih Baik? Beli Kendaraan di Dealer Mobil atau Perorangan

Kebutuhan untuk mempunyai mobil semakin meningkat, tentunya produk-produk yang dikeluarkan oleh produsen pun juga semakin meningkatkan fitur terbaiknya. Namun semakin meningkat fitur-fiturnya tentunya akan menaikkan harga jualnya juga.

Bagi Anda yang memang merasa sulit membeli mobil baru, tenang saja masih banyak yang menyediakan mobil second atau mobil bekas yang memang sudah pernah dipakai. Harga mobil bekas ini akan lebih bisa terjangkau daripada harus membeli barunya. Apalagi memang fungsinya sama-sama digunakan sebagai moda transportasi.

Saat ini mobil bekas bisa Anda temukan dengan mudah, Anda bisa mendapatkannya melalui dealer mobil atau Anda mendapatkannya dari perorangan. Oleh karena itu, kami akan membantu memberikan informasi keuntungan dan kekurangan dari kedua tempat tersebut.

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Menghindari Penipuan

Sebelum Anda membeli mobil bekas pasti banyak resiko yang harus ditanggung. Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian dari penipuan maka Anda harus membekali diri dengan tips-tips berikut ini :

1.    Sesuaikan dengan budget keuangan Anda

Sebenarnya untuk membeli mobil bekas, Anda bisa melakukan pembayaran kredit maupun over kredit.

2.    Lakukan survey sebelum deal

Pastikan Anda lakukan survey terlebih dahulu sebelum benar-benar deal dan memberikan uangnya.

3.    Teliti penjual

Pastikan jika penjual memang merupakan tempat amanah untuk membeli mobil tersebut sesuai dengan kondisi mobil.

4.    Cek Interior dan Eksterior mobil

Jangan lupa untuk memastikan interior dan eksteriornya berfungsi dengan baik.

5.    Tanyakan riwayat pemakaian

Riwayat pemakaian penting, sehingga kita tahu bagaimana mobil ini digunakan.

6.    Lakukan test drive

Test drive penting dilakukan agar kita bisa mengetahui apakah mobil terasa enak digunakan atau tidak.

7.    Performa mesin

Coba pilih mobil yang masih mempunyai performa mesin yang masih baik. Jangan sampai Anda membeli mobil bekas, namun banyak komponen yang harus diganti. Hal ini membuat kerugian untuk Anda.

8.    Bawa mekanik yang ahli

Jauh lebih enak jika Anda melakukan survey bersama atau mengajak mekanik. Sebab mereka lebih handal dalam melihat kualitas mesin mobil.

9.    Kelengkapan surat

Kelengkapan surat sangat penting untuk mobil, jangan sampai Anda membeli mobil yang tidak ada surat-surat. Hal ini akan menjadi masalah dalam masalah hukumnya.

10. Asuransi dan service

Tanyakan dengan asuransi dan service dari mobil jika memang masih ada pada mobil tersebut.

*Baca Juga: 5 Hal yang Harus Anda Perhatikan sebelum Membeli Asuransi untuk Mobil Bekas

Beli Mobil ke Perorangan

Membeli mobil bekas secara perorangan memang bisa lebih cepat dalam prosesnya. Bahkan keuntungan lainnya seperti :

  • Bisa langsung menghubungi owner mobil tersebut
  • Bisa dilakukan negosiasi hingga harga cocok dengan Anda
  • Harga lebih murah/terjangkau
  • Kita juga dapat mengetahui histori pemakaian dari mobil tersebut secara jelas. Bukan hanya histori pemakaian saja, namun bisa kita ketahui sparepart apa saja yang sering ganti, kemudian apakah mempunyai tempat langganan untuk bengkelnya dan lain sebagainya.

Namun tetap saja, membeli mobil ke perorangan akan memberikan rasa negatif. Biasanya hal yang kita tidak sangka-sangka dan tak terduga pasti terjadi. Umumnya kerugian yang kita dapatkan adalah mobil sering mogok dan mobil harus ganti spare part yang harganya mungkin sangat mahal.

Tentunya kita sebagai pembeli, mau tidak mau harus melakukan pergantian komponen yang baru secara mandiri. Sebab pemilik sebelumnya sudah tidak berurusan dengan kondisi mobilnya lagi. Sehingga secara tidak sengaja sebenarnya kita mendapat kerugian karena tidak ada gratis service.

Membeli Mobil Langsung ke Dealer

Berbeda dengan membeli mobil bekas langsung datang ke show room atau dealer mobil langsung. Inilah keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu :

  • Mendapatkan service gratis untuk waktu tertentu
  • Terdapat jaminan asuransi
  • Bisa mendapatkan garansi pembelian, meskipun garansi hanya berlaku selama 1 hingga 3 bulan saja. Namun ini memberikan keuntungan bagi konsumen jika dirasa terdapat masalah di mobil tersebut
  • Kualitas mesin terjamin sudah baik
  • Banyak pilihan mobil, sehingga kita bisa memilih sampai menemukan yang pas
  • Bisa dilakukan kredit dalam proses pembayaran. Karena banyak dealer mobil yang sudah bekerja sama dengan pihak leasing atau bank tertentu.
  • Sudah terdapat rujukan terkait

*Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Anda Melakukan Jual Beli Mobil

Hal-hal seperti itu tidak bisa Anda dapatkan jika membeli mobil bekas langsung ke perorangan. Oleh karena itu, seperti yang kita ketahui bersama harga jual yang diberikan memang lebih mahal atau lebih tinggi dari harga jual perorangan. Bahkan sulit untuk melakukan negosiasi.

Bahkan jika Anda memilih untuk membelinya melalui dealer, membutuhkan strategi yang pas dan pasti karena tidak semua dealer memberikan kualitas yang bagus. Sehingga Anda harus benar-benar mendapatkan tempat dealer mobil yang berkualitas dan bukan menipu.

Akan tetapi, setiap mobil sebenarnya sama saja yang penting Anda mempunyai asuransi untuk melindungi kendaraan tersebut. Hal ini penting agar meminimalisir kerusakan yang terjadi pada mobil akibat risiko yang tidak kita ketahui. Asuransi mobil bisa membantu Anda merawat dan memberi perlindungan secara jangka panjang, sehingga akan memberikan ketenangan dan kenyamanan ketika berkendara.

Oleh karena itu, segera beli produk asuransi Garda Oto jika mobil Anda belum dilindungi asuransi. Garda Oto merupakan asuransi yang bisa anda berikan untuk mobil Anda. Terdapat paket pertanggungan yang bisa Anda pilih yaitu Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Anda juga akan mendapatkan pelayanan yang bisa diakses dengan mudah selama 24 jam.