Mau Berkendara Aman Saat Hujan? Perhatikan 3 Hal Ini

By | 2019-02-26T17:29:02+00:00 26 Februari, 2019|Categories: Blog|
Mau Berkendara Aman Saat Hujan? Perhatikan 3 Hal Ini

Mau Berkendara Aman Saat Hujan? Perhatikan 3 Hal Ini

Musim hujan menjadi peringatan untuk para pengendara baik yang menggunakan motor atau mobil untuk lebih berhati-hati dalam berkendara. Berbagai persiapan harus dilakukanmulai dari mempersiapkan jas hujan bagi pengendara motor ataupun memeriksa kondisi rem serta wiper bagi pengemudi mobil.

 

Mengingat di musim hujan ini kondisi jalan menjadi licin dan basah, maka disarankan untuk berkendara dengan hati-hati. Nah, berikut ini 3 hal yang harus diperhatikan saat berkendara di musim hujan demi berkendara dengan aman.

 

  1. Lakukan Pengecekan Terhadap Ban Mobil

Ban menjadi salah satu komponen utama yang bisa membuat kendaraan Anda bergerak. Mengecek kondisi ban sebelum memulai perjalanan adalah hal yang penting. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, pastikan bahwa ban kendaraan memiliki tekanan angin yang cukup dan pastikan bahwa kondisi ban memang masih layak digunakan. Apabila karet ban kendaraan Anda sudah dalam kondisi tipis, sebaiknya segera jadwalkan pergantian ban kendaraan Anda. Alur ban yang masih dalam kondisi baik akan menghindari kendaraan Anda dari resiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (sliping) di saat hujan tiba.

  1. Periksa Lampu Kendaraan

Setelah memastikan ban kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi baik dan layak digunakan, yang berikutnya harus di cek adalah lampu kendaraan. Pastikan lampu depan dan lampu kendaraan Anda dalam kondisi yang baik. Terutama lampu depan atau lampu utama ini menjadi hal yang penting digunakan di saat musim hujan seperti ini.

Derasnya hujan membuat pengendara menjadi sulit melihat kendaraan lain yang melintas. Maka dari itu, dengan adanya lampu utama pengendara lain bisa melihat ada kendaraan lain di sekitarnya. Jangan lupa, cek juga lampu sen yang ada di bagian depan dan belakang untuk memberitahu pengendara lain ketika Anda ingin berbelok.

  1. Jangan Berkendara dengan Tingkat Kecepatan yang Tinggi

Saat musim hujan, biasakan membawa kendaraan dalam kecepatan normal walaupun sedang terburu-buru. Karena pada saat hujan, bukan hanya jalanan yang jadi banyak genangan air, tapi juga jalanan menjadi lebih licin yang dapat menyebabkan pengendara kehilangan kendali.

Apabila Anda tetap membawanya dalam kecepatan tinggi, dikhawatirkan kendaraan Anda akan tergelincir dan hal tersebut membahayakan keselamatan Anda dan orang lain.Jadi, lebih baik berkendara dengan pelan asalkan selamat bukan?

 

Jika khawatir akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan saat berkendara di musim hujan, sebaiknya Anda menggunakan asuransi untuk kendaraan Anda sebagai salah satu tindakan protektif. Garda Oto menawarkan layanan asuransi kendaraan dengan kenikmatan kemudahan klaim, klaim yang cepat, dan berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan.