Mudah! Berikut Cara Cek Penerbangan Delay Atau Tidak Melalui Google

Mengalami delay ketika hendak menggunakan moda transportasi pesawat terbang untuk bepergian, tentu menjadi salah satu pengalaman tidak menyenangkan bagi hampir setiap orang. Sebagai pengguna ponsel pintar, Anda bisa melakukan cara cek penerbangan delay atau tidak dengan mengandalkan aplikasi terbaru Google yang bernama Google Flights.

Mengenal Lebih Dekat Google Flights

Google Flights merupakan aplikasi milik perusahaan raksasa Google yang akan memudahkan para pengguna moda transportasi udara. Google sendiri meluncurkan program ini pada tahun 2011 silam dan menjadi bagian dari Google Travel. Di Indonesia, Google Flights sudah dapat digunakan sejak tahun 2016 lalu untuk berbagai keperluan. Aplikasi ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai layanan pencarian pemesanan penerbangan online, dengan cara memfasilitasi pembelian tiket pesawat Anda melalui pihak ketiga. Pada beberapa hal, fitur fitur dari Google lights tersebut dianggap mampu menyaingi fungsi dari travel agent.

Google Flights Bisa Memprediksi Pesawat Delay

Dengan berbasis AI (Artificial Intelligence) dan memanfaatkan data historis serta algoritma yang ada, cara cek penerbangan delay atau tidak bisa dilakukan melalui Google Flights besutan Google ini. Kecerdasan buatan tersebut mampu menghasilkan waktu penerbangan realistis bagi para penggunanya, bahkan disertai dengan alasan yang pasti mengapa keterlambatan terjadi. Umumnya beberapa alasan yang membuat delay seperti keterlambatan dari penerbangan sebelumnya yang membuat penerbangan Anda ikut terhambat, hingga cuaca buruk. Untuk mengetahui hal ini, Anda hanya perlu membuka aplikasi dan mencari nomor penerbangan. Atau Anda juga bisa menggunakan rute tujuan untuk mengetahui informasi mengenai penundaan penerbangan. Nantinya, informasi delay akan muncul di hasil pencarian anda. Apabila jadwal diprediksi akan tepat waktu sesuai dengan yang disebutkan oleh maskapai di awal, maka interface Google Flights akan menampilkan label yang berwarna hijau. Serta berwarna merah saat delay.

Google sendiri sempat menyebutkan bahwa informasi delay yang mampu ditampilkan oleh program ini bisa tertera pada layanan, meski maskapai yang bersangkutan belum memberi informasi mengenainya. Hal ini tidak aneh, mengingat bahwa sistem yang diterapkan Google adalah dengan membaca histori dan algoritma yang ada sehingga sifatnya adalah prediksi. Kendati demikian, Google meyakini bahwa informasi yang mereka berikan memiliki persentase 80 persen benar. Namun tentu saja Google Flights tidak bisa Anda jadikan satu satunya rujukan, dan memilih untuk datang terlambat karena pemberitahuan delay melalui aplikasi ini padahal pihak maskapai sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus disiapkan sebelum Bepergian ke Luar Negeri

Keunggulan Lain dari Google Flights

Selain dapat digunakan untuk mengecek penerbangan delay atau tidak, Google Flights memiliki beberapa keunggulan lain yang akan memudahkan para pengguna. Google Flights bisa memberitahu ketika adanya kenaikan harga tiket bahkan sampai memberi Anda saran destinasi secara lengkap dengan harga tiketnya. tentu hal ini akan memudahkan anda dalam menyusun rencana perjalanan.

Tidak sampai di situ, layanan ini juga bisa menampilkan harga termurah dengan berdasar tanggal hingga mencari tiket sesuai budget anda. Meski Google Flights memiliki berbagai keunggulan, termasuk memprediksi delay penerbangan dengan cukup akurat. Namun Anda tidak bisa langsung menjadikannya sebagai satu satunya rujukan. Sebaliknya, dengan prediksi dari Google ini Anda dapat bersiap untuk menghadapi delay, misalnya dengan cara membawa buku hingga mengunduh film untuk ditonton selama menunggu. Juga jangan lupa untuk melindungi perjalanan Anda dari risiko kerugian dengan asuransi perjalanan Garda Trip.

Baca Juga: Manfaat Asuransi Perjalanan Internasional yang Perlu Diketahui