Musim Hujan Tiba, Waspadai Water Hammer Pada Kendaraan

//Musim Hujan Tiba, Waspadai Water Hammer Pada Kendaraan
By | 2019-03-28T14:24:07+00:00 Maret 28th, 2019|Blog|0 Comments
Musim Hujan Tiba, Waspadai Water Hammer Pada Kendaraan

Musim Hujan Tiba, Waspadai Water Hammer Pada Kendaraan

Mungkin belum begitu banyak orang yang tahu apa itu water hammer, khususnya mereka yang awam akan dunia otomotif. Water hammer ini terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam ruang pembakaran engine, entah itu pada saat kendaraan melintas genangan air ataupun ketika mencuci mobil dalam kondisi menyala. Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai water hammer, berikut penjelasannya.

Poses Terjadinya Water Hammer

Water Hammer adalah sebuah peristiwa yang terjadi karena terhisapnya air ke dalam engine mobil, yang umumnya terjadi saat mobil menerjang banjir atau saat hujan, yang dimana akan menyebabkan ledakan yang tidak terkendali pada ruang pembakaran sehingga piston akan bergerak dengan liar sampai menyebabkan piston dan silinder engine bengkok, blok engine retak, dan pada akhirnya engine tidak bisa menyala.

 

Setelah Anda tahu proses terjadinya Water Hammer ini, maka Anda juga perlu tahu bagaimana cara mencegahnya, agar dapat menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan yang parah pada kendaraan Anda.

 

  1. Hindari Melewati Jalan yang Ada Genangan Air

Cobalah untuk tidak melewati jalan yang terdapat genangan air yang cukup tinggi, untuk mencegah masuknya air ke dalam engine yang kemudian akan menyebabkan Water Hammer. Jika memang Anda terpaksa melewati jalur yang sedang banjir, maka usahakanlah untuk memilih jalur yang cukup dangkal dan jangan melaju terlalu kencang untuk mencegah masuknya air ke dalam engine.

 

  1. Hindari Air dengan Arus Deras

Setelah hujan yang sangat deras atau turun dalam jangka waktu yang cukup lama, seringkali yang terjadi, apalagi di Ibukota Jakarta, adalah muncul daerah-daerah yang tergenang air yang cukup dalam. Ketika banjir terjadi dan Anda terpaksa harus melewati jalur yang sedang banjir tersebut, usahakan untuk menghindari genangan air yang berarus, yang contohnya disebabkan oleh truk yang melintas di samping mobil Anda, yang dapat menyebabkan air akan mengalir deras dan masuk ke engine mobil Anda.

 

  1. Pertahankan Kecepatan Kendaraan Anda saat Melintasi Jalanan Banjir

Saat Anda terjebak untuk melintasi jalur banjir, cobalah untuk menginjak gas mobil Anda dengan stabil. Cara tersebut dilakukan agar air banjir tidak bisa masuk melalui knalpot kendaraan Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kemungkinan terjadinya Water Hammer pada engine kendaraan Anda.

 

Demi memberikan perlindungan yang maksimal, Anda bisa menggunakan Garda Oto, yang kini dapat dibeli melalui Garda Oto Digital. Garda Oto Digital merupakan salah satu bentuk layanan dari Asuransi Astra untuk pembelian asuransi mobil Garda Oto yang dapat memberikan perlindungan bagi mobil Anda. Selain itu pembelian asuransi Garda Oto juga dapat dilakukan melalui layanan baru kami yaitu GarXia yang bisa anda temukan di dalam Garda Mobile Otocare. GarXia, sebagai layanan berbasis Artificial Intelligence berupa chatbot, akan berperan sebagai virtual assistant dan akan membantu Anda dalam proses pembelian asuransi Garda Oto, sehingga Anda akan #makingampang dalam memperoleh produk asuransi Garda Oto dan merasakan seluruh manfaat dari produk kami tersebut. Kemudian bagi para pengguna Garda oto, bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik, hanya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang akan melayani anda 24 jam.