Ngantuk Menyerang saat Mengemudi, Ini 5 Tips Mengatasinya

Ngantuk Menyerang saat Mengemudi, Ini 5 Tips Mengatasinya

Ketika berkendara jauh, rasa kantuk mungkin akan menghampiri pengemudi tanpa disadari. Terdapat beberapa tanda yang bisa anda rasakan jika mengalami hal tersebut, mulai dari sering menguap, kelopak mata terasa sangat berat, dan sulit berkonsentrasi. Apabila hal tersebut terjadi, anda harus menerapkan 5 cara menghilangkan ngantuk saat berkendara seperti berikut ini.

5 Tips Ampuh Mengatasi Kantuk Ketika Berkendara

  1. Hindari Minum Obat Atau Alkohol Ketika Akan Berkendara

Salah satu aspek yang harus anda perhatikan jika akan berkemudi adalah obat obatan dan alkohol. Pasalnya, kedua hal tersebut akan mempengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan anda saat mengemudi. Selain itu, minum obat atau alkohol ketika hendak mengemudi jelas menimbulkan risiko keselamatan bagi Anda, penumpang, dan pengendara lain di jalan.

Sebaiknya anda menghindari meminum obat obatan yang mempunyai efek samping mengantuk apabila akan berkendara. Tetapi jika mengharuskan mengkonsumsi obat obatan tertentu yang dianjurkan oleh dokter, maka ada baiknya jika tidak mengemudi untuk menghindari adanya bahaya. Jangan paksakan anda untuk mengemudi kendaraan bermotor jika mengkonsumsi obat atau alkohol.

  1. Mengonsumsi Kopi

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara selanjutnya yang dapat anda terapkan adalah dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi cukup berperan melawan kantuk. Apabila anda mulai merasa lelah, maka anda membutuhkan kafein untuk mempertahankan kewaspadaan dan kesadaran.

  1. Menepi dan Beristirahat Sejenak

Jika efek kopi dirasa belum efektif mengusir kantuk, cara terbaik selanjutnya yang dapat anda terapkan yaitu tidur sejenak. Apabila anda megendarai mobil, maka sebaiknya untuk menepi dan mencari rest area. Tidurlah selama kira kira 15 hingga 20 menit untuk tidur sejenak. Hal tersebut penting dilakukan daripada memaksakan diri untuk berkendara dengan risiko yang bahaya.

Bagi pengendara roda dua biasanya akan mengalami gejala kantuk tak tertahan ketika mengendarai di jalanan yang cukup lenggang. Untuk itu, cara menghilangkan ngantuk saat berkendara bisa diatasi dengan menepi dan turun dari kendaraan anda sesaat. Melakukan peregangan otot dan lari kecil selama kurang lebih sepuluh menit ampuh membuat pikiran lebih segar.

  1. Minta Ditemani Saat Mengemudi

Jika anda memiliki tujuan perjalanan yang jauh, kurang istirahat atau bahkan kelelahan, ada baiknya anda tidak mengemudi sendirian. Mintalah ditemani saat mengemudi oleh seseorang seperti keluarga atau teman. Pasalnya, mengobrol dengan orang lain akan mengurangi rasa mengantuk ketika berkendara. Selain itu, anda juga bisa memintanya untuk mengemudi secara bergantian.

  1. Menyediakan Air Mineral

Menyediakan air mineral ketika berkendara tidak hanya akan menghilangkan rasa haus saja. Air mineral juga dapat diaplikasikan untuk mengurangi rasa kantuk dan lelah jika digunakan untuk membasuh muka. Terutama jika anda berada jalan tol, maka tidak usah repot mencari rest area dan hanya melakukan cara menghilangkan ngantuk saat berkendara ampuh tersebut.

Rasa kantuk ketika mengemudi bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Maka dari itu, anda harus melakukan beberapa cara agar bisa menghindarinya. Salah satu yang bisa anda terapkan yaitu dengan menghindari konsumsi minuman beralkohol dan obat obatan. Jika masih saja mengantuk, anda bisa mengonsumsi kafein, air mineral dan beristirahat sejenak bila perlu.

Kejadian tidak menyenangkan di jalan bisa terjadi kapan saja, ini lah alasannya mengapa kita perlu perlindungan diri sebagai jaminan dari risiko kecelakaan. Apalagi bagi yang memiliki mobilitas tinggi, asuransi kecelakaan diri sangat diperlukan. Asuransi kecelakaan diri menjamin risiko dari kecelakaan yang mungkin terjadi kapan saja dan dimana saja. Walaupun Anda sudah sangat berhati-hati dalam bekerja, ada saja berbagai faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan di sekitar Anda.

Lindungi dirimu dengan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Garda Me memberikan perlindungan bagi diri atas kecelakaan diri. Bebas tentukan nilai premi atau limit manfaat sesuai kebutuhan. Dapatkan diskon 10% untuk perlindungan diri dari Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me dengan premi mulai Rp50.000/tahun dan nilai pertanggungan hingga Rp75.000.000.. #PeaceofMind