Pengertian Kecelakaan Kerja

Pengertian Kecelakaan Kerja

Tentunya setiap tujuan orang untuk bekerja adalah untuk bisa mendapatkan keuntungan. Entah itu, mendapatkan upah ataupun pengalaman. Sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada satupun orang yang bekerja untuk mendapatkan kerugian.

Namun sayangnya, kondisi kerja seringkali tidak bisa ditebak apa yang akan terjadi kedepannya. Termasuk kondisi kecelakaan kerja yang meskipun tidak diinginkan tapi risiko tetap mengintai kapan saja dan menimpa siapa saja.

Sayangnya, masih banyak yang belum paham tentang risiko kecelakaan kerja ini. Padahal risiko kecelakaan kerja ini akan membahayakan keselamatan dan juga nyawa Anda. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk memahami secara detail dari kecelakaan kerja ini. Termasuk pengertian kecelakaan kerja seperti berikut ini.

  1. Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Suma’mur

Pengertian kecelakaan kerja yang pertama adalah menurut Suma’mur yang mengatakan bahwa kecelakaan kerja memiliki maknanya sendiri. Makna tersebut adalah bahwa kecelakaan kerja ini adalah situasi kondisi di mana kerugian menimpa pekerja atau manusia. Kerugian ini bisa mengakibatkan pada harta benda yang dimiliki hingga kerugian pada prosesnya ketika peristiwa tersebut terjadi.

  1. Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Gunawan

Beda lagi dengan Gunawan dalam bukunya yang mengungkapkan bahwa kecelakaan kerja adalah kondisi yang tidak direncanakan yang mengganggu proses bekerja. Dalam proses terganggunya ini sendiri bisa mengakibatkan kerugian hingga kerusakan pada benda yang dimiliki oleh tempat kerja. Tidak berhenti sampai disitu saja karena peristiwa ini juga bisa mengakibatkan cedera atau luka pada manusia. Bahkan juga memberikan efek kerusakan pada lingkungan di sekitar tempat kerja.

  1. Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Heinrich

Nyatanya Heinrich pada tahun 1980 juga memiliki pendapatnya sendiri tentang pengertian kecelakaan kerja ini. Menurut Heinrich sendiri, kecelakaan kerja adalah kondisi yang tidak direncanakan dan tidak diduga tapi memberikan efek yang merugikan. Entah itu merugikan objek, merugikan orang, merugikan bahan hingga merugikan lingkungan sekitar.

  1. Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Reese

Pada tahun 2009 yang lalu ternyata Reese pernah mengungkapkan pendapatnya tentang definisi kecelakaan kerja. Definisi yang diungkapkan oleh Reese adalah hasil dari tindakan tidak aman yang sebenarnya bisa dikendalikan oleh manajemen di tempat kerja. Biasanya disebabkan karena kondisi tidak aman atau terjadinya pemicu yang di luar dugaan manajemen.

  1. Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Tjandra

Sedangkan pengertian kecelakaan kerja yang terakhir datang dari sosok Tjandra. Beliau mengatakan bahwa kecelakaan kerja ini kecelakaan yang terjadi ketika proses bekerja sedang berlangsung. Biasanya momen ini terjadi karena tidak direncanakan yang disebabkan karena keteledoran atau kurangnya kewaspadaan di tempat kerja.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang pengertian kecelakaan kerja. Jadi nanti pastinya Anda lebih paham tentang kecelakaan kerja ini dan sebaiknya bisa lebih waspada untuk bisa lebih menghindarinya. Untuk melindungi diri Anda jika terjadi kecelakaan saat sedang bekerja, Anda bisa membeli Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Premi garda Me cukup terjangkau Rp50.000/tahun. Cara memperoleh asuransi ini pun sangat mudah, Anda bisa mendaftarnya melalui gardaoto.com. Dapatkan Diskon 15% dan e-policy terbit 1×24 jam. Jadi tunggu apa lagi, berikan perlindungan diri Anda dari risiko kecelakaan karena kejadian tidak menyenangkan di jalan bisa terjadi kapan saja, ini lah alasannya mengapa kita perlu perlindungan diri sebagai jaminan dari risiko kecelakaan. Demi meringankan beban finansialmu. #PeaceofMind