Cara naik pesawat tidak bisa disamakan dengan cara menaiki angkutan transportasi lainnya. Ada beberapa tahapan yang mesti dilalui agar bisa terbang dengan transportasi udara yang satu ini. Wajar jika bagi pemula, kebingungan kerap melanda ketika mau bepergian dengan pesawat untuk pertama kali.

Jangan biarkan kebingungan mencari cara naik pesawat untuk pertama kali membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Mulailah untuk lebih mempersiapkan cara naik pesawat bagi pemula agar perjalanan tetap mengasyikkan.

Cara naik pesawat sendiri tidak semata-mata memfokuskan pada saat Anda berada di dalam pesawatnya saja. Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu dijalani agar perjalanan dengan kapal terbang terasa tidak membingungkan lagi.

Persiapan Sebelum Naik Pesawat 

Cara naik pesawat yang mesti dipahami sudah dimulai dari waktu Anda merencanakan untuk bepergian ke suatu tempat dengan menggunakan transportasi udara. Setidaknya, ada tiga persiapan yang mesti dibereskan agar proses perjalanan dengan pesawat menjadi lebih nyaman.

  • Membeli Tiket Pesawat

Membeli tiket pesawat secara langsung di bandara sebaiknya menjadi pilihan terakhir jika mau bepergian dengan pesawat karena risiko harga yang melonjak tinggi maupun tidak tersedianya kursi kosong di pesawat. Sebaiknya, belilah tiket pesawat beberapa hari atau jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Pembelian tiket pesawat dapat dilakukan secara online. Sudah banyak agen perjalanan online maupun platform digital yang memudahkan pembelian tiket pesawat hanya lewat ponsel pintar. Jika beli jauh-jauh hari, harga tiket pesawat lebih mungkin untuk lebih murah. Jangan lupa untuk memastikan pembelian bagasi jika diperlukan sampai pembelian asuransi perjalanan agar perjalanan terasa lebih nyaman.

  • Mempersiapkan Dokumen Perjalanan

Ada beberapa dokumen yang mesti dibawa serta ketika hendak naik pesawat. Tiket pesawat yang sudah dibeli menjadi dokumen utama untuk bisa naik pesawat. Selain itu, kartu identitas pun tidak boleh ketinggalan untuk dipersiapkan.

Khusus untuk penerbangan internasional, ada dokumen tambahan yang diperlukan, seperti paspor dan visa. Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan ditagih oleh petugas untuk memastikan Anda sudah memiliki izin guna menyambangi suatu negara lain.

  • Mengemas Bawaan

Bijaklah mengemas bawaan yang mau dibawa bepergian dengan pesawat. Pastikan barang bawaan yang dikemas tidak melebihi volume bagasi yang ditentukan. Rata-rata untuk penerbangan domestik, berat bagas maksimal adalah 20 kilogram. Sementara untuk penerbangan internasional, rata-rata berat bagasi maksimal yang diperbolehkan adalah 30 kilogram.

Jika berat bawaan Anda melebihi ketentuan maksimal bagasi, bersiaplah untuk menyiapkan dana lebih untuk pembayaran bagasi ekstra.

Persiapan saat Kedatangan di Bandara 

Tidak jarang cara naik pesawat pertama kali menjadi super membingungkan ketika hari keberangkatan tiba. Supaya hal tersebut tidak terjadi, beberapa persiapan di bawah ini perlu dilakukan agar perjalanan tidak terasa menyebalkan.

  • Datang Lebih Awal

Sediakan waktu yang lebih untuk menyiapkan berbagai keperluan sebelum naik pesawat di hari keberangkatan. Waktu yang lebih ini akan sangat membantu Anda yang pertama kali naik pesawat guna mengikuti tiap tahapan cara naik pesawat tanpa tergesa-gesa.

Idealnya, datanglah ke bandara 2 jam lebih awal dari waktu keberangkatan. Jika di tiket tertulis waktu keberangkatan pukul 18.00 misalnya, cobalah untuk sudah ada di bandara sejak pukul 16.00 agar proses persiapan berbagai tahapan menjadi lebih matang dan santai.

  • Menemukan Arrival Gate

Bandara memiliki beberapa gerbang yang tidak semuanya ditujukan untuk keberangkatan. Bahkan untuk bandara besar, seperti Bandara Soekarno Hatta- Cengkareng, ada beberapa arrival gate. Jika salah arrival gate, bisa dipastikan Anda tidak bisa melakukan check-in di tempat tersebut.

Daripada membuang waktu karena salah lokasi arrival gate, pastikan terlebih dahulu informasi mengenai arrival gate untuk penerbangan melalui tiket yang sudah dimiliki. Pastikan datang di area terminal yang memang ditujukan untuk keberangkatan pesawat yang sudah dipesan.

  • Segera Lakukan Check-in

Check-in merupakan proses untuk memastikan Anda benar-benar akan menaiki pesawat yang sudah dipesan. Proses ini sebenarnya sudah dapat dilakukan secara online, bahkan sebelum tiba di bandara. Namun, jika membawa bagasi, Anda tetap mesti melakukan check-in offline di bandara.

Lakukan proses check-in segera begitu sampai di bandara. Ketika membawa bagasi, Anda juga harus melakukan proses penimbangan dan pendaftaran barang bagasi saat proses check-in berlangsung. Dari proses inilah, Anda bisa mendapati nomor pintu masuk pesawat sampai nomor kursi pesawat untuk diduduki.

  • Jalani Pemeriksaan Keamanan

Menjalani pemeriksaan keamanan merupakan tata cara naik pesawat yang mesti dilalui tiap orang. Tidak perlu panik ketika petugas keamanan bandara meminta kelengkapan dokumen maupun mengecek barang bawaan karena hal tersebut merupakan prosedur keamanan yang mesti dilalui.

Untuk mempermudah dan mempersingkat proses pemeriksaan keamanan tersebut, siapkan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu, yaitu kartu identitas dan tiket pesawat. Lepaskan dulu pula barang-barang berbahan logam yang dikenakan, seperti ikat pinggang.

Yang harus diperhatikan pula, jangan masukkan barang-barang berbahan logam ataupun barang berbahaya di dalam barang bawaan, seperti gunting atau pisau. Pembawaan benda-benda tersebut akan membuat Anda mengalami proses investigasi yang memakan waktu.

  • Menuju Pintu Keberangkatan

Informasi nomor pintu untuk naik pesawat akan didapati setelah check-in. Nomor pintu untuk naik pesawat juga akan dipampang di monitor bandara. Ikuti informasi tersebut dan bergeraklah menuju pintu keberangkatan pesawat Anda. Salah masuk pintu keberangkatan dapat berisiko Anda salah naik pesawat.

Di tiap bandara pasti sudah ada tanda penunjuk arah di sepanjang jalan guna menuju tiap-tiap pintu keberangkatan. Kalaupun masih bingung, jangan ragu untuk bertanya ke petugas mengenai pintu keberangkatan yang dimaksud.

  • Dengarkan Panggilan Masuk

Anda akan lebih tenang ketika sudah masuk ruang tunggu setelah melewati pintu keberangkatan. Namun, pastikan jangan terlena dan tetap dengarkan tiap panggilan masuk.

Jika sudah ada panggilan untuk masuk pesawat yang sesuai dengan nomor pesawat Anda, segera bergerak menuju pintu ke parkiran pesawat yang dimaksud. Jangan lupa untuk menyiapkan boarding pass yang sudah didapat dari proses sebelumnya agar memudahkan proses masuk ke pesawat.

Persiapan saat Penerbangan  

Sejumlah tata cara naik pesawat ketika sudah ada di kabin sebaiknya tidak disepelekan. Agar tidak bingung dan perjalanan tetap aman dan nyaman, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Menemukan Kursi yang Dipesan

Ketika sudah masuk ke kabin, temukan dahulu kursi yang dapat diduduki. Anda bisa melihat boarding pass yang diperoleh dari proses check-in guna melihat nomor kursi yang dapat diduduki.

Tidak perlu ragu untuk menanyakan soal keberadaan kursi yang sesuai boarding pass Anda kepada awak kabin. Mereka akan dengan senang hari menunjukkan kursi yang dimaksud sehingga proses duduk Anda pun akan lebih cepat.

  • Simpan Barang Bawaan

Anda mungkin membawa tas kecil ataupun barang-barang lain saat naik pesawat. Pastikan menaruh barang bawaan yang berukuran cukup besar di bagasi atas kursi pesawat yang Anda duduki. Ini guna membuat area duduk lebih nyaman dan tidak mengganggu aktivitas penumpang lain.

Menyimpan barang di bagasi atas pesawat mungkin menjadi cara naik pesawat pertama kali yang agak sulit. Untuk ini, mintalah bantuan kepada awak kabin guna membuka dan menutup bagasi atas pesawat.

  • Memahami Penggunaan Akomodasi Pesawat

Saat pertama kali terbang menggunakan pesawat, sangat mungkin Anda ragu menggunakan akomodasi pesawat, seperti layar hiburan ataupun makanan dan minuman. Jangan ragu karena akomodasi tersebut merupakan servis yang bisa diperoleh.

Jika awak kabin memberikan makanan atau minuman, hak Anda untuk mengonsumsinya. Mengenai layar hiburan yang ada di tempat duduk, Anda juga dapat menggunakannya selama perjalanan.

  • Memperhatikan Instruksi Awak Kabin

Biasakan untuk selalu memperhatikan instruksi awak kabin guna kenyamanan perjalanan. Lewat instruksi awak kabin pula, Anda bisa mengetahui cara pemasangan sabuk pengaman ataupun lokasi toilet yang dapat disambangi selama dalam perjalanan.

Jika masih tetap mengalami kesulitan dalam berbagai hal di pesawat, awak kabin juga dapat membantu Anda.

Persiapan Kedatangan di Tujuan 

Bukan hanya tata cara naik pesawat yang perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu dialui pula ketika sudah sampai di tempat tujuan, seperti di bawah ini.

  • Ambil Bagasi

Setelah turun dari pesawat, Anda bisa langsung menuju tempat pengambilan bagasi alias baggage claim. Pastikan semua barang bawaan tersedia dan dalam kondisi aman.

Jika mendapati ada barang yang hilang atau rusak, hubungan bagian Lost and Found. Nantinya, keluhan Anda akan ditanggapi oleh maskapai dan barang bawaan yang dimaksud akan dicari atau diberi kompensasi.

  • Jalani Pemeriksaan

Bukan hanya saat mau masuk bandara, saat keluar dari pesawat di bandara yang dituju, aka ada pemeriksaan ulang. Siapkan dokumen bepergian agar proses pemeriksaan berjalan cepat dan lancar.

Khususnya apabila bandara tujuan berada di luar negeri, pemeriksaan imigrasi mesti dijalani. Karena alasan ini, pastikan paspor, visa, serta kartu identitas selalu berada di tas kecil yang dapat dibawa ke dalam pesawat.

  • Mengetahui Transportasi ke Tujuan Akhir

Jangan sampai kebingungan mengenai transportasi yang mau dipakai untuk ke tujuan akhir begitu keluar dari bandara. Nantinya, akan banyak penawaran transportasi di area bandara yang dapat membuat Anda tambah pusing.

Sebaiknya, pesanlah terlebih dahulu transportasi di tujuan Anda dari jauh-jauh hari. Saat ini sudah banyak platform digital yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Pilihan lainnya, Anda bisa meminta bantuan penjemputan ke kenalan di tempat tujuan.

Tips agar Naik Pesawat Lebih Nyaman 

Selain memahami tata cara naik pesawat, kenyamanan perjalanan ternyata juga didukung oleh kondisi Anda selama perjalanan. Cobalah tips-tips di bawah ini agar kenyamanan optimal bisa dirasakan selama Anda berada di dalam pesawat.

  • Menjaga Kesehatan Selama Penerbangan

Kesehatan adalah kunci utama untuk nyaman di perjalanan. Jagalah kesehatan selama penerbangan dengan memastikan tidak melewatkan waktu makan, tetap terhidrasi, dan menghindari kelelahan yang berlebihan sebelum perjalanan udara.

  • Menghindari Jetlag

Jetlag adalah hal yang sulit dihindari, namun sebenarnya dapat disiasati. Jika bepergian jauh dengan waktu penerbangan yang lama, carilah waktu keberangkatan yang cocok dengan waktu tidur Anda. Jadi saat terbang, tubuh sudah terlebih dahulu mengirim sinyal mengantuk sehingga Anda akan lebih mudah beristirahat dan jetlag bisa diminimalkan.

  • Mengatasi Ketakutan Terbang jika Ada

Ketakutan terbang sangat mungkin dialami bagi seseorang yang baru pertama kali naik pesawat. Atasi ketakutan tersebut dengan mengalihkan konsentrasi Anda di pesawat, seperti dengan membaca buku, menonton, atau mendengarkan musik. Pilihlah pula tempat duduk yang bersebelahan dengan lorong agar tidak perlu menatap ke jendela.

Supaya kenyamanan Anda semakin optimal di perjalanan udara, jangan lupa melengkapi diri dengan asuransi Garda Trip dari Garda Oto. Asuransi Perjalanan ini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan saat travelling dengan perlindungan dari risiko terkait berbagai gangguan perjalanan,  seperti pembatalan dan keterlambatan. Bukan hanya itu, Garda Trip juga dapat menanggung biaya yang muncul akibat penyakit dan cedera saat melakukan perjalanan, kecelakaan diri, sampai jaminan bagasi dan barang pribadi.  Jadi, bepergian pun semakin nyaman, bukan?