Selain Jasmani, Yuk Intip Ciri Ciri Hidup Sehat yang Harus Diketahui

Selain Jasmani, Yuk Intip Ciri Ciri Hidup Sehat yang Harus Diketahui

Gaya hidup sehat merupakan pola hidup yang dalam setiap aspeknya sangat memperhatikan kesehatan. Tujuan untuk menerapkannya tentu saja agar jasmani juga rohani seimbang dan tetap stabil. Bagi anda yang ingin tetap sehat, berikut beberapa ciri ciri hidup sehat yang harus anda ketahui dan bisa diterapkan juga. Simak ulasannya.

1. Memiliki Berat Badan Yang Ideal

Salah satu ciri yang dimiliki orang dengan pola hidup sehat adalah memiliki berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal ini bisa dihitung dengan BMI atau Indeks Massa Tubuh. dimana perbandingan antara berat badan dan  tinggi badan sudah ideal atau normal. Dan apabila berlebih atau kekurangan maka tubuh umumnya akan mengalami masalah metabolisme.

Dan jika anda berencana untuk memulai gaya hidup yang sehat, maka anda bisa memulai dengan memiliki berat badan yang ideal. Anda bisa mulai memperhatikan pola makan anda, dengan tidak banyak mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk tubuh. Selain itu juga mulai menghentikan kebiasaan buruk yang juga berpengaruh pada berat badan ideal.

2. Memiliki Pola Tidur Yang Teratur

Ciri ciri hidup sehat yang selanjutnya adalah memiliki pola istirahat yang cukup. Anda tentunya tidak asing dengan beberapa orang yang mengeluh sering insomnia atau sulit untuk tidur. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan tubuh penderitanya. Untuk itu orang yang memiliki pola hidup sehat pasti akan memiliki pola istirahat teratur.

Indikasi tidur yang cukup dan teratur tidak hanya pada jam tidur saja, tetapi juga kualitasnya. Saat malam hari, idealnya tidur mulai 7 sampai 8 jam. Jika kurang atau berlebih tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan. Tidak hanya kesehatan secara fisik tetapi juga pada energi sehari hari hingga mental akan terpengaruhi.

3. Tidak Mudah Stres

Kesehatan mental juga memiliki peranan yang penting, sehingga tidak bisa diabaikan. Saat tubuh stres maka hormon kortisol meningkat dan akan memicu banyak masalah kesehatan. Untuk itu orang yang memiliki gaya hidup sehat, akan memiliki ciri ciri hidup sehat berupa tidak mudah stres. Dengan begitu mengelola stres menjadi hal yang begitu penting.

4. Rambut dan Kuku Sehat

Barometer selanjutnya yang juga bisa menunjukkan seseorang memiliki pola sehat adalah memiliki rambut dan kuku yang sehat. Rambut yang tipis, kering dan bercabang menjadi tanda ada masalah kurang gizi hingga stres. Sementara pada kuku, akan menyangkut pada masalah kulit atau sistemik. Anda bisa mendeteksi kondisi tubuh anda agar tahu sudah sehatkah pola hidup anda.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan di tengah Pandemic COVID-19

5. Kondisi Jiwa Yang Stabil

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa mental juga harus tetap stabil dan sehat. Orang yang sehat akan menampilkan aura positif, motivasi hidup baik hingga pembawaan diri yang menyenangkan. Tak heran jika nantinya akan memiliki lingkungan yang sehat dan banyak teman.

6. Kulit Yang Segar

Tentunya ada tahu jika kulit juga memberikan indikasi pada kesehatan tubuh. Umumnya mereka yang memiliki hidup sehat akan memiliki ciri ciri hidup sehat satu ini. Kulitnya akan tetap segar dan bahkan bercahaya serta jarang ada masalah kulit. Akibatnya mereka akan terlihat awet muda dan wajahnya menyenangkan.

Itulah beberapa ciri yang bisa anda temukan pada orang dengan hidup yang sehat. Hidup sehat ini memang memperhatikan banyak hal, mulai dari perhatikan pada makanan, olahraga, minum air putih cukup hingga istirahat pas di malam hari. Jika anda sudah memilikinya, pastikan anda untuk tetap menjaga kebiasaan baik yang diterapkan.

Agar pikiran tenang sehingga dapat mempengaruhi kesehatan jasmani, lindungi diri Anda dengan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Pada dasarnya Asuransi Kecelakaan diri memproteksi kamu dari risiko yang diakibatkan kecelakaan, termasuk saat bersepeda. Perlindungan diri dari Garda Me bisa kamu dapatkan, dengan premi mulai 50 ribu/tahunnya. Pastikan Garda Me menjaga aktivitasmu setiap hari, sepanjang tahun. #PeaceofMind