Standardisasi Perjanjian pada Polis Asuransi Mobil

By | 2018-04-17T16:01:00+00:00 Februari 2nd, 2018|Blog|0 Comments

Apakah Anda sedang mencari asuransi yang tepat untuk mobil Anda? Cermat merupakan hal yang harus Anda lakukan saat Anda akan memilih asuransi untuk mobil Anda. Jangan sampai Anda memilih asuransi mobil yang tidak sesuai dengan kebutuhan, sehingga bukannya mengalami keuntungan Anda justru akan mengalami kerugian. Sebel

um Anda memilih asuransi untuk mobil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya hal yang perlu Anda perhatikan dengan cermat adalah mengetahui dan memahami apa itu polis asuransi. Pada

dasarnya, setiap asuransi tentu memiliki berbagai macam polis asuransi dan salah satunya adalah polis asuransi mobil.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa polis asuransi adalah dana yang harus dibayar ke perusahaan asuransi namun anggapan ini tentu tidak benar karena itu merupakan pengertian dari premi asuransi. Polis asuransi mobil merupakan kesepakatan atau perjanjian tertulis yang dibuat antara pihak tertanggung (klien) dan penanggung (perusahaan asuransi) terkait ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan perlindungan dan segala risiko mengenai mobil di waktu yang akan datang. Masalah seperti besaran premi yang harus dibayarkan dalam waktu tertentu juga termasuk dalam polis asuransi mobil. Secara sederhana, polis asuransi ini sering juga disebut sebagai kontrak atau surat perjanjian asuransi.

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan polis asuransi mobil, Anda harus tahu hal-hal apa yang ada dalam isi polis asuransi mobil. Berikut adalah hal-hal mendasar dalam polis asuransi mobil yang wajib Anda ketahui.

  • Data tertanggung / pemilik polis

Bagian ini berisi nomor polis, nama & alamat lengkap tertanggung, periode pertanggungan.

  • Tipe perlindungan asuransi

Anda harus memastikan kembali jenis asuransi yang Anda pilih, apakah Total Loss Only (TLO) atau Komprehensif.

  • Risiko sendiri

Jumlah nominal yang harus dibayar per kejadian saat klaim.

  • Data/identitas mobil

Data/identitas mobil digunakan untuk menentukan besar atau kecilnya harga premi yang bisa ditawarkan oleh perusahaan asuransi & nilai untuk pertanggungan jaminan.

  • Kesepakatan harga premi

Kesepakatan harga premi bertujuan untuk menekankan harga/biaya yang menjadi kewajiban pihak tertanggung asuransi untuk membayar premi asuransi.

  • Pertanggungan atau jaminan

Dalam sebuah asuransi, tidak semua risiko dapat ditanggung penuh oleh perusahaan asuransi. Pertanggungan atau jaminan ini nantinya akan menjelaskan hal apa saja yang bisa diberikan atau di-cover oleh perusahaan asuransi.

  • Batasan dan perluasan

Dalam polis asuransi akan ada batasan yang tidak semuanya bisa di-cover serta ada perluasan bagi pihak tertanggung yang bisa mendapatkan jaminan dasar lebih luas.

Sebagai pihak tertanggung, Anda harus memastikan dan memeriksa segala detail dari produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi. Jangan sungkan untuk menanyakan segala sesuatu ke perusaahan asuransi sebelum terjadi kesepakatan, karena ketika kesepakatan sudah terjalin dari kedua belah pihak terjalin dan polis asuransi diterbitkan, maka secara otomatis sudah ada ketetapan hukum di dalamnya.

Setelah Anda mengetahui hal-hal mendasar yang biasanya tertulis di dalam polis asuransi mobil, Anda nantinya bisa mengetahui sejauh mana tingkat perlindungan yang diberikan dan aspek mana saja yang tidak bisa mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi tersebut. Ketika Anda menyadari betapa pentingnya fungsi polis asuransi mobil, tentunya hal ini tidak bisa Anda sepelekan lagi. Peka terhadap hal-hal yang ada dalam polis asuransi mobil dapat mencegah Anda dari kerugian dalam memilih asuransi yang tepat bagi mobil Anda. Jadi, jika Anda ingin memiliki asuransi mobil Anda di layanan Garda Oto Digital, periksalah setiap poin-poin dalam polis asuransi untuk memastikan segalanya sudah benar dan sesuai. Selamat mencoba!