Tips Berkendara Bersama Si Kecil Yang Wajib Kamu Ketahui

//Tips Berkendara Bersama Si Kecil Yang Wajib Kamu Ketahui
By | 2018-11-28T14:56:01+00:00 November 26th, 2018|Blog|0 Comments
Tips Berkendara Bersama Si Kecil Yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Berkendara Bersama Si Kecil Yang Wajib Kamu Ketahui

Bepergian bersama si kecil dengan mengemudikan kendaraan sudah menjadi aktifitas yang kerap dilakukan banyak orang. Apalagi bila tidak ada orang di rumah yang menjaga si buah hati atau si anak memang tidak mau ditinggalkan. Mau tidak mau, anak pun harus ikut berkendara bersama.

Namun mengajak si kecil sembari mengemudikan kendaraan seperti mobil, membutuhkan perhatian tertentu. Biasanya anak kecil aktif dan senang menyentuh bagian mobil yang ternyata dapat berpotensi membahayakan dirinya.

Sekalipun tampak mudah, berkendara mobil bersama si kecil bisa menjadi tantangan tersendiri untuk kita. Nah agar perjalanan lancar, berikut beberapa tips yang dapat menjadi referensi bagi Anda ketika berkendara dengan sang buah hati. Tips ini bukan hanya bisa anda gunakan saat berlibur, tapi juga saat kamu berkendara sehari–hari.

Gunakan Car Seat

Ternyata sudah menjadi kebiasaan banyak orang memangku anaknya ketika berkendara. Namun hal itu sebenarnya justru lebih berbahaya. Karena saat terjadi kecelakaan atau tabrakan, tubuh si kecil-lah yang akan menjadi “tameng atau pelindung” yang memangkunya. Bahkan yang lebih parah, si kecil bisa terlempar keluar dari kaca depan.

Nah, agar lebih aman, alangkah baiknya untuk meletakkan si kecil pada car seat. Pilihlah kursi yang sesuai dengan usia anak sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan.

Kunci Jendela Mobil

Pastikan Anda mengunci jendela mobil dengan benar. Karena akan sangat berbahaya apabila si kecil bermain dengan jendela, bahkan sampai mengeluarkan tangan dan kepalanya.

Sediakan Makanan, Minuman, dan Hiburan

Agar si kecil tidak cepat bosan selama perjalanan, jangan lupa untuk menyiapkan makanan, minuman, dan mainan untuknya agar ia selalu mempunyai aktifitas di dalam mobil. Bila Anda berkendara pada waktu yang cukup lama, usahakanlah agar tidak berkendara lebih dari 2 jam. Sebaiknya Anda mengambil waktu rehat sejenak. Ajaklah si kecil keluar bermain sebentar sekaligus mengisi energi tubuh Anda sebelum melanjutkan perjalanan.

Tambahkan Pelindung Sinar Matahari

Saat matahari sedang terik, sinarnya dapat langsung memancar menembus kaca film. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan layar pelindung sinar matahari atau tambahkan kaca film yang lebih gelap sehingga wajah dan mata si kecil tetap terlindungi dari sinar matahari selama berkendara.

Tambahkan Penjernih Udara

Sirkulasi udara di dalam mobil juga dapat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Sebelum bepergian, usahakan untuk memeriksa sistem aliran udaranya. Bila dirasakan perlu, tambahkanlah penjernih udara yang tersambung melalui socket lighter di mobil Anda. Bukan hanya menjernihkan udara, alat ini juga mampu membunuh bakteri dan menghilangkan aroma tak sedap.

Sertakan Kendaraan dengan Asuransi

Nah, Anda sebaiknya perlu memahami hal ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan keamanan dalam berkendara adalah dengan mengikuti program asuransi. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri.

Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi referensi Anda ketika berkendara terutama bila bepergian bersama si buah hati. Semoga bermanfaat dan tetap safety riding ya selama perjalanan.